Di penghujung bulan September 2015, pasar Indonesia “kebanjiran” ponsel baru, mulai dari Samsung, Sony, Huawei, Xiaomi, Meizu, Coolpad, sampai Infinix. Seperti biasa, memulai kaleidoskop, kita awali dari geliat industri telekomunikasi Indonesia yang kali ini menitik beratkan pada penetrasi 4G.
Pemerintah “Melunak”, Penuhi TKDN Vendor Tidak Perlu Bangun Pabrik
Dari sisi pemerintah, disahkannya aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 30%, untuk smartphone berteknologi 4G, membuat vendor harus membangun pabrik di dalam negeri. Tapi ternyata Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika tidak lagi terfokus soal pabrik. Kini pemerintah akan lebih menitikberatkan pada segi non hardware. “Pabriknya di luar pun tidak masalah, tapi kalau desain house harus di sini. Vendor akan membayar royalti ke Indonesia. Ini akan menjadi value untuk kita,” ujarnya. Dari pernyataan tersebut, nampaknya pemerintah tidak lagi memaksa vendor membuat pabrik di Indonesia. Saat ditanya alasan lebih terfokus pada non hardware, Chief RA mengatakan pihaknya harus realistis terhadap model global supply chain sekarang ini.
Operator
TELKOMSEL
Telkomsel Menghadirkan LangitMusikVersi Baru
Guna memenuhi kebutuhan para pelanggan yang juga pecinta musik, Telkomsel kembali menghadirkan layanan musik digital LangitMusik versi baru. Kalau dulu tidak bisa di-share di sosial media dan tidak tematik, sekarang bisa membuat playlist sendiri serta membagikan ke sosial media. Tampilan dan nuansa tersebut dikembangkan berdasarkan masukan pengguna. Dalam versi terbaru, Langitmusik tersedia berbagai fitur tambahan baru yakni pengguna dapat menikmati musik dengan cara mengunduh dan streaming melalui smartphone dan desktop. Aplikasinya sudah tersedia di Google Play, Apple Store dan Windows Phone Store. Pengguna juga bisa mengaksesnya melalui website Langitmusik. Biayanya sebesar Rp11.000 per bulan.
Ajak Anak Muda Jayapura Jadi Kreator Digital
Telkomsel mengajak lebih banyak lagi anak muda Indonesia untuk terlibat menjadi kreator digital melalui program LOOP KePo yang pertama kali dicanangkan tahun lalu, dan menghadirkan berbagai keseruan dan mengulas habis berbagai hal menarik seputar mobile video, digital music, dan digital writing sebagai ajang mengembangkan kreativitas dan inovasi anak muda khususnya di kota Jayapura dalam menciptakan konten kreatif dan positif melalui kanal digital. Tahun ini roadshow LOOP KePo diadakan di 20 kota, yakni Bogor, Palembang, Palu, Lampung, Cirebon, Tangerang, Pekanbaru, Jayapura, Banjarmasin, Padang, Jakarta dan Samarinda, Jogjakarta, Malang, Semarang, Solo, Medan, Bandung, Surabaya dan Makassar.
Telkomsel Operasikan 12 BTS Baru untuk Penyelenggaraan Sail Tomini 2015
Untuk melayani pelanggan dan memberikan kenyamanan komunikasi kepada lebih dari 13.000 tamu undangan saat penyelenggaraan Sail Tomini 2015, Telkomsel menambahkan sedikitnya 12 BTS (Base Transceiver Station) di lokasi acara puncak yang digelar di Pantai Kayubura, Kota Palu. Di lokasi puncak acara, Telkomsel menambahkan tiga unit Mobile COMBAT 3G yang mampu melayani 8.000 percakapan, pesan singkat dan data dalam waktu bersamaan. Telkomsel juga menambah jaringan di sepanjang jalan kota Palu menuju Parigi yang didukung oleh Telkom Indonesia dengan pemasangan serat optik sepanjang 13 kilometer dari Parigi ke Pantai Kayubura serta 40 kilometer lainnya di sepanjang jalur Kebun Kopi.
20 Finalis Telkomsel The NextDev Digodok Di Bootcamp
Kompetisi menciptakan mobile apps untuk pengembangan Smart City (Kota Pintar), kini memasuki fase ‘Boot Camp’ yang diikuti oleh 20 besar finalis selama tiga hari di Jakarta. Pada fase ini para peserta mengikuti serangkaian kegiatan yang akan memperkaya mereka sebagai startups/developer, diantaranya berupa Workshop, One on One Mentoring and Coaching, Training mengenaiPresentation Skill, serta finalisasi UI/UX (User Interface/User Experience). Ke-20 finalis ditantang untuk menuangkan kreativitasnya pada enam sub tema yang telah ditetapkan yaitu e-Education, e-Government, e-Transportation, e-Tourism, e-Health dan e-UKM.
Developer Lokal Goers dan Modegi Jawara Indonesia Next Apps 2.0 Telkomsel
Sebagai penyedia layanan komunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel memberikan kesempatan dan peluang bagi pengembang lokal untuk terus berinovasi dan berkarya di pasar yang lebih luas, yakni dengan program Indonesia Next Apps 2.0. Indonesia Next Apps merupakan kompetisi yang bertujuan untuk mengidentifikasi para developer lokal dan mempercepat pengembangan developer dalam mendapatkan akses hingga tingkat regional. Tahun ini, pemenang pertama adalah Goers, aplikasi mobile dengan tema lifestyle yang memberikan informasi acara-acara yang dilengkapi dengan pemesanan tiket online. Sementara pemenang kedua, Modegi merupakan produk smart home, yang dapat dikontrol melalui Web App ataupun Android App, dengan mengusung tema smart living, produk Modegi dapat berinteraksi dengan peralatan elektronik.
XL Axiata
Paket HotRod Video Untuk yang Doyan Nonton Streaming
Data XL menunjukkan saat ini masyarakat lebih menyukai mengakses layanan video streaming menggunakan perangkat mobile seperti tablet dan smartphone daripada menggunakan komputer desktop. Karena alasan itulah, XL menghadirkan Paket HotRod Video dengan tarif yang menarik, yang didukung dengan jaringan internet cepatnya. Pelanggan akan mendapatkan manfaat kuota spesial, berupa kuota yang lebih banyak dan khusus untuk akses ke saluran penyedia video streaming seperti YouTube, VIKI, dan Dailymotion. Pelanggan XL sudah mulai bisa menikmati paket ini per 6 Agustus 2015.
Layanan Internet of Things “YuBox”
XL mengenalkan layanan bernama “YuBox”, solusi terintegrasi berupa layanan akses data yang bisa menjadi media yang menarik untuk menyebarkan berbagai informasi dinamis berupa advertising, konten aplikasi maupun media video atau musik. Layanan YuBox dioperasikan dengan memanfaatkan jaringan data XL dan platform aplikasi yang terhubung dengan perangkat WiFi Router. Saat pelanggan korporat mengaktifkan layanan YuBox di lokasi yang ditunjuk, pengguna ponsel dapat membuka halaman browseratau internet secara otomatis tanpa harus melakukan proses login. Tampilan halaman pemberitahuan (landing page), dan konten berita, promo dan hiburan lainnya dapat diakses secara online maupun offline (saat tidak terhubung ke layanan data).
Pelanggan XL Kini Bisa Nabung Kuota 4G
Guna mempermudah pelanggan untuk migrasi ke layanan 4G, operator menghadirkan program “Paket Tabungan Kuota 4G” atau yang disingkat Tank. Dengan Tank, XL ingin pengguna yang belum memiliki device atau kartu SIM 4G bisa menikmati layanan cepat LTE. ‘Tank’ melekat saat pengguna XL berlangganan paket Hotrod 24 jam. Tank tersedia dalam tiga paket bulanan, yakni paket Hotrod 2GB, 6GB, dan 15GB. Harga paket bulanan yang paling murah Rp25 ribu pun juga bakal memiliki Tabungan Kuota 4G. Namun, hanya pelanggan XL prabayar yang bisa akumulasi kuota tersebut. Tabungan kuota XL berlangsung sampai akhir tahun 2015.
Beli Pulsa XL di Indomaret Sekarang Bayar dengan Harga Pas
Selain menjadikan Indomaret sebagai modern channel dalam pendistribusian pulsa isi ulang, XL Axiata juga memberikan nilai lebih bagi pelanggan yang melakukan pembelian pulsa isi ulang di gerai Indomaret. Pelanggan XL yang melakukan pembelian pulsa di Indomaret kini diuntungkan hanya membayar dengan harga pas. “Kalau pelanggan beli pulsa isi ulang 15rb bayarnya cukup Rp15ribu saja,” jelas Danny chew Kar Wei, Chief Commercial Officer XL Axiata. Layanan penjualan pulsa ini berlaku di semua toko Indomaret di seluruh Indonesia sejak tanggal 1 September 2015.
Layanan Komersial XL 4G Tiba di Dua Kota Lagi
Setelah pada bulan Juli 2015 lalu hadir di Lombok, XL secara resmi mengkomersialkan layanan 4G LTE di Surabaya dan Denpasar. XL mengklaim 60% area Surabaya dan Denpasar sudah tercover XL 4G. Untuk di Surabaya antara lain di area Gubeng, Manyar, Pakuwon, Margorejo, Tambaksari, Wiyung, Kenjeran, Manukan Kulon, Sidoarjo dan Rungkut, dengan ditopang 200 BTS 4G. Sementara itu untuk di Denpasar, pelanggan XL bisa menikmati layanan 4G LTE di area Kuta, Denpasar, Seminyak, Ubud, verifikasi, sanur hingga Nusa Dua. Di Area ini XL sudah membangun 250 BTS 4G.
Indosat
Beli Paket Indosat Sekarang Bisa Lewat Twitter
Pembelian paket Internet, paket Telepon dan paket SMS Indosat sekarang tidak hanya melalui USSD, SMS, dan Aplikasi INSTANT tetapi juga bisa melalui Twitter. Fasilitas ini menyusul telah dilakukannya kerjasama antara Indosat dan Twitter yang menghadirkan Indosat #TwitBuy, sebuah layanan pembelian paket-paket Indosat melalui Twitter. Caranya, ikuti akun Twitter resmi Indosat yaitu @indosatmania dan mengirimkan DM #twitbuy ke @indosatmania. Selanjutnya, pelanggan dapat mengikuti instruksi autentikasi yang dikirimkan oleh @indosatmania melalui DM.
Peduli Kanker, Indosat Rilis Kartu Khusus “Breast Cancer Awareness”
Indosat selama ini menjadi operator telekomunikasi di Indonesia yang indentik dengan warna kuning, namun warna kebesaran anggota group Ooredoo tersebut berubah menjadi merah muda atau pink. Yup, sebagai bentuk kepedulian kepada penderita kanker payudara, Indosat meluncurkan sebuah kartu perdana khusus. Kartu perdana khusus “Breast Cancer Awareness” tersebut resmi diperkenalkan Indosat di kantor pusatnya, hasil kerjasama dengan Yayasan Kanker payudara Indonesia (YKPI).
“Pita Pink”, Aplikasi Deteksi Kanker Payudara Ala Indosat
Kanker payudara selama ini menjadi salah satu penyakit mematikan yang jumlah penderitanya semakin banyak di dunia. Indosat mengajak masyarakat agar mau mendeteksi bahaya kanker payudara dengan merilis aplikasi “Pita Pink”. Aplikasi ini tersedia di kartu perdana Indosat Breast Cancer Awareness. Dalam aplikasi tersebut nantinya, akan berisi berbagai info untuk mengetahui semua tentang kanker payudara, mulai dari pencegahan, pengobatan, cara deteksi sejak dini, info rumah sakit spesialis, klinik, hingga tips menjaga kesehatan agar terhindar dari serangan kanker payudara. Berjalan untuk platform Android, aplikasi baru bisa digunakan pada tanggal 1 November 2015, bertepatan dengan puncak acara memperingati Gerakan Kesadaran Peduli Kanker Payudara Indonesia.
Gali Segudang Informasi Tentang Bisnis Digital di Indosat IDbyte 2015
Ajang digital dua tahunan di Indonesia, Indosat IDbyte 2015, resmi diselenggarakan mulai 30 September 2015 sampai dua hari ke depan, bertempat di Pacific Place, Jakarta. IDByte merupakan ajang penyaluran informasi dan pengetahuan tentang bisnis digital untuk industri telekomunikasi dan startup berbasis teknologi di Indonesia agar ikut ambil bagian dan menjadi pemain penting, tidak hanya sebagai marketplace namun juga dapat berkembang menjadi global platform di dunia digital. Adapun pembicara-pembicara yang akan hadir dalam rangkaian acara seminar dan konferensi IDByte 2015 adalah pimpinan industri teknologi lokal maupun mancanegara. Antara lain Indosat, Disney Maker Studios, Intel, Google, Facebook dan Bukalapak.
Ini Dia Kampium Indosat Stock Trading Contest (ISTC) 2015
Setelah melakukan proses seleksi selama kurang lebih 6 bulan di 16 universitas ternama Tanah Air, akhirnya ajang Indosat Stock Trading Contest (ISTC), sampai juga ke tahap final. ISTC sendiri adalah program kompetisi yang dilakukan Indosat, untuk mengajak generasi muda Indonesia agar mau mengenal lebih dekat dunia pasar modal. Setelah melalui tahap penilaian yang ketat, olah dewan juri dari Indosat, Bursa Efek Indonesia dan Wingamers, terpilih 3 pemenang utama. Juara 1 diraih Dimas Raka Prayudha, Mahasiswa Universitas Gunadharma. Runner up direbut l I Putu Astawa, Mahasiswa Universitas Udayana, Bali. Sedangkan juara 3 menjadi milik Joshua Jeremy Ticoalu Longdong, Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi, Manado.
Smartphone
Pureshot, Smartphone Perdana Hisense Bercitarasa Lokal
Hisense akhirnya secara resmi masuk ke pasar terbuka smartphone tanah air dengan menghadirkan Pureshot dan Pureshot+ sebagai debut perdananya. Smartphone premium ini pun dinilai penuh dengan unsur lokal. Sudah diproduksi oleh pabrikan lokal yang berada di Batam. Satnusa Persada digandeng Hisense untuk memproduksi semua perangkat yang akan diedarkan di Indonesia. Kandungan lokal untuk perangkat terbaru Hisense ini sendiri oleh lembaga sertifikasi resmi dinyatakan sudah mencapai 24 persen.
Intel Sematkan Chipset SoFia di Smartphone Axioo Picophone i1
Produsen prosesor Intel bekerjasama dengan salah satu vendor ponsel nasional, Axioo, dalam mengumumkan Axioo Picophone i1, smartphone yang diklaim menggunakan “the real” prosesor Intel mobile solution pertama di Indonesia. Kemitraan ini merupakan upaya kedua perusahaan teknologi tersebut guna mendongkrak kemampuan produk smartphone terbaru di kuartal 3 tahun 2015. Axioo mengawinkan Picophone i1 dengan intel atom X3 atau yang dikenal dengan nama SoFIA, yang mampu mengkombinasikan Intel Atom multi-core 64-bit yang 2 kali lebih cepat dibanding kebanyakan prosesor dengan komputasi 32bit dalam menjalankan aplikasi.
Lenovo A7000 Special Edition Dibanderol Rp2 Juta
Lenovo resmi menghadirkan A7000 SE pada gelaran flash sale di situs online Lazada, pertengahan September. Perdana, vendor memberi potongan harga senilai Rp400.000, menjadi hanya Rp2 juta saja. Perusahaan meningkatkan beberapa hardware dari versi original, perangkat masih mengusung layar dengan bentang 5,5 inci, namun kali ini dengan resolusi yang lebih tajam 1920 x 1080 piksel. Kemudian senjata kamera di-upgrade menjadi 13MP (dulu 8MP) dan sudah dibekali Dual LED flash, serta kamera selfie 5MP. Terakhir, prosesor yang bekerja di balik body A7000 SE ditopang MediaTek 4G LTE 64 bit Octa-Core CPU dengan kecepatan 1.7 GHz, 16core ARM MALI-T760 GPU dan RAM DDR3 2GB, sedikit lebih tinggi dari versi sebelumnya.
Merayakan ulang tahun pertamanya di Indonesia, Xiaomi menghadirkan smartphone Redmi 2 Prime. Penjualan dilakukan mulai 28 September, seharga Rp1.799.000. Redmi 2 Prime sendiri merupakan versi Redmi 2 yang disempurnakan dengan RAM 2 GB dan memori internal 16GB. Dilengkapi dengan prosesor Qualcom Snapdragon 410 64-bit, mendukung 4G Dual SIM, dan layar HD berukuran 4.7′ inci.
Melenggang, Samsung Galaxy A8 Dibanderol Rp6,5 Juta
Samsung kembali menjajal peruntungan lewat handset seri A terbaru, yakni Galaxy A8. Membawa fitur kamera dengan smart selfie function dan resolusi kamera 16MP, f1.9. Perangkat mengusung layar Super AMOLED berukuran 5.7 inci (1080 x 1920 pixels). Untuk daya gedor, smartphone ini didukung chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 (Quad-core 1.8 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.3 GHz Cortex-A53) ditandem memori RAM 2 GB. Sementara untuk penyimpanan data, smartphone ini dibekali memori internal 32GB yang masih bisa diperluas via kartu microSD hingga 128GB. Datang dengan spesifikasi kelas menengah, smartphone yang diklaim memiliki desain stylish ini dibanderol hingga Rp6,5 juta.
Zenfone 2 Laser, Smartphone Baru Asus Berprosesor Qualcomm
Asus kembali meluncurkan smartphone Android terbarunya ke pasaran Indonesia, Zenfone 2 Laser. Berbeda dengan smartphone Asus terdahulu yang berbasis teknologi Intel, Zenfone 2 Laser merupakan lini produk smartphone Android yang diperkuat oleh prosesor Qualcomm Snapdragon series. Di Indonesia, saat ini Zenfone 2 Laser ZE500KG tersedia di harga Rp2 juta versi 8GB dan Rp2,2 juta versi 16GB.
Coolpad Shine Hadir dengan Teknologi Fingerprint
Setelah menghadirkan rangkaian smartphone terbarunya beberapa waktu lalu, Coolpad produsen ponsel asal Tiongkok kembali menghadirkan seri terbarunya yakni, Coolpad Shine. Dengan harga yang ditawarkan yakni Rp2,9 jutaan, Coolpad Shine menghadirkan 360 fingerprint sensor 5 sidik jari yang berbeda untuk fitur-fitur seperti membuka kunci layar, membuka aplikasi dan memotret. Ponsel ini didukung dengan berprosesor Qualcomm Snapdragon 1.5 GHz octa-core dan di lengkapi dengan Ram 2GB.
Rilis Hot 2 X510, Infinix “Pede” Bersaing Lawan Xiaomi
Setelah merilis seri Hot Note dan Zero 2 di Tanah Air, Infinix yang merupakan salah satu vendor pendatang baru di Indonesia, kembali merilis 1 jagoan baru, Infinix Hot 2 X510. Dari segi teknologi, Hot 2 X510 merupakan produk pertama Infinix yang menggunakan platform Android One. Untuk spesifikasi umumnya, Hot 2X510, disokong layar 5 inci HD, prosesornya quad core 1,3 GHz, RAM 2GB, kamera utama 8MP, dan menu standar Android pada umumnya. Dari segi harga, seperti produk berteknologi Android One pada umumnya, ponsel ini dijual dengan harga yang bersahabat, yakni 1.2 jutaan.
Honor 6 Plus, Smartphone Dual Kamera Alternatif SLR
Huawei memboyong Honor 6 Plus ke Indonesia, smartphone yang mengandalkan fitur kamera belakang ganda.Menyandang embel-embel kata ‘Plus’ dibelakang namanya, smartphone ini mengandalkan fitur kamera sebagai key selling point. Bila kamera belakang pada tipe regular berbekal 13MP, maka Huawei kali ini menyematkan dual kamera belakang bertenaga masing-masing 8MP dengan aperture f/2.0 dan f/2.4. Tak luput, ada kamera depan dengan 8MP juga. Untuk jalur pemasaran, Huawei telah mengandeng PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), salah satu entitas anak Metrodata Group yang fokus dalam bidang distribusi TIK, per tanggal 17 September 2015. Harga yang dibanderol sebesar Rp5.990.000
Tawarkan Keunikan, Meizu M2 Melenggang di Indonesia
Produsen ponsel asal Tiongkok, Meizu kembali menghadirkan perangkat anyar di Indonesia, M2. Sistem operasi Flyme 4.5 berbasis android Lolipop 5.1 yang ditawarkan Meizu menjadi salah satu keunikan yang terdapat di perangkat terbarunya. Sistem operasi yang dikembangkan Meizu tersebut diklaim mampu menghadirkan pengalaman lebih baik karena disertai manajemen memori dan penggunaan baterai yang lebih efisien. Selain OS yang unik, desainnya juga diklaim akan menjadi daya tarik konsumen Indonesia yang berjiwa muda. Perangkat yang memiliki ukuran layar 5 inchi ini dibanderol dengan harga Rp1.699.000 melalui program Flash Deals perdana di Blibli.com pada 1 Oktober 2015.
Alcatel Flash 2 Dibanderol Rp 2 Juta
Memenuhi janjinya, Alcatel resmi menghadirkan smartphone terbaru, Flash 2. Dijajakan mulai 15 Oktober khusus melalui online store Lazada, smartphone ini dibanderol Rp1.999.000. Layaknya varian Flash sebelumnya, Flash 2 juga mengusung keunggulan mobile fotografi. Bedanya, kamera utama sudah ditingkatkan menjadi 13MP (Flash Plus 8MP). Alcatel menyebutnya gSight, kamera dengan diafragma f/2.0 yang diklaim mampu mengurangi noise 30%, alhasil membuat gambar lebih tajam dan jelas. Spesifikasi lain Flash 2 di antaranya sudah disokong prosesor delapan inti 1.3GHz bertenaga 64-bit Cortex-A53 MTK6753 yang dipadu RAM 2GB dan internal storage 16GB, serta Sudah mengusung sistem operasi Android aktual, Lollipop 5.1.
Mendarat di Indonesia, Ini Banderol Sony Xperia C5 Ultra dan Xperia M5
Dua smartphone kelas menengah terbaru Sony siap melenggang di pasar Indonesia, Xperia C5 Ultra dan Xperia M5. Xperia C5 Ultra ditawarkan seharga Rp4.749.000, sementara Xperia M5 dibanderol Rp5.999.000.
E-Commerce
Mandiri e-cash, Metode Pembayaran Non-tunai Berbasis Ponsel
Seiring Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan pemerintah, Bank Mandiri bersama dengan MatahariMall dan Dana Pensiun Pertamina mengusung alat pembayaran non-tunai bernama Mandiri e-cash. Kerjasama ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan Penerima Manfaat Pensiun dari Dana Pensiun Pertamina untuk membeli pulsa telepon dan voucher PLN, melakukan transaksi di toko retail dan belanja online.