Friday, October 23, 2020
Home News Enterprise Indosat Sukses Uji Coba eSIM untuk Perangkat M2M Lintas Negara

Indosat Sukses Uji Coba eSIM untuk Perangkat M2M Lintas Negara

-

indosat-m2mJakarta, Selular.ID – Bersama DoCoMo, Indosat sukses melakukan uji coba layanan M2M lintas negara menggunaakan perangkat eSIM komersial milik DoCoMo. Dengan suksesnya uji coba tersebut, secara teknis aktivasi SIM Card jarak jauh secara remote dapat bekerja dengan baik. Alhasil, koneksi dan pertukaran profil SIM Card antara dua platform M2M yang berbeda milik dua operator yang berbeda di negara yang berbeda dapat dilakukan. Pada akhirnya solusi M2M ini bisa dilakukan antarnegara secara borderless.

Hendra Sumiarsa, Division Head M2M Solutions Indosat, dalam keterangan resminya mengatakan bahwa teknologi eSIM memungkinkan pelanggan manufaktur multinasional seperti produsen otomotif, perusahaan elektronik (consumer electronics) dan produsen perangkat-perangkat industri untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggannya.

Contoh yang sederhana, lanjut Hendra, adalah manfaat eSIM bagi importer kendaraan atau ATPM. Beberapa merek kendaraan built-up sudah dilengkap eSIM sehingga ATPM dapat memberikan layanan nilai tambahh bagi pelanggannya dengan fitur seperti nonitifikasi waktu kapan perawat rutin termasuk dimungkinkannya notifikasi perangkat kendaraan yang harus diganti.

“Dengan contoh itu saja, pemilik kendaraan mendapatkan layanan yang jauh lebih cepat karena permasalahan sudah dikirimkan dengan eSIM. Tidak ada peralatan tambahan, tidak ada instalasi yang merepotkan,” tandas Hendra, di sela-sela acara Demo eSIM di ajang Asia iOT/M2M Business Platform yang digelar di Jakarta.

Sementara itu, Mirela Juravle, selaku Division Head M2M Project Indosat, mengatakan eSIM adalah teknologi inovatif terbaru yang memungkinkan operator seluler bersama importir atau produsen lokal untuk memberikan layanan nilai tambah kepada para pelanggannya.

“Indosat bangga menjadi yang pertama melakukan ujia kelayanan eSIM di Asia Tenggara dan berkomitmen untuk terus menghadirkan produk dan layanan M2M yang fleksibel; mulai dari konektivitas M2M, M2M berbasis platform (managed connectivity) didukung oleh Ericsson, sampai dengan solusi total M2M,” lanjut Mirela.

Dalam penerapannya nanti, eSIM akan ditanamkan ke dalam perangkat M2M pada saat peralatan atau mesin masih dalam proses pabrikasi. Aktivasi eSIM akan dilakukan secara jarak jauh dengan profil berlangganan M2M yang dipilih yang tersedia pada operator lokal yang dipilih di mana perangkat akan digelar dan digunakan.

Latest