Friday, April 26, 2019
Home News Meski Dimaklumi, Menkominfo Minta Telkomsel Turunkan Tarif Internetnya

Meski Dimaklumi, Menkominfo Minta Telkomsel Turunkan Tarif Internetnya

-

DSC_0019Jakarta, Selular.ID – Dalam penerapan tarif layanan internetnya Telkomsel memberlakukan sistem zona yang terbagi ke dalam 12 zona. Perbedaan tarif antar zona yang ada dinilai terlalu mahal, Telkomsel mengenakan tarif yang selisihnya hampir 100 persen antara zona 1 (sebagian besar pulau Jawa) dengan zona 12 yang mencakup wilayah Papua.

Telkomsel dalam pernyataan resminya menyampaikan bahwa perbedaan tarif yang dibagi berdasarkan zona tersebut dikarenakan penggelaran jaringan Telkomsel ke berbagai daerah di Indonesia memiliki besaran biaya yang berbeda-beda, akibat dari berbedanya tingkat kesulitan dan komponen biaya lainnya yang dibutuhkan untuk menggelar infrastruktur jaringan di lokasi tersebut.

“Berdasarkan hal tersebut, maka Telkomsel menerapkan pembagian tarif data berdasarkan zona sesuai dengan besaran biaya yang dibutuhkan untuk penggelaran jaringan di suatu lokasi,” jelas Adita Irawati, VP Corporate Communications Telkomsel.

Lebih lanjut Adita menambahkan bahwa bahwa komponen penggelaran jaringan, seperti 3G maupun 4G tidak hanya meliputi biaya pembangunan BTS, namun juga biaya pemeliharaan sehari-hari, dimana biaya ini cukup tinggi di bagian Timur Indonesia seperti di Papua.

Rudiantara, Menkominfo RI juga memaklumi langkah yang diambil Telkomsel sebagai sebuah strategi bisnis yang diterapkan oleh operator. Biaya operasional yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara infrastruktur yang dimiliki operator di tiap wilayah memang beda-beda, cuma saja disparitas tarifnya tiap zona jangan terlalu tinggi,” kata Rudiantara di acara Halal Bihalal Komunitas Telko dan Media di Kantor Pusat Indosat, Jakarta (29/7/2015).

Oleh karena itu menteri yang biasa disapa Chief RA ini juga mengaku telah meminta Telkomsel untuk menurunkan tarif layanan internetnya. Sayangnya Rudiantara tidak menyebutkan berapa banyak penurunan harga yang harus dilakukan oleh anak usaha Telkom ini.

“Bisa ditanyakan ke Telkomsel berapa mereka mau turunkan tarifnya. Biar mereka sendiri yang hitung dulu, saya belum bisa bilang berapa seharusnya angka yang bisa ditarifkan untuk layanan mereka,” pungkasnya saat didesak soal angka ideal disparitas yang mungkin diterapkan Telkomsel.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest