Thursday, December 12, 2019
Home News Rumour Jaringan Li-Fi Akan Geser Wi-Fi Suatu Hari Nanti

Jaringan Li-Fi Akan Geser Wi-Fi Suatu Hari Nanti

-

li-fi

Jakarta, Selular.ID – Ada atau tiadanya kuota data internet di ponsel, saat berada di area jangkauan WiFi, misalnya public area, maka kemungkinan besar kita akan memilih jaringan dengan standar IEEE 802.11x tersebut. Bila selama ini WiFi sudah menyuguhkan akses internet mumpuni bagi netizen, tunggu sampai teknologi Li-Fi hadir ke tengah-tengah kita.

Li-Fi menggunakan cahaya atau lampu LED untuk mengirimkan data. Teknologi ini menggunakan gelombang yang pendek, spektrum radio diatur secara ketat oleh pemerintah, agar para pesaing dari teknologi gelombang pendek ini tidak saling bertubrukan.

Visible Light Communications (VLC) bekerja dengan mengalihkan pergerakan cahaya dengan kecepatan nanodetik (0,000000001 detik), yang terlalu cepat untuk dilihat oleh mata manusia. Sebuah laporan dari ScienceAlert.com menjelaskan bahwa kecepatan potensial dari teknologi ini bisa digunakan untuk men-download hingga 224 Gigabit per detik, kecepatan itu lebih cepat dari layanan teknologi internet nirkabel yang kita gunakan saat ini.

Li-Fi dapat memberikan akses internet 100 kali lebih cepat dibandingkan WiFi tradisional, yang hanya menawarkan kecepatan hingga 1Gbps (gigabit per detik).

Tes dilakukan selama seminggu oleh orang Estonia, perusahaan start-up Velmenni di Tallinn. Deepak Solanki, CEO Velmenni, mengatakan bahwa teknologi Li-Fi akan tersedia untuk konsumen dunia selama tiga sampai empat tahun lagi. Umumnya Li-Fi bekerja bagaikan bentuk canggih dari kode Morse – prosesnya saling bertukar data dalam bentuk cahaya, hidup dan mati, dalam pola tertentu (seperti biner, 0 1, hidup mati), namun dilakukan dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Kedua sistem dapat diterapkan bersama-sama untuk mencapai sistem yang lebih aman dan efektif. Sinyal radio perlu izin dan ada batasannya, dengan demikian teknologi cahaya LED bisa dikembangkan lagi. Li-Fi adalah bagian dari Optical Wireless Communications (OWC) dan bisa digabungkan dengan RF (WiFi atau jaringan selular) ataupun sebagai pengganti dalam konteks penyiaran data.

Meski memiliki kecepatan tinggi, namun Li-Fi masih menyimpan kelemahan utama yakni paparan sinar matahari secara langsung akan mengganggu sinyal Li-Fi, yang berarti tidak dapat digunakan di luar ruangan.

Latest