Foto 4Jakarta, Selular.ID – Setelah mengikuti kegiatan mentoring selama lima hari dengan beberapa mentor profesional, terpilih Paket ID, GoArchipelago dan Rumah Bengkel sebagai peraih predikat pitching terbaik pada Google Launchpad Week yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Asia Tenggara, tepatnya di Jakarta.

Pada hari terakhir workshop, para startup melakukan pitching kepada beberapa juri yang merupakan ahli di bidangnya, yaitu Veronica Utami (Head of Marketing Google Indonesia), Dr. Eunice Sari (UX/UI Expert UXINDO.com), Yansen Kamto (CEO Kibar) dan Sanny Gaddafi (Co-Founder 8villages.com). Kriteria untuk pitching terbaik ditinjau dari validasi konsumen, eksekusi dan desain, dan model bisnis.

Erica Hanson, Developer Relations Program Manager di Google, mengatakan “Kami sangat gembira mengadakan Launchpad Week di Jakarta yang merupakan penyelenggaraan pertama di Asia Tenggara. Bakat-bakat yang kami temui dan potensi pasar untuk developer muda di Indonesia merupakan alasan mengapa Google membuat program spesial untuk membantu perusahaan muda di Indonesia untuk bangun dan “berlari” di industri yang dinamis dan berkembang pesat ini. Kami tidak sabar untuk mendengar ide-ide mereka dan membantu sebisa kami.”

Google Launchpad Week yang bekerja sama dengan Kibar, merupakan program pre-inkubasi yang memfokuskan para startup tahap awal pada strategi produk, UX dan UI, teknologi, pemasaran, pengembangan bisnis dan ketrampilan presentasi. Dalam acara Google Launchpad Week, sebagian besar dari 13 startup yang terpilih berusia dibawah 30 tahun, seluruh startup dibimbing lebih dari 30 mentor.

Startup yang mengikuti program ini yaitu Obralindo, Paket ID, Lunasin, GoArchipelago, Elitics Technologies, LabConX, Qiimee, Veryfund, Rekreasy, Joobelee, GetVet, Rumah Bengkel dan Asuransi 88.

Semua startup tersebut terpilih berdasarkan rekomendasi yang kemudian melalui tahap wawancara dengan Google. Para startup telah mengikuti sesi mentoring yang diberikan oleh para pakar industri baik lokal maupun internasional, yaitu di bidang Strategi Produk, seperti Sanny Gaddafi, Nayoko Wicaksono, Amit Chopra, Daniel Armanto, Andri Yadi, Andhy Koesnandar, dan masih banyak lagi.

Program Launchpad Week ini juga diselenggarakan di kota-kota lain yaitu Tel Aviv, Barcelona, Paris, Berlin, London dan Bengaluru.