Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Trafik Data Smartfren Naik 15 Persen Selama Periode Lebaran

BACA JUGA

image
Roberto Saputra, Direktur Smartfren

Jakarta, Selular.ID – Smartfren mengaku telah sukses melayani pelanggannya selama periode puncak Idul Fitri 2015 berkat kesiapan seluruh jaringan yang telah ditingkatkan baik kapasitas maupun kualitasnya, termasuk untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan trafik telekomunikasi seperti masa Mudik Lebaran saat ini.

Secara nasional kenaikan trafik terjadi di tiga  hari periode Idul Fitri (16, 17 dan 18 Juli). Untuk trafik penggunaan data meningkat sekitar 10 – 15 persen dari trafik di hari-hari biasa. Sementara untuk layanan SMS naik sekitar 14 persen. Sementara untuk layanan panggilan suara lonjakan panggilan meningkat sekitar 40 – 50 persen di kota-kota tujuan mudik di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta.  

Seperti diketahui, sebelum memasuki Bulan Ramadhan, Smartfren telah mengoptimalkan infrastruktur pada high traffic area, kapasitas jaringan ditingkatkan hingga 40%, sementara availability dan reability jaringan dimaksimalkan hingga level 99,85.
Keberhasilan Jaringan Smartfren melayani pelanggan dengan baik selama masa Lebaran 2015 menurut Roberto Saputra, Direktur Smartfren tidak terlepas dari pengaktifan tujuh regional offices di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang. Ketujuh regional offices tersebut telah beroperasi 24 x 7 selama liburan Lebaran.

Kesiapan Smartfren di puncak Lebaran 2015 diperkuat 800 staf yang dilengkapi kendaraan operasional dan siap bergerak kapan saja diperlukan bila terjadi gangguan jaringan. Perangkat yang dikerahkan untuk kesiapan jaringan mencakup lebih dari 120 EMS (Equipment Management Systems) yang dioperasikan di semua regional offices. Untuk kendali operasional penanganan jaringan, secara keseluruhan ditangani oleh NOC  (Network Operations Center) yang ada di Jakarta dan Surabaya.

”Kami berterima kasih atas kesetiaan pelanggan Smartfren yang terus menggunakan layanan kami dan tetap dapat berkomunikasi dengan nyaman selama masa Lebaran 2015 ini. Menjadi komitmen kami untuk terus memberikan pelanggan terbaik dalam menikmati layanan dalam situasi apapun, termasuk saat terjadinya lonjakan trafik telekomunikasi pada puncak Lebaran,” katanya.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU