Indosat Klaim Mampu Memuaskan Pelanggannya Selama Masa Mudik Lebaran

Ilustrasi5Jakarta, Selular.ID –  Setelah masa lebaran, para operator mencoba mengevaluasi kinerja jaringannya dalam menangani lonjakan trafik telekomunikasi pada saat hari-H. Termasuk Indosat yang mengklaim pelanggannya bisa berkomunikasi dengan nyaman saat hari Lebaran.

 

Secara lebih rinci Indosat melaporkan trafik SMS di hari H meningkat menjadi  sekitar 941.93 Juta SMS, atau naik 34.96% dibandingkan trafik SMS reguler hari biasa. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari  94.60% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat. Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar  92.67% walau terjadi  kepadatan jalur pengiriman antar operator. Kenaikan trafik SMS tertinggi terjadi di kota/wilayah Sumatera Utara (146.69%), Kalimantan (89.55%), dan Sumatera Selatan (86.17%). Sementara itu trafik data di hari H meningkat menjadi sekitar  596.46 Terabyte/hari, atau naik 30.60%, dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

 

Apabila diperbandingkan dengan kondisi hari H Lebaran tahun 2014, maka trafik SMS hari H tahun 2015 naik 44.43% dibandingkan trafik SMS pada hari H tahun 2014. Dan trafik komunikasi data meningkat 232.36% dibanding trafik tahun lalu.

 

Khusus dari sisi kapasitas jaringan menghadapi Mudik Lebaran ini, kapasitas seluruh layanan selular baik suara (voice), SMS maupun data, ditingkatkan sesuai dengan prediksi dan potensi kenaikan yang akan terjadi. Untuk layanan suara (voice) dinaikkan kapasitasnya menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk layanan SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,28 Miliar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas data menjadi 2.081 TeraByte/hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 66,5 juta pelanggan Indosat yang didukung dengan total BTS 40.756 secara nasional.

 

Kesiapan Jaringan Selular Indosat untuk masa Mudik Lebaran 2015 tidak terlepas dari Program Modernisasi Jaringan yang telah dilakukan di berbagai kota di seluruh Indonesia, termasuk kota-kota tujuan mudik baik di Jawa maupun Luar Jawa.

 

Termasuk pengoperasioan fasilitas baru dari indosat Network Operation Center (i-NOC), sebagai pusat pemantauan performansi jaringan Indosat secara nasional.Peresmian fasilitas baru dari i-NOC ini pada 9 Juni 2015 lalu, juga merupakan bagian dari kesiapan jaringan Indosat, terutama dari sisi pengendalian jaringan, untuk mendukung dan memastikan komunikasi pelanggan selama masa Mudik Lebaran 2015 berlangsung dengan lancar dan nyaman.

 

i-NOC berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat Core, Radio, Transmisi Backbone dan Access Network dari  40.756 BTS Indosat di seluruh wilayah Indonesia.