Tren Coding, Indosat Tantang Anak-anak Bikin Aplikasi

indosat iwic

Jakarta, Selular.ID – Dalam rangka membangun ekosistem bisnis digital, Indosat kembali melanjutkan rangkaian kompetisi pembuatan aplikasi Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) ke-9, namun kali ini untuk segmen anak-anak. Sebanyak 100 peserta dari umur 7-15 tahun di Jabodetabek mengikuti Kids & Teens Hackathon tahun ini.

“Teknologi kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari anak-anak dan remaja, oleh karena itu Indosat mengajak mereka untuk tidak sekedar menjadi pengguna tapi juga content creator. Ini bagian dari digital nation,” kata Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat, hari ini di Pinisi Edutainment Park, Jakarta (24/10/2015).

Di Kids & Teens Hackathon, Indosat bekerja sama dengan Clevio Coder Camp, yang mana merupakan tempat belajar pemrograman komputer bagi anak-anak yang menggunakan metode belajar SOLE (Self-Organizing Learning Environment), games, dan team work.

Peserta dapat memilih kategori pembuatan proposal ide dan pembuatan aplikasi lewat coding competition. “Bukan hanya ada ide, tapi juga penyelesaian,” kata Deva.

IWIC ke-9 sendiri menghadirkan beberapa kategori untuk diikuti yaitu kategori Kids (SD), Teens (SMP dan SMA), Mahasiswa dan Umum, Developer, serta kategori spesial untuk perempuan dan inbound tourism untuk pembuatan ide dan aplikasi dalam bidang (1) kategori communications, lifestyle, education; (2) kategori multimedia dan games; (3) kategori utilities (tools, security, aplikasi untuk disable).

Peserta yang membuat karya terbaik dalam ajang Hackathon ini membawa pulang total hadiah puluhan juta rupiah, saldo Dompetku dan piagam penghargaan. Selain hadiah bentuk materi, pihak Indosat juga bakal meng-inkubasi hasil final aplikasi yang telah dibuat oleh para pemenang.

“Kami akan terus monitoring, bukan hanya di level lokal saja tapi mudah-mudahan sampai ke internasional,” harapnya.