BerandaTipsMelamar Pekerjaan via Online, Hati-hati Dengan Perusahaan Fiktif

Melamar Pekerjaan via Online, Hati-hati Dengan Perusahaan Fiktif

-

Ilustrasi Mencari Pekerjaan Secara Online
Ilustrasi Mencari Pekerjaan Secara Online

Jakarta, Selular.ID – Pada era serba digital dan berbasis internet ini mencari pekerjaan bukan lagi hanya melalui halaman koran tetapi juga secara online. Lamaran pekerjaan via online dibagi lagi menjadi dua, yaitu lamaran pekerjaan yang menyantumkan alamat email untuk kemudian calon pekerja mengirim CV melalui email tersebut, atau dengan portal job misalnya Jobstreet, Jobsdb, Jobloker, dan sebagainya, di mana tinggal melamar pekerjaan yang tersedia dengan sebelumnya register dan melengkapi layanan pengisian resume terlebih dahulu. Saking mudahnya, tinggal klik dari smartphone pun bisa

Akan tetapi, dengan semakin maraknya penipuan mengatasnamakan perusahaan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, ada baiknya Anda berhati-hati saat melamar pekerjaan dengan selalu memastikan iklan lowongan tersebut sesuai dengan profil perusahaannya. Waspadalah jika Anda menemukan hal-hal di bawah ini :

1. Panggilan wawancara di lokasi yang tidak sesuai dengan iklan lowongan yang tertera dan meminta sejumlah uang dan informasi pribadi pada saat panggilan wawancara.

2. Untuk menghindari perusahaan fiktif, sebaiknya tidak mengirimkan lamaran/resume Anda secara langsung kepada alamat email pribadi yang tercantum pada iklan lowongan.

3. Sebelum menghadiri interview, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan ulang baik melalui mesin pencari (Google) atau sumber lainnya untuk memastikan bahwa panggilan interview tersebut memang berasal dari perusahaan/instansi yang resmi.

Artikel Terbaru