Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Sorotan Berita Sepanjang Juli 2015

BACA JUGA

kaleidoskopBulan ini, kami memiliki beberapa berita penting sepanjang Juli. Yang utama adalah penyelenggaraan layanan 4G LTE di frekuensi 1800MHz dari lima operator nasional secara serentak. Sedangkan dari sisi regulasi, kisruh Uber memaksa pemerintah membuat rancangan peraturan mengenai Ride Sharing. Sementara dari sisi vendor, bulan lalu pasar tanah air kedatangan beberapa ponsel. Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan cek sorotan berita sepanjang Juli 2015.

REGULASI

Kisruh Uber, Menkominfo: Sebaiknya Ada Aturan Soal Ride Sharing

Bulan Juni, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) Gubernur DKI Jakarta, menolak keberadaan Taksi Uber untuk beroperasi di Jakarta, terutama karena model bisnisnya yang dinilai mengusik tatanan lama di industri transportasi di tanah air terutama dari perusahaan taksi yang merasa terancam kelangsungan bisnisnya. Menkominfo pun ikut bicara menanggapi persoalan tersebut. Menurut Rudiantara layanan ride sharing seperti yang dilakukan Uber ini sebaiknya mulai diatur layaknya yang diberlakukan pada e-commerce. Lebih lanjut Rudiantara menyampaikan sebaiknya layanan seperti ini dibuat roadmapnya, ketimbang nanti masuk ke Indonesia tidak jelas dan semua pihak akhirnya defensive terhadap keberadaan mereka.

Menkominfo Rudiantara saat ditemui di kantor kemkominfo (foto: Choi/Selular)
Menkominfo Rudiantara saat ditemui di kantor kemkominfo (foto: Choi/Selular)

Meski Dimaklumi, Menkominfo Minta Telkomsel Turunkan Tarif Internetnya

Dalam penerapan tarif layanan internetnya Telkomsel memberlakukan sistem zona yang terbagi ke dalam 12 zona. Perbedaan tarif antar zona yang ada dinilai terlalu mahal, selisihnya hampir 100 persen antara zona 1. Dalam pernyataan resminya, Telkomsel menyampaikan bahwa komponen penggelaran jaringan, seperti 3G maupun 4G tidak hanya meliputi biaya pembangunan BTS, namun juga biaya pemeliharaan sehari-hari, dimana biaya ini cukup tinggi di bagian Timur Indonesia seperti di Papua.

Rudiantara, Menkominfo RI juga memaklumi langkah yang diambil Telkomsel sebagai sebuah strategi bisnis yang diterapkan oleh operator. “Biaya operasional yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara infrastruktur yang dimiliki operator di tiap wilayah memang beda-beda, cuma saja disparitas tarifnya tiap zona jangan terlalu tinggi,” kata Rudiantara. Oleh karena itu menteri yang biasa disapa Chief RA ini juga mengaku telah meminta Telkomsel untuk menurunkan tarif layanan internetnya. Sayangnya Rudiantara tidak menyebutkan berapa banyak penurunan harga yang harus dilakukan oleh anak usaha Telkom ini.

Operator

TELKOMSEL

Telkomsel Resmikan Layanan 4G LTE 1800 MHz di Makasar

Layanan 4G LTE Telkomsel di frekuensi 1.800 MHz resmi beroperasi secara komersil di Makasar. Hal ini diharapkan akan dapat menunjang layanan ‘Home Care’. Layanan ini dilengkapi dengan berbagai peralatan medis yang dibutuhkan seperti tabung oksigen, alat infus serta peralatan rekam medis untuk memantau kondisi pasien yang terhubung ke dokter ahli secara jarak jauh. Untuk layanan 4G di Makasar, Telkomsel membangun 150 eNode B yang mencakup lokasi-lokasi strategis termasuk Bandara, Universitas, Mall, Pantai Losari, dan Pusat keramaian lainnya.

