Friday, December 6, 2019
Home Fokus Layanan Pembayaran Digital 'XL Tunai' Diklaim Tumbuh Pesat

Layanan Pembayaran Digital ‘XL Tunai’ Diklaim Tumbuh Pesat

-

Ongki Kurniawan, Direktur/Chief Digital Services XL
Ongki Kurniawan, Direktur/Chief Digital Services XL

Jakarta, Selular.ID – Di tengah kekhawatiran terhadap aturan baru layanan e-money (elektonik money) atau digital payment, pertumbuhan bisnis XL dari layanan ini diklaim berkembang pesat. Adalah XL Tunai yang menjadi produk digital money XL, yang hingga tahun 2015 terus menunjukkan grafik meningkat.

 

XL Tunai diluncurkan XL pada tahun 2012. Saat ini jumlah penggunanya baru mencapai 0,2 juta orang. Dan setelah berjalan selama kurang lebih 4 tahun, jumlah pengguna XL Tunai sudah menyentuh angka 1,7 juta orang. Dengan kata lain dari tahun 2012 hingga tahun 2015, jumlah pengguna XL Tunai mengalami pertumbuhan yang signifikan, 92%. Sedangkan mengenai jumlah transaksi yang menggunakan XL Tunai, di tahun 2015 diklaim ada sekitar 185,5 juta transaksi.

 

Besarnya jumlah transaksi XL Tunai, tidak lepas dari penambahan jumlah merchant yang sudah menyediakan layanan pembayaran digital milik XL ini. Pada awal kemunculan XL Tunai, baru ada sekitar 20 merchant yang bekerjasama dengan XL. Namun hingga tahun 2015 ini, sudah ada 181 merchant yang menyediakan dan menerima layanan XL Tunai. Dengan kata lain mengalami pertumbuhan sebesar 108%. “XL Tunai dan juga beberapa layanan digital lainnya, merupakan aset bagi XL yang jika melihat demand-nya bisa menciptakan potensi value di masa depan” ujar Ongki Kurniawan Direktur/Chief Digital Services XL.

Latest