
Untuk dapat meningkatkan layanan komunikasi secara realtime kepada seluruh konsumennya, menggunakan aplikasi video live streaming, semisal Periscope bisa menjadi alternatif pilihan. Seperti Lazada, misalnya, ritel online ini bakal memanfaatkan akun Periscope miliknya untuk dapat berinteraksi secara realtime dengan konsumennya.
“Kami menyadari dalam industri yang bergerak cepat seperti eCommerce ini, kami perlu berkomunikasi dan mendengar masukan secara langsung dari konsumen kami. Seiring pertumbuhan pesat Lazada, kami ingin mendorong konsumen untuk membagi pengalaman serta masukan untuk memperbaiki kualitas layanan kami,” kata Magnus Ekbom, CEO Lazada.
Dengan memiliki akun Periscope, Lazada berharap bisa menjaga hubungan dengan konsumen serta menjalin komunikasi dua arah dengan mereka.
Pasca memiliki akun resmi Periscope dengan nama @LazadaID, secara regular perusahaan ini akan menggelar siaran dengan jadwal sebagai berikut:
- Setiap Senin siang Lazada Indonesia akan berbagi informasi tentang aktivitas yang akan diselenggarakan serta penawaran harian di www.lazada.co.id
- Program ‘We Hear You, Indonesia’akan disiarkan di hari Selasa setiap dua minggu sekali.Tim Lazada Indonesia, termasuk CEO, CMO dan CCO, akan membaca masukan-masukan dari konsumen yang diberikan melalui media sosial serta menindaklanjuti dan memastikan semua masukan didengarkan.
- Konsumen Indonesia juga dapat mengetahui produk-produk unik yang mungkin mereka tidak ketahui tersedia di Lazada, melalui program ‘What to Buy at Lazada’. Pada siaran ini akan ada ulasan produk-produk baru yang tersedia secara eksklusif di Lazada Indonesia, atau produk-produk yang dapat digunakan sehari-hari.
- Banyak konsumen mungkin tidak tahu proses di balik layar dari situs yang mereka akses melalui laptop ataupun telepon genggam. Mereka dapat melihat proses bagaimana barang pesanan mereka diantarkan ke depan pintu rumah mereka atau bagaimana foto diunggah ke lazada.co.id.
- Yang terakhir, ‘Breaking News’ yang akan memberikan update dengan cara melaporkan langsung dari berbagai acara-acara menarik yang diadakan oleh Lazada Indonesia serta rekanannya.
Sekilas mengenai Periscope, ini merupakan aplikasi live broadcast milik Twitter di mana pengguna dapat menyiarkan kejadian yang sedang berlangsung dan berinteraksi dengan para followers akun Periscope mereka. Aplikasi ini tersedia bagi para pengguna smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS, namun bisa juga diakses atau ditonton melalui web.
Seperti dikatakan Sofwan Widiatmoko, Country Marketing Lead, Twitter Indonesia, sebagai aplikasi live broadcast, Periscope memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi langsung yang lebih interaktif dengan pengguna lainnya.
“Aplikasi ini membawa pelayanan konsumen ke tingkatan yang lebih baru dan tentunya bermanfaat bagi kedua belah pihak, brand dan konsumen. Kami berharap akan semakin banyak brand di Indonesia yang memanfaatkan aplikasi ini untuk meningkatkan consumer engagement dengan memberikan pengalaman interaksi yang real-time dan lebih transparan,” tutup Sofwan.