Foto: Dok. Telkomsel
Foto: Dok. Telkomsel

Telkomsel Siapkan 8 Juta USIM Sampai Akhir Tahun 2015

Pada 8 Juli lalu, Telkomsel menggelar internet cepat berbasis mobile ini di enam kota, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Medan yang memanfaatkan spektrum 900 MHz. Sementara, satu kota lainnya yaitu Makasar yang menggunakan spektrum 1800 MHz. Operator plat merah ini pun mengaku telah menyiapkan sekitar delapan juta kartu SIM khusus 4G hingga akhir tahun 2015 sebagai persiapan edukasi pelanggannya untuk beralih ke penggunaan layanan 4G Long Term Evolution (LTE). Dari 140 juta total pelanggan, sekarang baru ada 720 ribu pelanggan yang sudah menggunakan 4G LTE.

H-2 Telkomsel Nyatakan Jaringannya Tetap Aman

Dua hari menjelang Lebaran, Telkomsel menyatakan kesiapan jaringannya di dalam menghadapi lonjakan trafik mendekati puncak masa Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2015. Sebelumnya Telkomsel telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar. Kapasitas VLR di tahun ini ditingkatkan menjadi 218 juta, sedangkan HLR sebesar 330 juta subscribers. Kapasitas SMS yang disiapkan sebesar  106.493 SMS/detik dengan kapasitas volume trafik 2,39 miliar SMS dan untuk kapasitas MMS menjadi 200 MMS per detik atau setara dengan 4,32 juta MMS per hari.

Ilustrasi: Istimewa
Ilustrasi: Istimewa

Telkomsel Klaim Trafik Layanan Datanya Naik 130 Persen

Dari hasil pemantauan trafik komunikasi yang dilakukan pada jaringannya sehari menjelang malam takbiran, Telkomsel mencatat kenaikan penggunaan layanan data. Jika dibandingkan dengan tahun 2014, penggunaan layanan data di malam takbiran 2015 melonjak hingga lebih dari 130 persen. Sedangkan layanan SMS cenderung stagnan dengan sedikit penuruan  sekitar 6 persen menjadi 952 juta. Sementara itu layanan suara di malam takbiran naik sebesar 18 persen menjadi sekitar 1,3 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di periode yang sama di tahun 2014.

Telkomsel Terapkan Sistem Baru Pada Call Center-nya

Telkomsel melakukan  pengembangan sistem layanan Call Center yang dinamakan Caroline (Customer Care On-Line). Caroline merupakan pusat pelayanan pelanggan yang siap melayani pelanggan non-stop 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu untuk memberikan pelayanan terkait segala kebutuhan dan permasalahan pelanggan. Caroline tersebar di 5 kota di Indonesia yaitu di Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar. Pelanggan dapat menghubungi Caroline Telkomsel dengan beberapa kode akses yaitu 133 (kartuHalo), 188 (simPATI, Kartu As, Loop), 357 (Mitra Recharge – Mkios, Dealer, Bank), 08071811811 (untuk akses dari PTSN & operator lain, dengan tariff lokal atau sesuai tariff operator), dan +628110000333 (pelanggan Telkomsel di luar negeri).

XL AXIATA

Rupiah Terus Melemah, XL Kencangkan Ikat Pinggang

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para pelaku industri untuk keberlangsungan hidup bisnisnya. Operator selular pun tak lepas dari pengaruh tersebut. Untuk menghadapi tekanan terhadap rupiah ini XL Axiata menyampaikan bahwa hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan yang dipimpinnya saat ini adalah dengan mengencangkan ikat pinggang. Namun demikian XL sudah melakukan stress test untuk mengetahui sampai sejauh mana pelemahan nilai rupiah ini dapat mempengaruhi kelangsungan bisnis operator yang baru saja turun peringkat menjadi terbesar ketiga nasional akibat penyesuaian jumlah pelanggan.

Rudiantara dan Dian Siswarini selfie
Rudiantara dan Dian Siswarini selfie

Hadirkan 4G di Lombok, XL Ingin Berterimakasih Kepada Masyarakatnya

Seluruh operator pada 6 Juli 2015 mendatang secara serentak akan menghadirkan layanan 4G LTE tahap kedua secara komersial di frekuensi 1800Mhz. Untuk gelaran ini XL Axiata memilih Lombok sebagai kota pertama yang akan merasakan internet cepatnya. Gelaran nasional tersebut XL sudah mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh-jauh hari sehingga ketika nanti tanggal 6 Juli 2015 pemerintah secara resmi memperbolehkan komersialisasi layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz, XL sudah siap melayani pelanggan dan masyarakat.

XL Tunai Bakal Bisa Untuk Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

XL memperluas kerjasama program XmartCity-nya dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berupa pemanfaatan layanan XL Tunai untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor khusus di wilayah NTB untuk mempermudah layanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan keunggulan teknologi digital. Melalui program XmartCity dan XmartVillage yang saat ini telah  dilaksanakan di sejumlah daerah, XL berharap program ini dapat membantu pemerintah daerah dan masyarakat setempat untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki melalui pemanfaatan internet cepat dan teknologi digital. Masyarakat NTB akan bisa memanfaatkan layanan yang memudahkan ini sekitar awal Agustus 2015.

XL Sediakan Layanan MCA Lebih Murah Dari Leased Line

Guna menjawab kebutuhan pelanggan korporasi atas solusi komunikasi yang mumpuni, XL terus mengembangkan layanan dalam bisnis Internet of Things (IoT). Pengembangan layanan tersebut termasuk mencakup sisi perangkat pendukung, jaringan komunikasi, dan sistem aplikasi. Sebagai hasilnya, XL meluncurkan layanan Multi Carrier VPN Access (MCA) yang berguna untuk memfasilitasi komunikasi private network bagi sektor bisnis retail, perbankan, maupun lembaga finansial. Untuk menggunakan layanan ini, pelanggan korporat hanya diwajibkan untuk membayar biaya bulanan dan tanpa investasi apapun. Dari biaya tersebut pelanggan korporat akan mendapatkan fasilitas data sebesar 2GB setiap bulannya, biaya instalasi, dan garansi modem router selama 1 tahun.

XL_Mudik 2XL Axiata Lepas 1000 Pemudik Area Pulau Jawa

Memfasilitasi tradisi pulang kampung saat lebaran, XL Axiata memberangkatkan 1.000 peserta mudik yang terdiri dari penjual pulsa dan frontliner dari wilayah Jabodetabek. Ribuan pemudik tersebut bakal diantarkan ke kampung halaman masing-masing dengan tujuan daerah antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jawa Timur. Pada program mudik kali ini, XL menyediakan sebanyak 22 unit bus, 25 mobil Avanza, 2 Alphard, dan 6 Innova. Puluhan mobil tersebut bakal terbagi melalui dua jalur, yakni Utara dan Selatan. Selain sarana transportasi, operator yang dominan dengan warna biru itu juga membagikan paket souvenir dan uang saku dalam bentuk XL Tunai senilai Rp250.000.

Jelang Lebaran Trafik XL Terus Naik

Di malam takbiran tahun ini, umat Islam diprediksi akan banyak menggunakan layanan selular, baik voice, SMS, maupun juga data untuk bersilaturahmi. Layanan trafik operator bakal semakin meningkat, di mulai selama bulan Ramadan sampai Lebaran menjelang, yang disebut momentum kenaikan trafik paling besar selama setahun. Dalam data XL, setiap harinya, perusahaan melayani trafik percakapan hingga 470 juta menit per hari, diikuti trafik SMS adalah 525 juta per hari. Sedangkan untuk trafik data (internet) terjadi sebesar 500 Terabytes per hari. Untuk layanan voice dan SMS diperkirakan tumbuh 10-15 persen dan 30-40 persen di layanan data, dibandingkan dengan hari normal.

