Minggu, 3 Agustus 2025
Selular.ID -

BULP, Aplikasi Penyambung Lidah Masyarakat Karya Anak Bangsa

BACA JUGA

bulp-press-conprenceJakarta, Selular.ID – Punya unek-unek terkait layanan sebuah perusahaan, kini bisa disampaikan tanpa perlu repot. Lewat aplikasi yang satu ini pengguna dapat menyampaikan berbagai unek-unek, saran, ataupun pujian terhadap suatu layanan. Adalah BULP, aplikasi Customer Relation Management pertama karya anak bangsa yang hadir untuk menjembatani perusahaan dan masyarakat melalui penyampaian aspirasi yang komprehensif dan kolaborasi partisipasi aktif dari masyarakat dan perusahaan.

“Menurut riset yang dilakukan oleh Avaya Indonesia tahun 2015, 5 dari 6 orang Indonesia selalu merasa tidak puas dengan pelayanan perusahaan. Dan hasil riset Gudpoin tahun 2014 menyatakan, 96% dari pelanggan yang tidak puas dengan pelayanan perusahaan enggan untuk menyampaikan keluhannya. Hal ini tentunya berpotensi merugikan perusahaan, dimana perusahaan tidak dapat mendengar aspirasi masyarakat. Padahal hal ini akan sangat berguna bagi pengembangan pelayanan,” demikian CEO BULP Arie Nasution disela-sela acara peluncuran aplikasi tersebut pada Selasa (29/9).

Untuk itulah, lanjut Arie, BULP diciptakan sebagai solusi untuk masyarakat menyampaikan aspirasi yang menyeluruh dengan mudah, tidak hanya keluhan, melainkan saran, permintaan hingga pujian yang ditujukan untuk pengembangan pelayanan dan tentunya mendapatkan respon dari perusahaan bersangkutan yang telah menjalin kerjasama dengan BULP.

Guna memastikan aspirasi yang disampaikan pengguna telah diteruskan ke pihak perusahaan yang dituju, pada aplikasi BULP tersedia fitur bernama status aspirasi. Melalui fitur ini pengguna dapat mengetahui perkembangan aspirasi yang telah disampaikan melalui lima status, yaitu pending, rejected, approved, delivered, dan responded.

Dengan kemudahan yang dihadirkan BULP dalam menyampaikan aspirasi, diharapkan masyarakat terdorong untuk melakukan kontrol sosial dengan secara aktif memberikan umpan balik yang komprehensif yang ditujukan untuk  pengembangan pelayanan. Peran dan paritisipasi masyarakat juga perusahaan secara aktif merupakan kunci keberhasilan terwujudnya kontrol sosial dan pengembangan industri swasta.

Selain fitur aspirasi, BULP juga memiliki fitur-fitur lain, seperti Share. Fitur ini dihadirkan agar pengguna dapat membagikan apa yang mereka alami kepada lingkungan sekitarnya. Sementara itu, ada juga fitur Me too! yang berfungsi untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat yang mengalami pengalaman yang serupa.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU