Monday, June 17, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review: Axioo PicoPhone M4P - RAM 2 Giga, Harga Menggoda

Review: Axioo PicoPhone M4P – RAM 2 Giga, Harga Menggoda

-

Axioo-PicoPhone-M4P_1Smartphone bagus tidak selalu datang dari vendor global, karena produk smartphone produsen lokal sekelas Axioo pun juga berkualitas. Masuk dikelas segmen pasar entry level. Axioo PicoPhone M4P terbilang mumpuni karena diperkuat dengan spesifikasi tinggi.

[quote_box_center]Kelebihan
•    Desain elegan
•    Layar HD 5 inchi
•    RAM 2 GB
•    Kamera 8 MP

Kekurangan
•    Baterai kecil
•    Belum support 4G LTE[/quote_box_center]

 

Desain
Hadir dengan banderol harga murah, namun Axioo tetap mendesain smartphone picophone M4P dengan bentuk yang terbilang elegan, bodinya melengkung dan ergonomis di sekeliling layarnya, membuatnya mudah digunakan. Axioo menempatkan tiga tombol navigasi recent apps, home dan back.  Diatas layar tersedia speakerphone untuk panggilan dan kamera depan.

Axioo-Picophone-M4P-topPada bagian backcover logo Axioo dan kamera utama yang ditemani lampu LED Flash.  Tidak memiliki konsep unibodi pada smartphone pengguna dapat membuka backcover dengan mudah.  Didalamnya tersedia removable baterai dua slot SIM card dan slot MicroSD.

Axioo-Picophone-M4P-side1Axioo-Picophone-M4P-side-2Untuk melincungi bodi, Axioo menambahkan sedikit tambahan body seperti bumper pada bagian sisinya, dibalut dengan warna gold memberikan kesan smartphone lebih premium nam nampak mahal. Disamping kanan tersedia tombol power, sedangkan di sisi sebaliknya tersedia tombol volume, Tidak seperti smartphone lain yang biasa menempatkan port MicroUSB dibawa, Axioo melokasikan port microUSB dibagian atas smartphone bersama port audio 3.5mm.

Axioo-Picophone-M4P-backLayar
Axioo PicoPhone M4P Memiliki layar yang terbilang pas untuk ukuran smartphone. Ukuran ini mampu memberikan kenyamanan baik saat menggenggam atau menggunakan. Memiliki luas layar 5 inci dengan jenis TFT LCD dengan resolusi yang sudah HD, atau setara 1280 x 720 piksel. Dengan layar ini tampilan cukup begitu tajam dan cerah, meski digunakan dibawah terik sinar matahari. Tidak hanya itu, sudut penglihatan juga luas, akibat letak layar yang dekat dengan kaca depan.

Axioo-Picophone-M4P---InterfaceLayar yang dimiliki Axioo PicoPhone tergolong responsif karena mendukung 5 titik sentuhan. Didalamnya Axioo mengandalkan OS Android kitkat tanpa ada kostumisasi dari seri Tampilan. Dari tampilan unlock, homescreen serta app drawer masih menggunakan interface default Android.

Kinerja
Di sektor dapur pacu Axioo PicoPhone M4P cukup memiliki spesifikasi yang bagus dikelas smartphone murah. Mengandalkan chipset Spreadtrum SC7731 serta prosesor Quad Core ARM Cortex A7 1,2 GHz. Didukung dengan RAM sebesar 2 GB, menjadikan Axioo PicoPhone M4P mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara multitasking. Dengan spesifikasi ini, M4P mampu digunakan untuk bermain game dengan lancar tanpa masalah. Dengan menggunakan aplikasi Antutu benchmark, Axioo PicoPhone mendapatkan skor 20 ribu-an.

Untuk menyimpan data, pengguna Axioo PicoPhone  M4P disediakan memori internal 16GB. Jika kurang pengguna masih dapat menambahkannya dengan menggunakan memori internal maksimal 32GB.

Axioo-Picophone-M4P---KinerjaAxioo PicoPhone M4P memiliki kapasitas baterai yang tergolong kecil, yakni Lithium Ion 2000 mAh removeable. Namun begitu, dengan kapasitas baterai tersebut smartphone dapat digunakan cukup lama, internetan melalui WiFi dengan tingkat kecerahan layar 50% baterai berkurang 93%, dalam jangka waktu penggunaan 45 menit.

Kamera 8 MP
Bergeser ke sektor fotografi, Axioo PicoPhone M4P dibekali kamera yang cukup mumpuni dengan dipersenjatai oleh kamera utama sebesar 8 MP dan kamera depan 2 MP. Pada kamera belakang pengguna dapat memanfaatkan fitur Autofokus dan LED Flash untuk mengambil objek dengan fokus yang lebih baik.

Axioo-Picophone-M4P-kameraMenggunakan resolusi maksimal, kamera akan menhasilkan foto dengan aspek rasio 4:3 sedangkan jika ingin menggunakan aspek rasio 16:9 pengguna harus menurunkannya menjadi 2.1 MP.
Didalamnya pengguna dapat menggunakan fitur seperti Lens Blur, self timer, Geo-Tagging dan Manual Exposure. Tidak hanya dapat mengambil foto objek diam, kamera juga dapat diajak untuk merekam video atau mengambil objek bergerak. Pada kamera utama smartphone ini sanggup hanya menghasilkan video berkualitas Full HD 1080P.

Multimedia
Pemutar musik menjadi salah satu hiburan pendukung bagi smartphone ini. Axioo telah menyediakan aplikasi pemutar musik bawaan Android, yakni Play Music, aplikasi ini cukup handal dalam urusan pemutaran lagu, karena menyediakan fitur pengolahan suara yang terbilang lengkap dengan performa yang baik. Aplikasi ini memiliki tampilan berdasarkan banyak kategori. Untuk keluaran suara via speaker terdengar cukup kencang.

Koneksi 3G
Untuk fitur koneksi, Axioo memang tidak menyediakan koneksi sekelas 4G LTE, namun dengan kemampuan 3G pada kedua slot SIM Card sudah mengadopsi ukuran micro, dirasa cukup untuk mengakomodasi pengguna dikelasnya. Selain Dual Sim untuk mempermudah komunikasi, Picophone M4P juga sudah disediakan WiFi 802.11, yang mendukung WiFi Direct dan WiFi hotspot. Untuk sektor navigasi, ponsel ini mengandalkan GPS dengan berteknologi satelite yang mengandalkan A-GPS.

Axioo-Picophone-M4P-koneksiDengan koneksi yang dimilikinya pengguna pasti dapat dengan mudah untuk melakukan browsing. Dengan browser bawaan Android sebagai peramban tunggal. Aplikasi browser yang satu ini memang handal baik dari segi performa dan juga ketersediaan fitur. Membuka halaman-halaman situs dapat terbuka dengan lancar. Begitu pula proses zoom in dan zoom out. Karena resolusi yang HD maka dalam kondisi zoom out pun tulisan di situs dapat terbaca.

Latest