Lebaran, Kenaikan Trafik XL Merata di Pulau Jawa

Seperti tahun-tahun sebelumnya jaringan XL diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik sekitar 5-10% untuk layanan voice atau telepon, 10-15% pada SMS, dan 20-30% di data, dibandingkan dengan trafik di hari biasa. Hingga H-2  Lebaran, terjadi kenaikan trafik penggunaan layanan data XL rata-rata sebesar 8% dari hari biasa. Sejauh ini, kenaikan trafik relatif merata di berbagai kota seluruh Jawa. Sementara di luar Jawa, kenaikan trafik yang signifikan biasanya terjadi di Medan, Banjarmasin, Padang & Makassar, dengan rata-rata kenaikan trafik data di atas 30%.

Akses Internet Dominasi Jaringan XL Saat Lebaran

Sepanjang bulan Ramadan dan Lebaran, terjadi peningkatan trafik pemakaian layanan data internet pada jaringan milik XL. Kenaikan tertinggi sebesar 11% dimulai pada dua hari menjelang Idul Fitri dibandingkan hari-hari biasa. Sementara sebagai perbandingan dengan tahun sebelumnya, kenaikan trafik data pada Lebaran tahun ini meningkat 41% dibandingkan dengan Lebaran 2014 yang lalu. Secara umum, kualitas jaringan XL juga terjaga dengan baik. Dengan jumlah keluhan mengalami penurunan sebesar 32% dibandingkan tahun sebelumnya.

INDOSAT

Indosat StarOne Resmi Berakhir

Indosat telah mengakhiri secara penuh layanan berbasis teknologi CDMA dengan merek StarOne pada 30 Juni 2015 dan berhasil melakukan migrasi pelanggannya. Sebelumnya penyelenggaraan layanan ini telah mulai dihentikan secara bertahap oleh Indosat di wilayah Indonesia sejak akhir tahun 2014 dan selesai secara penuh pada 30 Juni 2015. Indosat memberikan kompensasi kepada Pelanggan dalam berbagai bentuk seperti kartu SIM GSM, Fasilitas Call Forwarding, serta saldo Indosat Dompetku yang besarnya tergantung rata-rata penggunaan layanan Starone dalam 3 bulan. Dompetku tersebut dapat di tarik tunai di Galeri Indosat terdekat atau dibelanjakan di merchant-merchant yang bekerjasama dengan Indosat. Perusahaan telah mengumumkan pengakhiran layanan Starone ini kepada para pelanggan melalui berbagai media, seperti media masa, SMS blast, serta website Indosat sejak awal tahun.

Indosat Lakukan Rangkaian Kegiatan Bakti Sosial Ramadhan

Dalam rangka berbagi kepedulian di Bulan Ramadhan, keluarga besar Indosat menyelenggarakan Program Bhakti Sosial Ramadhan bagi masyarakat kurang mampu di wilayah Kampung Kapuk Pulo, Kedaung Kaliangke, Cengkareng Jakarta Barat. Program Bhakti Sosial meliputi kegiatan Kesehatan Gratis Mobil Klinik, bantuan sembako dan bantuan fogging demam berdarah. Saat ini Indosat telah mengoperasikan 16 Mobil Klinik yang beroperasi di seluruh wilayah Indonesia secara mobile. Hingga saat ini Mobil Klinik Indosat telah melayani lebih dari 680.000 pasien di seluruh Indonesia.

Ilustrasi teknisi jaringan Indosat
Ilustrasi teknisi jaringan Indosat

Koneksi 4G Indosat Hadir di Balikpapan

Sesuai arahan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), tepat pada 6 Juli silam seluruh operator di Indonesia menggelar layanan 4G LTE secara serentak. Berdasarkan anjuran pemerintah tersebut, Indosat memilih Balikpapan sebagai kota terbaru yang akan menikmati layanan 4G LTE. Di sana, Indosat menggelar layanan 4G LTE Secara komersil di kanal 1800 Mhz. Dengan teknologi yang diusung, pelanggan Indosat di Balikpapan akan dimanja dengan kualitas sinyal Super 4G LTE yang diklaim bisa ngacir lebih dari 100 Mbps.

Ini Jurus Andalan Indosat Untuk Populerkan Layanan 4G LTE

Setelah mengkomersilkan layanan 4G LTE di frekuensi 1800 Mhz, bisa dipastikan Indosat akan semakin agresif menggelar layanan canggih tersebut. Untuk mendukung perluasan adopsi 4G LTE, Indosat menggeber berbagai strategi. Untuk mempopulerkan layanan 4G pihaknya sudah menyiapkan berbagai strategi. Setidaknya sudah menyiapkan 3 layanan andalan untuk fasilitas konten saat ini. Pertama ada Arena Musik, Arena Video, terakhir Arena Game.

Dompetku Indosat Gandeng Standard Chartered Garap Segmen Korporat

Melalui layanan Straight2Bank Wallet, Dompetku Indosat menyasar segmen korporat yang menjadi nasabah Standard Chartered Bank Indonesia. Straight2Bank Wallet merupakan layanan mobile pertama untuk klien korporat di Indonesia yang dihadirkan oleh Indosat sebagai penyedia jaringan telekomunikasi dan Standard Chartered Bank. Sistem pembayaran baru ini ditujukan untuk klien korporat Bank tersebut di Indonesia termasuk di antaranya organisasi, perusahaan multinasional, institusi keuangan bukan bank dan perusahaan Fast Moving Consumer Good (FMCG). Para nasabah tersebut dapat melakukan pembayaran cashless melalui sistem elektronik Straight2Bank kepada penerima yang mempunyai rekening bank ataupun tidak.

19.Pembukaan-dan-Presentasi-di-RM-TEMPOE-DOELOE-oleh-Indosat-Tegal5Trafik Data Indosat Naik Hingga 40 Persen

Pada hari H-3 lebaran tahun 2015 lalu, trafik voice nasional Indosat mengalami peningkatan menjadi sekitar 322.01 juta menit, atau naik sekitar 3.26 persen dibandingkan dengan trafik voice reguler hari biasa. Sedangkan trafik SMS meningkat menjadi  sekitar 709.43 Juta SMS, atau naik 1.65% dibandingkan trafik SMS reguler hari biasa. Sementara itu trafik data di hari H-3 meningkat menjadi sekitar 639.56 Terabyte/hari, atau naik 40.04% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Tarif Paket Data Berbasis Kuota Naik, Ini Kata Indosat

Tarif paket data berbasis kuota untuk pengguna Indosat terpantau mengalami kenaikan. Sebagai contoh, sebelumnya dengan hanya punya pulsa Rp29.000 pengguna IM3 sudah dapat menikmati layanan data dengan kuota bulanan 600 MB beserta bonus di dalamnya. Nah, sejak satu bulan terakhir, pengguna harus menyediakan pulsa setidaknya Rp34.900. Tidak hanya kenaikan tarif, paket data bulanan berbasis kuota juga terjadi perubahaan. Seperti untuk kuota bulanan Rp49.900 dengan kuota utama 1.5 GB (4.5GB plus bonus), terpantau mengalami perubahaan terutama dari bonus kuota yang bisa dinikmati pelanggan. Sebelumnya, pada jam sibuk, yakni jam 09.00 – 17.00 pelanggan dapat menikmati bonus kuota hingga 1.5GB, kini bonus tersebut dipangkas menjadi hanya 500 MB.

VENDOR

Samsung Masih Teratas dalam Pengiriman Smartphone di Q2 2015

TrendForce, sebuah biro riset pasar global baru-baru ini mengeluarkan laporan pengapalan smartphone untuk Q2 2015. Dalam laporan itu disebutkan pengapalan mencapai angka 304 juta unit atau tumbuh sekitar 1,9% dari kuartal sebelumnya. Samsung masih menjadi vendor teratas dalam hal pengiriman smartphone di kuartal kedua tahun ini, dengan berhasil memperoleh 26,8% pangsa pasar disusul Apple di tempat kedua dengan raihan pangsa pasar 16,4%. Secara berturut-turut, Huawei dengan pangsa pasar 7,6% berada di posisi ketiga, disusul Xiaomi dan LG yang masing-masing berada di posisi keempat dan kelima, dengan pangsa pasar 5,9% dan 5,8%.

