Fokus

Akses Cepat 4G Indosat Tersebar Luas di Balikpapan (bagian 1)

BalikpapanBalikpapan, Selular.ID – Setelah menjelajahi Bali dan Yogyakarta, tim Selular akhirnya tiba di Balikpapan. Kota yang termasuk dalam provinsi Kalimantan Timur ini, ternyata menyimpan potensi yang besar. Balikpapan bisa dikatakan menjadi pintu gerbang Wilayah Indonesia Timur. Hal ini sesuai dengan kedudukan dan potensinya sebagai kota jasa dan kota transit yang dilengkapi dengan fasilitas jasa dan transportasi. Balikpapan sebagai gerbang wilayah/regional ditandai dengan keberadaan Bandara Internasional atau pelabuhan laut utama serta pelabuhan pengumpan regional yang lengkap dibanding kawasan lain di Kalimantan bahkan Wilayah Indonesia Timur. Di kota Balikpapan terdapat sebuah pelabuhan udara yang bertaraf Internasional bernama Sepinggan.

Selain itu Balikpapan juga diklaim sebagai simpul utama kegiatan di Kalimantan Timur, mengingat kota ini merupakan jalur distribusi antar kabupaten/kota dan provinsi Kalimantan Timur. Balikpapan juga mampu menghasilkan berbagai macam komoditi. Potensi lain yang dimiliki Balikpapan yaitu wilayah pesisir lautnya yang menjadi sumber daya perikanan Dan tentunya yang menjadi andalan dari Balikapapan yaitu potensi hasil tambangnya.

Untuk mendukung fungsi Balikpapan sebagai PKN (Pusat Kegiatan Nasional) maka sangat dibutuhkan keberadaan sarana prasarana pendukung segala aktivitas yang berlangsung di kota itu. Termasuk fasilitas telekomunikasi, yang saat ini sudah bisa terpisahkan dari layanan akses internet berkecepatan tinggi. Untuk itulah, Indosat menjadi operator pertama yang sukses menyediakan akses internet berkecepatan 4G di Balikpapan.

Dan untuk mengetahui seberapa kencang kecepatan akses internet di Balikpapan, tim Selular pun menyusuri beberapa titik area. Dan berikut ini hasil pengukuran yang dilakukan oleh Selular :
Karangrejo
Titik lokasi pertama yang dituju Selular untuk melakukan pengujian akses 4G LTE di Balikpapan yaitu di daerah Karangrejo. Terdengar seperti nama daerah di Jawa, namun memang begitulah nama lokasi ini. Kami melakukan pengujian di pinggir jalan yang menjadi salah satu akses penting di Balikpapan. Di mana setiap harinya ramai dilalui kendaraan bermotor. Di sebelah kanan dan kiri sepanjang jalan ini komplek ruko yang menjadi salah satu pusat aktifitas warga.

karangrejo

Ketika kami melihat indikator sinyal yang ada di layar smartphone, akses 4G Indosat bisa ditangkap, meski kekuatan sinyalnya tidak full. Kami pun melakukan pengukuran kecepatan akses internet 4G tersebut. Dengan kondisi sinyal yang tertangkap hanya tiga bar, kecepatan yang didapat sebesar 79,52 Mbps (download) dan 13,86 Mbps (upload) dengan menggunakan aplikasi Ookla Speedtest untuk pengukuran. Sedangkan ketika menggunakan aplikasi Sensorly, kecepatan yang tertangkap yaitu 87,8 Mbps (download) dan 21,1 Mbps (upload).

Mumpung kecepatan internet yang diterima terbilang tinggi, kami pun memafaatkan untuk mengakses video berkualitas HD (high definition) di YouTube. Dan benar saja, tampilan video terlihat halus tanpa nge-lag sedikitpun.

Sebagai perbandingan, kami juga mengukur kecepatan akses internet dari operator lain. Ternyata akses yang tersedia masih sebatas 3G/HSPA+. Dengan kecepatan rata-rata yang diperoleh sebesar 30,98 Mbps (download) dan 1,85 Mbps (upload), menggunakan aplikasi Ookla Speedtest. Dan ketika diukur menggunakan aplikasi Sensorly ditangkap kecepatan sebesar 21,79 Mbps (download) dan 2,43 Mbps (upload)
Bukit Sion
Balikpapan dikenal sebagai kota dengan kontur daerah perbukitan. Menelusuri kota ini, kita akan melewati jalanan yang tidak datar, namun menanjak dan menurun. Dan untuk lokasi pengujian akses 4G LTE selanjutnya, kami menunju ke daerah yang lebih tinggi, tepatnya di daerah Bukit Sion. Kami berhenti di salah satu area bukit yang terdapat beberapa rumah tinggal penduduk. Kami mencoba mencari tahu bagaimana kecepatan akses di derah yang bisa dikatakan tidak terlalu padat.

bukit sion

Di area ini kekuatan sinyal 4G Indosat bisa ditangkap dengan baik. Terbukti dengan tampilan indicator sinyal di smartphone menunjukkan fullbar. Lalu bagaimana dengan kecepatan akses internetnya ? Dari hasil pengukuran menggunakan aplikasi Ookla Speedtest, kecepatan 4G Indosat di area ini mencapai 85,5 Mbps (download) dan 31,34 Mbps (upload). Sedangkan ketika menggunakan aplikasi Sensorly, tercatat kecepatannya mencapai 74,21 Mbps (download) dan 19,08 Mbps (upload). Dengan akses internet secepat itu, ketika dicoba mendownload lagu MP3, bisa selesai hanya dalam hitungan beberapa detik saja.

Untuk akses internet operator lainnya, ternyata masih sebatas 3G/HSPA+. Dengan kecepatan yang tentunya juga tidak setinggi 4G. Ketika diukur menggunakan aplikasi Ookla Speedtest, didapat kecepatan rata-rata 6,89 Mbps (download) dan 0,91 Mbps (upload). Sedangkan ketika diukur menggunakan aplikasi Sensorly, diperoleh kecepatan 7,74 Mbps (download).

Masih ada beberapa lokasi lainnya di Balikpapan yang kami akan uji kecepatan akses 4G-nya. Bersambung

About the author

selular

1 Comment

Leave a Comment