Wednesday, July 17, 2019
Home News Akses Cepat 4G Indosat Tersebar Luas di Balikpapan (bagian 2 / tamat)

Akses Cepat 4G Indosat Tersebar Luas di Balikpapan (bagian 2 / tamat)

-

balikpapanmallBalikpapan, Selular.ID – Pengujian kecepatan akses 4G di Balikpapan kembali berlanjut. Ada beberapa titik lokasi lainnya yang kami tuju. Antara lain :

 

Perumahan Bukit Damai Indah
Titik lokasi pengujian berikutnya kami menuju Perumahan Bukit Damai Indah. Ini adalah salah satu area perumahan di Balikpapan dengan area yang cukup luas. Perumahan ini terlihat elit karena diisi oleh bangunan rumah yang cukup besar dan bagus. kami memilih lokasi ini untuk pengujian karena ingin mengetahui seberapa bagus layanan akses internet yang tersedia di kawasan perumahan penduduk yang terbilang ramai.

bdi

Di area perumahan ini sinyal 4G Indosat memancar dengan kuat. Indikator sinyal di smartphone terisi penuh. Dan dari hasil pengukuran, kecepatan akses internet yang tersebar di area ini mencapai 76,13 Mbps (download) dan 27,85 Mbps (upload) via aplikasi Ookla Speedtest. Sedangkan jika emnggunakan aplikasi Sensorly, kecepatan akses internet 4G yang ditangkap mencapai 49,84 Mbps (download) dan 24,07 Mbps (upload). Kali ini kecepatan akses sebesar itu kami manfaatkan untuk mengupload video ke jejaring sosial. Dan itu bisa selesai dilakukan hanya dalam beberapa detik saja.

Masih sama dengan beberapa lokasi sebelumnya, di area ini akses internet dari operator lain juga hanya mentok di 3G/HSPA+. Ketika diukur menggunakan aplikasi Ookla Speedtest, kecepatannya pun kalah jauh dibandingkan 4G Indosat, yaitu rata-rata sekitar 7,63 Mbps (download) dan 1,83 Mbps (upload). Sedangkan jika pakai aplikasi Sensorly, kecepatannya sekitar 5,33 Mbps (download) dan 1 Mbps (upload).
Jalan MT Haryono
Bisa dikatakan ini adalah salah satu area jalan yang menjadi penghubung antara pusat kota Balikpapan dengan area pinggiran kota. Tidak heran jika cukup banyak kendaraan yang lalu-lalang di jalan ini, meski tidak hingga menyebabkan kemacetan. Di sepanjang jalan ini pula terdapat kantor sekaligus Galeri Indosat.

mtharyono

Sekuat apa sinyal akses 4G yang melingkupi area ini ? Dari hasil pengukuran menggunakan aplikasi Ookla Speedtest, kecepatan akses internet yang diperoleh menyentuh angka 67,54 Mbps (download) dan 30,07 Mbps (upload). Sedangkan kecepatan yang dideteksi aplikasi Sensorly, mencapai 62,4 Mbps (download) dan 20,48 Mbps (upload). Kecepatan itu diperoleh dengan kondisi sinyal yang diterima smartphone mencapai fullbar.

Bagaimana dengan akses dari operator lain ? Kekuatan sinyal yang ditangkap sama-sama fullbar, namun kualitasnya baru sebatas 3G/HSPA+. Di mana hasil pengukuran kecepatan rata-rata aksesnya yaitu sebesar 16,68 Mbps (download) dan 0,62 Mbps (upload) via aplikasi Ookla Speedtest. Kami juga coba menggunakan aplikasi Sensorly, hasilnya didapat kecepatan rata-rata 15,07 Mbps (download) dan 0,6 Mbps (upload)

Mall Balikpapan Baru
Menjelang malam, kami tiba di lokasi terakhir pengetesan kecepatan akses 4G di Balikpapan, yaitu di Mall Balikpapan Baru. Ini adalah salah satu, dari dua, pusat perbelanjaan besar yang ada di Balikpapan. Kami ingin mengetahui bagaimana kualitas kecepatan akses internet di area keramaian ini.

mall

Dari indikator yang ada di layar smartphone, terlihat sinyal Indosat terbilang kuat di area ini. Dan soal kecepatan aksesnya, ketika diukur dengan aplikasi Ookla Speedtest, bisa mencapai 78,62 Mbps (download) dan 26,15 Mbps (upload) . Sedangkan Sensorly mendeteksi kecepatan aksesnya sebesar 26,85 Mbps (download) dan 24,53 Mbps (upload).

Sedangkan ketika kami mengukur akses internet dari operator lain, yang terdeteksi masih saja hanya sebatas 3G/HSPA+. Di mana rata-rata kecepatan aksesnya berkisar 10,65 Mbps (download) dan 0,71 Mbps (upload) jika via aplikasi Ookla Speedtest. Dan jika via aplikasi Sensorly, didapat kecepatan 15,35 Mbps (download) dan 1,11 Mbps (upload).

Setelah selesai melakukan pengukuran di berbagai titik lokasi di Balikpapan, bisa disimpulkan layanan akses akses 4G Indosat sudah tersebar luas di sebagian besar wilayah Balikpapan. Bahkan kualitas kecepatan akses 4G-nya sudah mencapai angka yang terbilang tinggi. Ini juga dibuktikan ketika Selular beberapa kali memanfaatkan akses cepat 4G Indosat ini untuk melakukan berbagai aktifitas berinternet. Mulai dari download, upload hingga streaming, semuanya bisa dilakukan dan dirasakan sangat smooth dan tanpa tersendat sama sekali. Dan juga berdasarkan hasil pengujian, hingga saat ini baru Indosat sebagai operator satu-satunya yang sudah menyebar akses layanan 4G-nya di Balikpapan. Apalagi jaringan 4G Indosat di kota ini sudah menggunakan pita frekuensi 1.800 Mhz dengan kapasitas sebesar 15 MHz, sehingga mampu menyaluarkan kecepatan tinggi teknologi 4G LTE. Semua itu menjadikan Indosat sebagai operator telekomunikasi dengan jaringan data terkuat,khususnya 4G, di Balikpapan.

Latest