Huawei Selipkan Fitur Buatan Sendiri di Smartphone Android Honor 4C

Huawei meluncurkan smartphone terbarunya, yaitu Huawei Honor 4C. Di antara beberapa fitur yang dibawanya, ternyata ada yang merupakan buatan Huawei sendiri, yakni prosesor Kirin 620 64 bit Octa Core 1.2 GHz plus 2G RAM. Huawei juga menyelipkan tampilan user interface (UI) buatan sendiri ke sistem operasi Android 4.4 di smartphone ini, yang disebut dengan EMUI 3.0. Karena UI ini beberapa tampilan ikon menu di smartphone memang terlihat beda dari kebanyakan. Termasuk dalam pengaturan susunan ikon menu tersebut. Huawei Honor dipasarkan dengan harga Rp2.299.000. Huawei juga memberikan garansi ganti baru jika ada kerusakan.

Harry K Nugraha, Country Manager Intel Indonesia.
Harry K Nugraha, Country Manager Intel Indonesia.

Evercoss Gandeng Intel Untuk Smartphone dan Tablet Terbarunya

Evercoss, salah satu brand ponsel lokal yang masih bertahan, kembali mencoba berkreasi pada lini produk smartphonenya. Kali ini yang dilakukan Evercoss  yakni berkaitan dengan spesifikasi prosesor yang akan diusungnya. Evercoss akan menggunakan prosesor buatan Intel. Kerja sama tersebut salah satu tujuannya yaitu untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin memerlukan internet untuk meningkatkan kreatifitas dan kinerjanya tanpa batasan waktu dan ruang.

Powerphone E1, Smartphone 4G Gak Sampe Sejuta

Ekosistem 4G LTE di Indonesia mulai terbentuk. Smartphone yang merupakan bagian dalam ekosistem ini yang semula harga selangit kini makin terjangkau. Powerphone E1 yang merupakan seri terbaru yang dipasarkan oleh Internux, pemilik merek dagang Bolt, cuma dibanderol Rp999.000. Meski sangat terjangkau, smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE ini mempunyai spesifikasi yang tak kalah handal. Berbekal sistem operasi Android Lolipop 5.0 Powerphone E1 dipersenjatai prosesor Qualcomm snapdragon empat ini 1,2Ghz dan RAM sebesar 1Gb. Smartphone terbaru ini juga dibundling dengan paket internet 20GB termasuk penggunaan berbagai aplikasi sosial media dan aplikasi chatting Whatsapp selama 60 hari.

Speedup StudioOne, Smartphone Dengan 2 Juta Konten Lokal

SpeedUp baru saja menghadirkan smartphone baru bernama StudioOne. Handset yang diklaim mengandung dua juta konten dan aplikasi gubahan pengembang Indonesia itu untuk saat ini hanya bisa ditemukan secara eksklusif di MNC TV Shopping Channel 88 dengan banderol Rp1,7 juta. Tapi selama masa promosi, SpeedUp melelangnya seharga Rp1,3 juta sampai akhir Juli 2015. Jutaan konten dan aplikasi karya anak bangsa, bisa diunduh melalui SpeedUp Studio serta kolaborasi dengan aplikasi dari Telkomsel Digital Lifestyle, yaitu Langit Musik dan Dunia Games. Konten yang dimaksud adalah berupa lagu, majalah, games, video, serta aplikasi karya anak bangsa. Tidak tertinggal aplikasi Dual BBM hadir pada smartphone ini.

