Tuesday, June 18, 2019
Home News XL Pamer Aplikasi Digitalnya di ICE

XL Pamer Aplikasi Digitalnya di ICE

-

image
Presiden Jokowi saat meninjau ragam aplikasi digital yang dipamerkan di International Convention Exhibition (ICE) (Foto: Samin/ Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – XL menampilkan aplikasi mFish dan aplikasi layanan digital lain miliknya dalam event bertajuk “Dari Indonesia Untuk Dunia Exhibition”. Selain aplikasi untuk nelayan tersebut, XL juga menampilkan aplikasi listrik pintar “Simply”, dan uang elektronik “XL Tunai”. XL menampilkan ketiganya di hadapan Presiden RI yang membuka eksebisi tersebut di Indonesia Convention Exhibition, BSD City, Tangerang Banten, Selasa (4/7).

Ketiganya merupakan produk layanan digital hasil inovasi XL yang diharapkan akan banyak berperan dalam menyiapkan masyarakat luas dalam menyongsong era digital.

Aplikasi mFish sendiri adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi nelayan untuk membantu meningkatan produktivitas dalam menangkap ikan di laut. Melalui aplikasi ini, nelayan bisa mendapatkan berbagai informasi pokok untuk bekal melaut, seperti antara lain arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, cuaca secara umum, lokasi keberadaan plankton, juga penunjuk arah pulang. Selebihnya, mFish juga membantu mereka dari sisi keselamatan, budidaya perikanan, harga ikan di pasar, dan juga pelestarian lingkungan.

Menurut Dian Siswarini, President Director XL, dalam mengembangkan mFish, XL sekaligus juga memanfaatkan potensi industri dalam negeri. Untuk penyediaan ponsel pintar bagi para nelayan, misalnya, XL menggunakan produk dalam negeri. “Dalam penyediaan data terkait cuaca, XL juga memanfaatkan data-data dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),” undkap Dian.

Guna meningkatkan manfaat aplikasi ini, XL juga menjalin kerjasama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan, sebagai instansi yang paling berwewenang dalam masalah perikanan laut.

Dian menambahkan, selain ketiga layanan digital yang dipertunjukkan di acara tersebut, XL juga masih memiliki sejumlah layanan digital lainnya yang sudah diluncurkan dan bisa dinikmati manfaatnya oleh pelanggan dan masyarakat. Antara lain adalah layanan untuk segmen perempuan “Sisternet”, berbagai aplikasi hiburan di “Gudang Aplikasi”.

Selain itu, XL juga sedang menyiapkan sejumlah aplikasi yang memiliki manfaat sosial bagi masyarakat, bekerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah. Implementasi berbagai aplikasi inovatif untuk masyarakat ini juga akan dilakukan melalui program “Desa/Kota Pintar” (XmartVillage dan XmartCity) yang sudah mulai direalisasikan XL di sejumlah daerah.

LIVE BLOG: PELUNCURAN OPPO RENO

Oppo Reno series mengedepankan kamera, performa dan juga daya tahan tahan baterai.

Latest