Apps

Line Sekarang Bisa Berbagi Lokasi

line here 2Jakarta, Selular.ID – Untuk lebih memaksimalkan layanan percakapan penggunanya, aplikasi pesan instan Line, baru saja menghadirkan sebuah layanan terbarunya, Line Here. Aplikasi anyar ini memungkinkan para penggunanya untuk saling berbagi lokasi secara real-time melalui smartphone mereka.

Dari keterangan resminya, para pengguna Line Here dapat memulainya dengan membentuk grup-grup (untuk berbagai lokasi) di dalam aplikasi ini, lalu kirim sebuah URL kepada orang orang-orang yang mereka inginkan untuk berbagi lokasi mereka melalui Line, Facebook, atau SMS.

Segera setelah si penerima mendapat undangan, mereka baru dapat melihat lokasi semua anggota kelompok itu yang ditampilkan sebagai ikon dengan panduan peta yang rinci. Ikon tersebut akan berubah posisi secara real-time saat mereka bergerak atau berpindah tempat, dan para anggota lain dapat saling melihat lokasi terkini mereka masing-masing.

Baca juga :  Pasca Bobolnya Data eHAC dan Jokowi, Pakar: Kalau Sudah Bocor ‘Berabe’ Urusan

Namun, para pengguna harus memverifikasi akun Line Here mereka dengan menggunakan aplikasi Line atau akun Facebook agar dapat menggunakan layanan ini. Line Here juga memberikan kemudahan untuk berbagi lokasi mereka dengan pengguna Line Here lainnya. Para pengguna dapat mengakses berbagi lokasi dalam grup jumlah banyak secara bersamaan dengan membuat dan mengirimkan URL-nya. Setiap grup dapat menampung hingga 200 orang.

Saat hendak bertemu dengan teman-teman, layanan tersebut dapat memberikan informasi setiap anggota grup di mana lokasi persis mereka berada tanpa perlu saling berkirim pesan tambahan. Aplikasi ini juga dapat membuat para pengguna mencari dan menentukan tempat-tempat yang sering mereka kunjungi seperti rumah, sekolah atau kantor mereka.

Baca juga :  Jangan Sampai Gelaran 5G Indonesia Hanya Menjadi ‘Karpet Merah’ Aplikasi Asing, Rugi!

Bahkan, para pengguna dapat memilih untuk menerima notifikasi dimanapun di saat anggota berbagi lokasi sedang berada di dekatnya atau saat mereka meninggalkan lokasi.Line Here dapat membuat penggunanya mengatur batas waktu berapa lama di setiap lokasi yang ingin diinformasikan di sebuah grup untuk melindungi privasi mereka.

Pengatur waktu dapat diatur tergantung dari seberapa lama si pembuat ingin para anggota grupnya menggunakan informasi tersebut.Para pengguna juga tidak perlu khawatir tentang kemungkinan berbagi lokasi secara tidak sengaja kepada penerima yang tidak diinginkan, karena mereka dapat memilih untuk menon-aktifkan informasi lokasi personal kapan pun mereka inginkan.

About the author

Yuni Riadi

Leave a Comment