
Jakarta, Selular.ID – Di Amerika Serikat, ada event tahunan yang sangat populer di kalangan anak muda kreatif yaitu South by Southwest Festival atau lebih dikenal SXSW. Ajang ini menghadirkan film, interaktif, festival musik dan konferensi di satu tempat dan biasanya digelar tiap pertengahan Maret di Austin, Texas. Terinspirasi dari event kreatif tersebut, konsultan komunikasi Brighter menggelar ajang serupa di Indonesia dengan label YXZ yang merupakan singkatan dari Youth Xperience Zone.
Febriati Nadira, Praktisi PR (Public Relations) dan Digital PR Activist, yang merupakan salah satu penggagas acara YXZ mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan untuk dapat menjadi ikon anak muda yang berciri Indonesia. “Melalui YXZ kami ingin anak muda Indonesia, yang kelak menjadi pilar bangsa di masa depan, mendapatkan dan mencerna berbagai kisah serta pengalaman para pelaku industri kreatif, baik dari industri film, musik, hiburan, hingga inovasi teknologi, sebagai inspirasi untuk membangun masa depan yang lebih baik,” ujar wanita yang pernah menjabat sebagai Head of Corporate Communication di XL Axiata ini.
Wanita yang akrab dipanggil Ira ini mengutip data bahwa saat ini tidak kurang dari 28% populasi penduduk Indonesia, atau sekitar 64 juta orang, merupakan generasi muda dengan rentang usia 15-29 tahun. Menurutnya, generasi ini yang nantinya akan memainkan peran besar dalam menciptakan ekosistem yang inovatif dan kreatif. Melalui program Nawa Cita, pemerintah pun telah berkomitmen untuk mendorong inovasi teknologi lokal, yang dapat bersaing dengan negara-negara maju.
Untuk menggaet anak muda yang kebanyakan berstatus mahasiswa, acara YXZ dikemas dengan inspiratif, memikat, dan full of fun, dalam 3 (tiga) rangkaian program yaitu Youth Seminar, Youth Workshop, dan Youth Fun Party. Selain itu, di acara ini juga dihadirkan beberapa Startup yang akan menampilkan karya terbaik mereka untuk menginspirasi anak muda. Serentetan program kreatif ini disiapkan selama 10 jam nonstop, dari pukul 13:00 WIB hingga 23:00 WIB di Balai Kartini Jakarta pada tanggal 22 Mei yang lalu.
Nama-nama besar dan mentereng di tiap-tiap industri pun sengaja dilibatkan untuk berbagi pengalaman, berdasarkan dua minat: Innovation dan Art. Sebut saja visioner bisnis digital Onno W Purbo yang akrab disapa Kang Onno, sosok penulis wanita yang juga merintis sejumlah startup local yaitu Ollie, serta Kevin Aprilio, musisi muda, produser, sekaligus pencipta lagu berbakat yang juga merupakan pianis dari grup musik Vierratale. Ketiganya akan buka-bukaan, berbagi tips dan ilmu dalam Youth Seminar.
Setelah mendapat bekal ilmu dan wawasan, para peserta akan dibuat lebih aktif terlibat dalam sebuah Youth Workshop. Di sesi Innovation, para peserta akan didorong untuk lebih proaktif dalam mengambil keputusan, seperti menangkap peluang bisnis, menciptakan karakter startup, hingga mempelajari etika serta hak cipta. Andi S Boediman, Managing Partner Ideosource, akan memandu selaku workshop director.
Di sesi Art, sutradara ternama Hanung Bramantyo akan berbagi ilmunya pada peserta seputar visualisasi dalam industri digital dan monetisasi industri visual, serta Giring ‘Nidji’ yang akan mengajak para peserta agar lebih jeli dan kreatif dalam upaya komersialiasi musik, serta berperang melawan pembajakan konten sebagai pelanggaran hak cipta. Setelah melewatai rangkaian acara seminar dan workshop, para peserta akan dihibur dengan berbagai acara musik, dance, mask party, serta standup comedy. Grup musikNidji, Cak Lontong, DJ Flow Downie, DJ Nilam Puspita, serta Angels Percussions siap menyemarakkan Youth Fun Party. Selanjutnya, penyelenggara dan para stakeholders yang terlibat siap menghadirkan Yxz sebagai event tahunan dengan format acara yang lebih advance dan menarik.