Wednesday, July 17, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Lenovo S60: iPhone 6 Wannabe

Lenovo S60: iPhone 6 Wannabe

-

Lenovo-S60Memiliki beragam produk dengan varian yag banyak, lenovo kian agresif dalam memasarkan produknya di Indonesia. Setelah laris pada seri A, produsen asal Tiongkok juga meluncurkan seri S60 yang masuk dikelas menengah. Bagaimana kemampuannya?

[quote_box_center]Kelebihan
– Desain kompak
– Kinerja mumpuni untuk gaming
– Hasil kamera bagus

Kekurangan
– Mirip iPhone 6[/quote_box_center]

 

Desain
Lenovo S60 memiliki desain yang tipis, kompa dan sederhana. Dibuat dengan material Bodi plastik dengan finishing mate, S60 memiliki tekstur yang kesat pada bagian belakang. Hal ini memberikan keuntungan agar smartphone tidak akan mudah tergelincir jika Anda menggenggamnya.

Lenovo-S60-side1-displayONMemiliki desain yang mirip dengan iPhone 5c pada bagian depan, Lenovo S60 memiliki desain minimalis dan simple. Pada bagian depan terdapat kamera berukuran 5 MP, speaker ear-piece, dan juga sensor proximity, dibagian atas layar. Pada bagian bawahnya, handset ini memiliki tombol sentuh opsi, tombol home, dan juga tombol back sentuhan. Melihat pada bagian belakang, Lenovo S60 memiliki kamera utama berukuran 13 MP lengkap dengan LED flash. Selebihnya, pada bagian belakang polos.

Melihat disisi kanannya terdapat tombol kontrol volume, dan dibawah tombol tersebut tersedia tombol lock/power. Bagian kirinya, terdapat satu buah slot untuk meletakkan SIMcard yang berukuran Micro dan Nano, serta dibawahnya terdapat slot untuk meletakkan microSD card.

Sisi atas hanya terdapat slot untuk jack audio 3.5mm dan lubang kecil yang berfungsi sebagai mikrofon. Sedangkan dibagian bawahnya smartphone, Lenovo S60 menyediakan sebuah port USB dan dua buah loudspeaker.

Lenovo S60 memiliki layar jenis IPS capacitive touchscreen dengan luas 5 inci dan resolusi 720 x 1280 pixels. Dengan kerapatan warna hingga 294 ppi, tampilan Lenovo S6 cukup nyaman digunakan. Sayangnya smartphone ini belum memiliki perlindungan Corning Gorilla Glass maupun Dragontrail Glass pada layar. Namun bgitu pengguna tidak usah khawatir karena, Lenovo telah menyediakan screen protector pada paket penjualannya.

Vibe UI 2.0
Lenovo menyediakan proteksi dengan memerikan case pada cover belakangnya di paket penjualannya. Kesan pertama menggenggam Lenovo S60, terbilang nyaman dan cukup terasa kesan premiumnya.

interface Menjalankan sistem operasi Android 5.02 Lollipop, Lenovo S60 masih dilapisi dengan interface Vibe UI 2.0. pada bagi layar unlock, Lenovo S60 menampilkan tampilan waktu dengan tiga shortcut (dialer, message, dan kamera). Untuk membuka layar lock screen, pengguna dapat men-swipe dari bawah keatas.

Setelah unlock terbula, smartphone akan menampilkan kebagian homescreen. Secara default homescreen menampilkan 3 panel, pael ini akan bertambah sesuai bertambahnya aplikasi didaamnya. Namun begitu peggunahanya dapat membuat 16 buah panel halaman maksimal. Tidak memiliki halaman app drawer, halaman homescreen juga berfungsi sebagai menu utama.

Area notifikasi akan menampilkan barisan ikon koneksi seperti Wifi, Data Connection, Profile, Sleep, GPS, dan lainnya. Saat ada men-swipenya sekali lagi terdapat pengaturan kecerahan dan opsi auto-brightness.

Knock to light
Lenovo benamkan fitur Knock to light, fitur ini dibuat untuk mengaktifkan smartphone dengan mengetukkan jari dua kali ketika dalam keadaan terkunci dan layar mati. Ada juga fitur Shake lock, fitur ini berfungsi untuk mengunci smartphone dengan menggoyangkan smartphone dari kanan kekiri atau sebaliknya.

