Sabtu, 2 Agustus 2025
Selular.ID -

Dukung UKM, Facebook Gelar Marketing Boot Camp di Jakarta

BACA JUGA

 

Jakarta, Selular.ID – Melalui acara Facebook Marketing Boot Camp di Jakarta, Facebook perluas investasinya untuk UKM di Indonesia. Program Facebook Marketing Boot Camp ini dirancang untuk membantu bisnis di Indonesia dengan pengetahuan, keahlian dan teknologi yang dibutuhkan untuk terus berinovasi dan terhubung dengan pelanggannya baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Di depan para pelaku UKM, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf), Triawan Munaf dan Dirjen Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Heru menyampaikan pentingnya memperluas konektivitas internet di Indonesia, mendorong orang Indonesia untuk terhubung secara online serta mendukung UKM lokal melalui acara seperti Facebook Marketing Boot Camp.

“Kami mendukung inisiatif seperti Facebook Marketing Boot Camp untuk membantuk pelaku UKM agar bisa mendapatkan manfaat dari konektivitas internet khususnya untuk mengembangkan bisnis mereka, menjangkau pelanggan dan membangun brand mereka secara online” ujar Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf. Lebih lanjut dia menuturkan BeKraf, beserta keahlian yang ditawarkan Facebook, sangat bisa membantu UKM untuk menciptakan, membangun dan pada akhirnya melindungi brand serta properti intelektual mereka, agar mampu bersaing di tengah kompetisi semakin keras di pasar ASEAN.

Sementara Dirjen Aplikasi dan Informatika, Bambang Heru, dalam pidato yang disampaikan atas nama Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menyatakan bahwa UKM adalah tulang punggung bagi perekonomian Indonesia karena UKM mewakili 99% dari bisnis yang ada di Indonesia. “Ketika masyarakat Indonesia semakin banyak menghabiskan waktu menggunakan ponsel mereka untuk mengakses  internet, UKM lokal pun memiliki peluang besar untuk menjangkau audiens baru, meningkatkan penjualan dan mengembangkan operasional bisnis online mereka” ungkap Bambang. Lebih lanjut dia mengatakan acara Facebook Marketing Boot Camp di Jakarta bisa menjadi sumber informasi bagi UKM karena sejumlah ahli maupun pelaku UKM akan hadir untuk berbagi best practice atau praktik terbaik untuk bisnis UKM online yang sedang berkembang.

Sebagai bentuk dukungan atas Facebook Marketing Boot Camp di Gedung SMESCO Exhibition Hall (Koperasi UMKM), Walikota Bogor, Bima Arya dan Walikota Tangerang, Arief Wismansyah  turut berpartisipasi dalam panel diskusi dan membahas inisiatif lokal untuk mengembangkan konektivitas internet di kota masing-masing dan membantu pelaku UKM untuk mengembangkan bisnis mereka secara online.

Andy Hwang, Head of SMB, APAC for Facebook mengatakan lebih dari 76 juta orang Indonesia aktif menggunakan Facebook setiap bulan dan ini merupakan audiens yang potensial untuk UKM yang sedang berusaha mencari pelanggan baru, mempererat hubungan dengan pelanggan yang sudah ada dan meningkatkan penjualan. “Dengan lebih dari 61% masyarakat Indonesia terhubung dengan Page  SMB, jelas bahwa masyarakat Indonesia punya minat besar untuk terhubung dengan bisnis secara online,” lanjut Andy Hwang.

Di acara ini, para hadirin dapat berinteraksi dengan sesama pelaku UKM dan ahli dari Facebook untuk belajar serta berbagi pengalaman mereka berbisnis online di tengah kondisi perekonomian saat ini. Sesi pelatihan akan termasuk pengenalan Facebook Pages, bagaimana mengembangkan bisnis dengan Facebook serta best practice berkaitan dengan proses kreatifnya. (edk)

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU