Tumblr TV, Fitur Pencari GIF di Tumblr

Tumblr-TVJakarta, Selular.ID – Bagi pengguna Tumblr, pasti tahu kalau blog sosmed itu kaya akan konten GIF, yakni sebuah format gambar yang dianimasikan, sehingga tampak seperti video, tapi dalam waktu yang sangat singkat. Nah, setelah meluncurkan mesin pencari GIF awal bulan Juni, Tumblr kembali meluncurkan fitur baru, yang dinamakan Tumblr TV, yakni tools yang akan memudahkan pengguna untuk mencari dan berbagi konten GIF.

Bedanya, kalau mesin pencari GIF mengharuskan pengguna untuk log-in terlebih dahulu, sementara Tumblr TV tersedia untuk siapa saja, bahkan jika mereka tidak memiliki account Tumblr. Perusahaan mengatakan bahwa Tumblr TV merupakan upaya lanjutan untuk memperluas akses ke salah satu fitur Tumblr paling populer, GIF.

Dilansir Selular.ID dari TechCrunch.com (25/6/2015), Bill Eager, Tumblr Product Engineer, mengatakan bahwa GIF merupakan fitur utama Tumblr, dan perusahaan selalu memikirkan cara yang berbeda untuk menyajikan media populer ke permukaan. “Terdapat konten GIF dengan jumlah yang luar biasa di Tumblr dan layak dilihat. Dan kami ingin menciptakan cara mudah untuk menyajikan GIF langsung ke pengguna tanpa gangguan apapun,” ujarnya.

Tumblr TV akan membantu pengguna dalam menemukan gambar animasi di Tumblr dengan modus layar penuh. Istilah TV mengacu pada antarmuka yang menawarkan kontrol pemutar, seperti play, pause, forward dan backward.

Cara menggunakan layanan baru tersebut bisa langsung mengunjungi Tumblr TV di URL tumblr.com/tv , yang defaultnya menunjukkan aneka GIF yang tengah tren di seluruh layanan.

Seperti halnya pencarian GIF, Tumblr TV memuat berbagai koleksi GIF yang sudah mendarat di Tumblr. Dikatakan, saat ini terdapat lebih dari 239 juta blog, dengan lebih dari 80 juta posting baru setiap hari. Sampai sekarang sudah ada lebih dari 112 miliar posting di Tumblr, dan banyak di antaranya berupa GIF. Sehingga menjadikan database Tumblr cukup besar untuk memulai layanan pencarian GIF-nya.

Untuk sekarang, Tumblr TV hanya tersedia di web desktop, tapi perusahaan tengah mencari cara untuk memasukkan fitur ini ke ponsel.