Apps News

Avast SecureMe, Amankan Data Pribadi untuk Android dan iOS

avast-secure-meJakarta, Selular.ID – Avast Software, pengembang aplikasi keamanan, memperkenalkan Avast SecureMe hari ini (03/06) di Jakarta .

Avast SecureMe merupakan aplikasi yang ditujukan bagi pengguna perangkat iOS dan Android yang diklaim pertama di dunia yang berguna untuk melindungi data pribadi dan perangkat saat terhubung ke jaringan Wi-Fi. Singkatnya, Avast SecureMe akan menciptakan koneksi aman.

CEO Avast, Vince Steckler, mengatakan bahwa Wi-Fi publik dan router yang tidak berpengaman telah menjadi sasaran hacker, sehingga menjadi resiko baru bagi smartphone dan tablet, bahkan perangkat iOS juga tidak sepenuhnya aman.

“Avast SecureMe menawarkan pengguna solusi yang mudah dengan satu sentuhan untuk memilih jaringan aman untuk melindungi diri mereka dari ancaman pencurian data pribadi,” tandas Vince lagi.

Seperti diungkap Ondrej VIcek, Chief Operation Officer Avast, berdasarkan hasil pengamatan perusahaan itu dari 2635 hotspot di Jakarta, ditemukan setidaknya ada 38,7% Wi-Fi  hotspot di Jakarta terbuka, 20,2% router masih terinskripsi dengan lemah, serta 40,0% dari trafik web di Jakarta berjalan di atas situs HTTP yang tidak terenkripsi.

Baca juga :  Jelang HUT Kelima, Mobile Legends: Bang Bang Siapkan Hero dan Skin Baru

Menggunakan Wi-Fi di area public memang telah menjadi gaya hidup. Namun, jika mengacu pada hasil monitoring Avast di atas, resiko yang besar terhadap keamanan data pribadi sejatinya tengah mengintai. Sebagai contoh, router yang tidak berpengaman disinyalir rentan terhadap pembajakan DNS, yakni ketika para penjahat siber mengalihkan traffic internet ke situs palsu. Sementara pada Wi-Fi yang tidak berpengaman, pencuri dapat dengan mudah melihat email, browsing history, dan data pribadi jika pengguna tidak menggunakan koneksi yang aman atau terenkripsi seperti virtual private network (VPN).

Dalam memberikan perlindungan kepada penggunanya, Avast SecureMe meliputi Wi-Fi Security, yang akan memindai koneksi Wi-Fi dan memberitahu pengguna terkait adanya isu-isu keamanan. Tak hanya itu, ancaman dan risiko yang dipindai Avast SecureMe juga termasuk router dengan password yang lemah, jaringan nirkabel yang tidak berpengaman, dan router yang rawan dieksploitasi oleh hacker. Dengan demikian, Avast SecureMe akan membantu pengguna untuk membuat keputusan yang lebih baik ketika memilih koneksi Wi-Fi.

Baca juga :  Pengguna HarmonyOS 2 Tembus 70 Juta

Avast SecureMe akan tercakup dalam aplikasi Avast Mobile Security untuk Android dan tersedia melalui Google Play. Sementara Avast SecureMe untuk iOS akan tersedia di Indonesia melalui iTunes Store pada kuartal ketiga 2015.

About the author

selular

Leave a Comment