Thursday, July 18, 2019
Home Apps Aplikasi Tamansari Bikin Petani Makin Produktif

Aplikasi Tamansari Bikin Petani Makin Produktif

-

Tamansari-Teknologi-Terbaru-Sahabat-PetaniJakarta, Selular.ID – EBconnection Indonesia salah satu pengembang aplikasi lokal menciptakan aplikasi bertajuk Tamansari. Aplikasi ini  nantinya akan membantu petani di Indonesia agar lebih produktif.

Terciptanya aplikasi ini karena melihat pemerintah terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan nasional. Namun, upaya tersebut masih banyak kendala yang harus dihadapi untuk merealisasikan ketahanan pangan di Tanah Air.

Dalam berita acara yang dikutip dari situsnya, Ikhwani Chief Technology Officer EBconnection Indonesia, mengungkapkan, Tamansari merupakan kependekan dari petani aman sejahtera dan mandiri.

Ikhwani menuturkan, aplikasi ini akan memberikan ruang yang lebih banyak untuk meningkatkan produktifitas kerja secara optimal. Sehingga petani pun akan merasa aman menggarap lahannya karena adanya dukungan dari berbagai pihak yang memiliki kompetensi, sehingga akan tercapai kesejahteraan dan kemandirian secara Nasional

Lebih lanjut Ikhwani juga menjelaskan, aplikasi ini memiliki algoritma yang lengkap. Mengetahui siapa nama petani, dari kelompok mana, asal daerah, hingga kabupaten mana yang akan menghasilkan jumlah beras sebanyak berapa ton dan waktunya. Aplikasi ini juga bahkan bisa menghitung berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk mengelola lahan yang dimiliki.

Ikhwani menambahkan, aplikasi ini juga memanfaatkan teknologi geospatial, sehingga para eksekutif bisa mendapat informasi melalui visualisasi geospasial (bird view) sehingga cepat dalam mengambil keputusan nantinya. Aplikasi ini berbasis mobile application dan web application. Dalam waktu dekat Ikhwani menyebutkan aplikasi ini akan segera dikenalkan.

Latest