Tuesday, August 20, 2019
Home Apps Berikut Tiga Pembaruan Facebook Page Untuk Mobile

Berikut Tiga Pembaruan Facebook Page Untuk Mobile

-

Andy Hwang, Head of Small and Medium Business (SMB) for Asia Pasific at Facebook
Andy Hwang, Head of Small and Medium Business (SMB) for Asia Pasific at Facebook

Jakarta, Selular.ID – Dengan jumlah pengguna 1,44 miliar orang, menjadikan Facebook sebagai platform menggiurkan untuk siapa saja yang ingin berjualan. Dan perusahaan menyadari hal itu dengan menggulirkan fitur bernama Page pada 2007 silam. Sejak diluncurkan, Page telah memiliki 45 juta pengguna.

Di Indonesia sendiri, pengguna aktif Facebok tercatat 76 juta orang per bulan, yang 36 juta di antaranya mengakses lewat perangkat mobile. Di lain sisi, jumlah UKM (usaha kecil menengah) di nusantara merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah 57 juta UKM, di mana hanya 15 juta di antaranya yang sudah terhubung online.

Andy Hwang, Head of Small and Medium Business (SMB) for Asia-Pasific at Facebook, mengatakan bahwa saat ini jumlah koneksi mobile di dunia telah melampaui populasi manusia di bumi. Mereka lebih banyak menggunakan perangkat mobile-nya dan senantiasa berharap bisa melakukan lebih banyak lagi dengan ponsel atau tablet. Mereka berharap informasi bisa diakses melalui sentuhan jari.

Tren tersebut, papar Andy, menghasilkan kesimpulan bahwa pelaku usaha ingin membuat bisnis mereka lebih mudah diakses melalui ponsel. Dan dengan lebih dari satu miliar pengguna yang mengunjungi Page setiap bulan, banyak pengguna yang beralih ke Page untuk mengetahui lebih jauh mengenai sebuah bisnis.

Untuk itu, Facebook memperbarui Page guna membantu pelaku usaha “eksis” di dunia mobile serta memudahkan dalam berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan.

Pekan lalu perusahaan telah menambah fitur pesan pada Page yang membantu pembeli dan penjual terhubung lebih cepat dan lebih nyaman. Hari ini, Facebook menambahkan tombol Call-to-action, Section, dan Interface yang diperbarui.

Call-to-action merupakan tombol pintas untuk suatu produk yang ingin disorot. Otomatis, gambarnya akan terpampang di bagian depan Page. Sehingga lebih mudah terlihat oleh calon pembeli. Tombolnya terletak di bawah foto cover Page, dan sekarang menjadi lebih besar di versi mobile. Saat ini, perusahaan tengah mengembangkan fitur call-to-action baru yang akan disematkan ke mobile.

Facebook juga menambahkan Section baru pada Page, yakni Shop dan Services. Shop untuk pebisnis ritel yang menghadirkan produk di bagian terdepan Page, sementara Sevices memungkinkan bisnis jasa profesional menampilkan daftar jasa yang ditawarkan di bagian atas Page. Perusahaan juga akan menambahkan Section lainnya di masa mendatang.

Tampilan Page anyar akan muncul beberapa minggu lagi. Alex Pak, Product Marketing Manager on Page at Facebook, mengatakan tampilan yang diperbarui akan memudahkan pengguna dalam menelusuri Page. Contohnya pembagian video dan foto yang memiliki tab masing-masing.

Dengan tiga pembaruan di atas, Facebook berharap bisa menjadi solusi mobile bagi UKM di Indonesia. Dan ke depannya, perusahaan akan terus melakukan uji coba dan terus memperbarui fitur Page.

Latest