Sabtu, 2 Agustus 2025
Selular.ID -

IdEA Minta Peserta Harbolnas Rilis Nilai Transaksi Selama Penyelenggaraan

BACA JUGA

image

Jakarta, Selular.ID – Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) berharap agar para peserta Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), dapat mengumumkan akumulasi nilai transaksi online yang dibukukannya selama acara tersebut berlangsung.

“Rilis nilai transaksi menjadi penting sebagai bagian dari edukasi dan turut semakin menegaskan posisi industri e-commerce nasional. Kini seluruh dunia melihat Indonesia sebagai negara yang sangat potensial untuk menjadi kekuatan baru e-commerce dunia. Mari kita bersama wujudkan potensi tersebut,” ungkap Daniel Tumiwa, Ketua Umum IdEA,

Rilis data secara reguler tiap tahun dikatakannya juga bermanfaat untuk menunjukkan perkembangan industri dari waktu ke waktu.

Berkaca pada perhelatan serupa di Amerika Serikat yang dikenal sebagai Cyber Monday, setiap tahunnya nilai transaksi mereka bertumbuh di atas 15%, hingga mencapai angka 2 Miliyar Dollar AS pada tahun 2014 lalu. Acara ini pertama kali digelar pada tahun 2005 mengikuti tradisi belanja liburan di sana yang dikenal dengan Black Friday. Di China, tahun ini angka penjualan mencapai rekor senilai 14 Miliyar Dollar AS, meskipun mereka baru memulainya di tahun 2010 lalu. Yang lebih menarik lagi, nilai transaksi yang didominasi oleh raksasa e-commerce – Alibaba dan JD tersebut, dilakukan mayoritas melalui perangkat smartphone.

Dalam gelaran Harbolnas ini  IdEA sebagai asosiasi yang menaungi para pelaku e-commerce tersebut ternyata tidak terlibat. Terkait hal ini Daniel menyampaikan seperti praktik yang dilakukan di banyak negara lain, asosiasi sebagai payung industri memang tidak berpartisipasi aktif menyelenggarakan acara Harbolnas ini.

“Untuk menjaga independensi dan integritasnya, idEA berkomitmen untuk tidak turut campur terhadap ranah komersial dari masing-masing anggotanya,” ungkapnya

Namun demikian, Daniel mengaku idEA tengah berupaya menyusun kode etis yang dapat dipakai sebagai acuan best practices oleh para pelaku usaha e-commerce, termasuk dalam perihal pemberian promosi dan diskon. Dokumen yang rencananya akan diluncurkan pada acara “Indonesia E-Commerce Summit & Expo” di paruh pertama tahun 2016 tersebut, diharap akan bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasaan konsumen dalam berbelanja online.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU