Jakarta, Selular.ID – Media sosial terpopuler baru saja mengumumkan bahwa Facebook Awards 2016 terbuka untuk umum. Ajang penghargaan untuk hasil karya kreatif yang di-share di platform ini telah memasuki tahun kelima. Menurut perusahaan, kini semakin banyak bisnis yang menggunakan jejaring sosial untuk terhubung dengan pelanggan serta menyampaikan cerita mereka dibanding sebelumnya.
Tahun lalu, FB Awards menjadi penghargaan dengan koleksi kreatif terbesar dan insipiratif. Facebook menilai lebih dari 2.700 pendaftar dari 160 negara yang memberikan gambaran tingkat kreativitas dan inovasi yang mereka tampilkan di Facebook, Instagram dan bahkan seluruh industri.
Dengan banyaknya peserta dari negara di luar Amerika Serikat yang mendaftarkan hasil karyanya untuk event tahun lalu, perusahaan merasa harus memastikan penghargaan tahun ini menjadi semakin internasional sehingga semakin banyak karya yang ditampilkan dari berbagai negara.
Selain membuat penghargaan ini semakin internasional, banyak pembaruan yang dilakukan. Apa saja yang baru di 2016?
1. Program Awards Internasional
Kini semua negara akan mendapatkan kesempatan untuk diakui hasil karyanya di tingkat regional, dengan juri yang merupakan ekskutif kreatif lokal dari setiap kawasan pada event Voting Regional. Regional: “Best of APAC”, “Best of EMEA”, “Best of LATAM” dan “Best of NA”
• Pemenang utama dari setiap event Voting Regional akan mengikuti event Penjurian Global
• Tahun ini proses penjurian akan melalui tiga tahapan karena banyaknya jumlah dari pendaftar
1. April: Anggota dari Facebook Creative Shop akan menilai setiap pendaftar dan mengumumkan mereka yang dianggap pantas untuk melaju ke event Voting Regional
2. Mei: Event Voting Regional akan dilaksanakan pada bulan ini dan akan dipilih salah satu dari Best of APAC, LATAM, NA dan EMEA
3. Juni: pemenang utama dari setiap event Voting Regional akan mengikuti acara penjurian Global di New York dimana Global Creative Council akan memilih kampanye terbaik pada setiap kategori
2. Facebook Awards + SMB
Untuk pertama kalinya, FB Awards akan memberi apresiasi untuk pengiklan UKM yang telah menghasilkan hasil efektif dan menakjubkan. Pemenang dari kategori ini akan menerima FB Ad Credits.
3. Pembaruan Kategori
Mengenali lebih banyak aspek yang memengaruhi proses kreatif terbaik dalam pemasaran serta hasil bisnis yang efektif
• Penggunaan brand Facebook terbaik: Penghargaan untuk konsep kampanye Facebook dan Instagram yang paling kreatif, orisinil dan memiliki eksekusi yang baik. Contoh: Lexus 1000 to 1
• Inovasi: Penghargaan untuk kampanye yang tidak hanya kreatif tetapi juga melibatkan pelanggan dengan cara yang belum pernah ditampilkan sebelumnya. Contoh: GT Ride – Viral Gaming for Kia
• UKM: Penghargaan untuk mereka yang telah berhasil mendapat perhatian dari pelanggan lokal dan mendorong hasil akhir dengan cara berpikir kreatif di Facebook dan Instagram
• Social for good: Penghargaan untuk kampanye organisasi non-profit yang secara kreatif berhasil meningkatkan tingkat kesadaran dan mendorong perubahan sosial yang positif dengan menggunakan Facebook atau Instagram. Contoh: ALS Ice Bucket Challenge, Kafa
• Integrated: Penghargaan untuk kampanye yang secara kreatif menggunakan Facebook sebagai bagian dari keseluruhan media yang beragam. Contoh: P&G Always “Like a Girl”
4. Penggunaan Mobile & Proses Penjurian
Untuk pertama kalinya, semua pendaftar dan proses penjurian secara keseluruhan akan dilakukan secara mobile.
Sebagai informasi, jumlah pendaftar Facebook Awards tahun lalu adalah 2.700 pendaftar yang berasal dari 160+ negara dengan 111 kampanye terpilih dan 86 pemenang.