FiturFitur lainnya masih ada Volume key backlight, fitur ini akan menyalakan smartphone ketika terkunci dan layar mati dengan menggunakan tombol volume up dan down. Serta ada juga Smart scene, fitur ini dapat mengatur segala mengaturan sesuai waktu tidur, makan siang, pergi kekantor, atau kesekolah. Dan terakhr masih ada Wide touch, yang dapat digunakan untuk menapilkan menampilkan panel yang berisikan beberapa shortcut.

Tidak hanya memiliki fitur yang banyak, Lenovo juga dibekai aplikasi yang terbilang banyak. Sebut saja Asphalt 8, Chrome, Dolby, Drive, Evernote, Facebook, File Browser, GalleryGamestore, Google App, Google Play Books, Google Newsstand, Google Play Service, Google Play Store, Google Text-to-speech Engine, Google+, Green Farm 3, Guvera, Hangouts, Maps, Music, Navigate, Real Football 2015, SCOOP, SHAREit, Skype, Spider-Man: Ultimate Power, Tap the Frog HD, UC Browser, WeChat, dan Youtube.

Kinerja
Untuk menjaankan OS dan aplikasi didalamnya, Lenovo telah menghadirkan spesifikasi yang cukup tinggi pada smartphone ini. Hampir mirip dengan A6000, S60 memiliki kelebiha pada kemampuan gaming. Karena pada saat kami gunakan untuk bermain game Lenovo S60 mampu menjalankannya dengan ancar tanpa masalah. Game seperti Asphalt 8 : Airborne, tidak masaah. Apalagi game kecil seperti Subway Surf.

Untuk kemampuan daya smearpone ini memang tidak memiliki daya baterai yang tidak terlalu besar. Hanya memiliki kekuatan baterai berkapasitas 2150 mAh, namun begitu daya tahan Lenovo S60 masih dapat bertahan lebih dari satu hari, bahkan tidak dapat bertahan lebih dari 12 jam pemakaian normal.

Kamera
Beralih pada fitur kamera, Lenovo sudah membenamkan kamera utama 13 MP. Didalamnya tersedia tiga mode Normal, Panorama, dan juga Effects. Fitur lain yang bisa Anda temukan ada juga terdapat HDR, pengaturan White Balance, Scene Mode, pengaturan ISO, Guidelines, Image Properties, dan Metering Method.

Tidak hanya kamera utama, pada kamera depan pengguna akan diakomodasi melalui kamera 5 MP. Kamera ini sangat bagus untuk memotret selfie, karena didalamnya tersedia Beautify. Sedangkan fitur lain yang dapa membantu masih ada timer, Tap, Voice, dan juga handsign. Pengaturan lain masih ada fill light, aspect ratio, photo mirror, dan juga video resolution.

Multimedia
Bergeser ke fitur multimedia, Lenovo S60 menyediakan dua pemutar music, Google Play Music dan Guvera Music. Seperti biasa pada Google Play Music, file akan terkategorikan dalam empat kategori yaitu Genres, Artist, Albums, dan juga Songs. Sedangkan untuk Guvera Music merupakan aplikasi musik streaming. Untuk meggunakannya pengguna harus memiliki akun sendiri.

Smart-scene,Sedangkan untuk memutar video selain dari galery, Lenovo pun memliki aplikasi bawaan, yakni Videos. Aplikasi ini memmbawa fitur seperti caputre frame, dan multi window.

Konektivitas
Untuk koneksi data, Lenovo S60 menyediakan jaringan 4G LTE yang memiliki kecepatan download hingga 150 Mbps. Untuk internetan pengguna juga dapat menggunakan WiFi 802.11 b/g/n, WiFi hotspot.

Untuk browsing Lenovo S60 membekali diri dengan dua aplikasi UC Browser dan Google Chrome. Dengan kedua browser ini, Anda dapat berselancar didunia maya dengan nyaman.
Selain it masih ada koneksi lainnya seperti GPS dengan dukungan A-GPS. Sedangkan mentransfer data tersedia Bluetooth, dan kabel data MicroUSB.

Latest