Konsumsi Video di Ponsel Kuasai 60% Trafik Mobile Internet

Video bakal terus mendominasi kenaikan lalu lintas mobile data. Menurut analis riset Gartner, dari total persentase data usage keseluruhan, video diramalkan bakal menguasai 60 persen dari konsumsi trafik mobile di 2018. Naik 10 persen dari penggunaan video saat ini. Meningkatnya pertumbuhan konten video juga dibarengi oleh aplikasi-aplikasi online lainnya seperti iklan mobile dan konten berita, serta konten-konten di platform social media. Di saat yang bersamaan, pertumbuhan video streaming juga dipicu oleh meningkatnya akses kekonten dan layanan over-the-top (OTT), seperti yang disediakan YouTube dan penyedia OTT video lainnya. Sehubungan dengan kenaikan konsumsi video, Gartner memperkirakan trafik mobile data akan melesat lebih dari tiga kali lipat pada 2018 mencapai 173 juta terabyte.

E-COMMERCE

Blibli Funtastic 4
Blibli Funtastic 4

Belanja di BliBli.com Bisa Dititip dan Diambil di Sevel

Memanfaatkan tren pertumbuhan e-commerce, Blibli.com beserta NEX Logistics dan 7-Eleven (Sevel) bekerjasama membesut layanan NEX-KITA. Lewat layanan NEX-KITA, para konsumen Blibli.com dimungkinkan untuk mengirimkan dan menitipkan produk yang dibeli di loker-loker yang disediakan oleh NEX Logistics until diambil kemudian. Loker-loker NEX Logistics tersebut berdampingan dengan gerai 7-Eleven. Tidak hanya itu, konsumen juga dapat melakukan pembayaran at as pembelian yang dilakukan do outlet-outlet 7-Eleven melalui kiosk SEVELIN. Layanan NEX-KITA akan dapat dipilih dan dinikmati oleh konsumen mulai bulan October 2015. Pada tahap awal, NEX-KITA akan tersedia di 10 gerai NEX Logistics di 10 lokasi 7-Eleven yang ada di 5 wilayah DKI Jakarta.

Perkuat Layanan E-Commerce, Electronic City Kucurkan Dana Rp200 Miliar

Tren belanja online di Tanah Air tidak bisa dipungkiri membuat berbagai brand merubah strategi bisnisnya. Electronic City menjadi salah satu perusahaan yang kini ikut memanfaat ranah online dalam melancarkan roda bisnisnya. Kabar teranyar, perusahaan yang dikenal sebagai pemilik gerai aneka produk elektronik ini, akan semakin fokus dalam membangun toko online-nya. Electronik City telah menyiapkan dana yang tidak kecil, Rp200 miliar untuk mendukung rencana penguatan layanan e-commerce. Dana itu nantinya akan digunakan untuk memperkuat infrastruktur teknologi dan sumber daya manusia untuk memaksimalkan momen perbelanjaan online.

Android Seller Center, Mudahkan Proses Berjualan di Lazada

Guna memudahkan proses berjualan bagi brand dan penjual, Lazada menyediakan sebuah aplikasi yang disebut sebagai Android Seller Center. Platform online ini disediakan untuk penjual marketplace mengatur inventori, harga, promosi dan pesanan. Aplikasi ini menggabungkan semua fitur penting yang dirancang agar penjual dapat menjalankan bisnis mereka setiap saat. Sejak diluncurkan pada tahun 2013, platform marketplace Lazada telah memiliki 20.000 penjual yang memberi kontribusi sekitar 75% dari keseluruhan penjualan Lazada di Asia Tenggara.

EzyTravel Ketiban Untung Jadi Travel Agen Online

Aktifitas travelling di Indonesia mengalami peningkatan tajam beberapa tahun terakhir. Fenomena ini mendorong bisnis Online Travel Agent (OTA) semakin menjamur. EzyTravel.com, salah satu situs agen perjalanan online, mengaku terus mengalami peningkatan signifikan, mulai dari Januari sampai Juni tahun ini. Awal tahun 2015, EzyTravel.co.id mencatat ada pertumbuhan transaksi hingga 200 persen dari Januari dan Mei 2015. Sementara di bulan Juni atau tepatnya selama bulan Ramadhan 2015, jasa pemesanan ticket transportasi dan paket wisata ini menuai pencapaian gemilang. Tak tanggung-tanggung EzyTravel versi online ini mengalami kenaikan transaksi hingga 500 persen.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU