Indonesia Juarai Overclock Dunia

OverclockJakarta, Selular.ID – Dalam sebuah kejuaraan dunia live overclock Kingston HOT yang diselenggarakan oleh Kingston di Fountain Valley, California, Amerika Serikat, Indonesia yang diwakili oleh Alva Jonathan (nickname: Lucky_n00b) berhasil meraih gelar teratas sebagai juara pertama.

Sebagai informasi, overclock merupakan praktek atau upaya meningkatkan performa komputer dengan menaikkan frekuensinya (contoh: dari 2 GHz ke 2.5 GHz). Namun saat ini praktek overclock lebih mengacu ke upaya meningkatkan performa sebuah sistem agar (jauh) lebih tinggi dibandingkan performa standarnya. Pelaku overclock disebut overclocker.

Alva berhasil mengalahkan 9 peserta final lainnya yang berasal dari Amerika Serikat, Brazil, Argentina, Polandia (juara 2 tahun berturut-turut), Italia, Afrika Selatan, dan juga rekan senegaranya dari Indonesia. Pencapaian prestasi membanggakan ini menjadikan Alva sebagai orang Asia pertama yang berhasil memenangkan kejuaraan dunia overclock bergengsi ini di Amerika Serikat.

“Meraih dua prestasi dunia dalam satu bulan adalah pencapaian yang membanggakan bagi saya pribadi. Lebih membanggakan karena saya membawa nama Indonesia,” ujar Alva Jonathan dengan ekspresi penuh kegembiraan.

Sebelum kejuaraan Kingston H.O.T, Alva juga berhasil menyabet posisi ketiga kejuaraan AOCT di Cina. Dari sisi persiapan, Alva mengaku ini adalah kejuaraan dunia dengan persiapan paling minim yang pernah dijalani. Seharusnya persiapan kejuaraan dunia seperti ini dilakukan selama beberapa minggu. Namun, sejak awal Desember Alva sudah disibukkan dengan penyelenggaraan AOCT di Jabodetabek, demo overclock, dan langsung dilanjutkan dengan kejuaraan dunia di Wuhan, China.

Kejuaraan Dunia Overclocking HyperX OC Takeover (H.O.T.) diselenggarakan oleh produsen memori Kingston. Babak penyisihan untuk kejuaraan dunia ini dilakukan secara online. Dari kejuaraan online ini hanya sedikit overclocker terbaik dari setiap region yaitu Amerika Utara, Amerika Latin, EMEA (Eropa, Timur Tengah, Afrika), dan Asia yang berhak memperoleh undangan ke final kejuaraan dunia ini. Sesi final kejuaraan ini dilakukan di Fountain Valley, California, Amerika Serikat pada tanggal 16 dan 17 Desember 2015 lalu.

Di babak final, Indonesia berhasil mengirimkan 2 wakilnya dengan mengalahkan seluruh peserta lain dari Asia. Mekanisme pertandingan dan penjurian dalam kejuaraan ini diserahkan kepada tim dari HWBOT.org. Situs yang menjadi acuan skor hasil pertandingan serta rekor dunia ini merupakan salah satu pihak yang paling antusias dalam pengembangan overclock di seluruh dunia. Kejuaraan ini pun disiarkan secara live oleh overclocking-tv.com di kanal-kanal online mereka.

Juara pertama lomba ini memperoleh hadiah senilai US$ 7000, juara kedua US$ 5000, dan juara ketiga US$ 3000.

Adapun peserta Final Kingston H.O.T. ini adalah:
•    Amerika Utara: Splave and Fugger
•    Asia: Hazzan and Lucky_n00b
•    EMEA: Rsannino and DrWeez
•    Amerika Latin: Nacho_arroyo and Joe90br
•    Wildcard: Gunslinger