Huawei Bangun Pusat Inovasi Bersama di UI

huawei

Jakarta, Selular.ID – Komitmen Huawei untuk membangun pusat inovasi di Indonesia makin berujung pada realisasi. Huawei hari ini menandatangani nota perjanjian kerjasama dengan PT Telkomsel, Universitas Indonesia, dan Small Cell Alliance Indonesia untuk membangun Pusat Inovasi Bersama (Joint Innovation Center/JIC). Pusat inovasi ini akan berfungsi sebagai tempat penelitian dan pengembangan aplikasi smart university yang berbasis jaringan Mobile Broadband (MBB) di wilayah kampus.

Nota perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh petinggi Huawei, Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, dan eksekutif Telkomsel, pada Selasa (22/12) di Auditorium Fakultas Teknik Elektro Universitas Indonesia.

Pusat Inovasi Bersama merupakan program lanjutan dari Southern Pacific Small Cell Summit yang sebelumnya telah diselenggarakan dengan sukses pada September 2015.

Melalui kerjasama ini, Huawei akan menyediakan peralatan untuk mendukung pelatihan teknologi terbaru dan perkembangan inovasi bisnis yang terdapat di Platform Inovasi Terbuka (Open Innovation Platform). Huawei juga akan memberikan berbagai contoh program inovatif lain yang dapat dijadikan referensi, seperti Rich Communication Service dan Value Growth Service.

Sementara di sisi lain, Telkomsel akan menyediakan jaringan MBB untuk mendukung koneksi yang dibutuhkan di Pusat Inovasi Bersama. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, para peserta dapat melakukan program Inovasi Layanan Digital (Digital Service
Innovation), seperti aplikasi universitas pintar (smart university), pusat perbelanjaan pintar (smart shopping mall), kantor pintar (smart office), bandara pintar (smart airport), dan sebagainya.

Sengaja memilih Universitas Indonesia sebagai labuhan perdana, ini karena 90 persen wilayah kampus telah dilengkapi oleh infrastruktur dan layanan IT.

“Kami berharap Pusat Inovasi Bersama dapat melahirkan generasi muda Indonesia yang lebih berkualitas dan terkoneksi dengan baik,” ujar Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Sheng Kai CEO Huawei Indonesia, memastikan komitmen perusahaan yang dipimpinnya untuk ikut berkontribusi meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. “Kolaborasi Huawei dengan para mitra untuk membangun Pusat Inovasi Bersama merupakan salah satu bentuk keseriusan Huawei dalam mengembangkan
ekosistem digital di Indonesia,” ujar Sheng.

Pada Mei lalu pihak Huawei sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) guna membangun pusat inovasi di Indonesia.