image

Jakarta, Selular.ID – Sebagai satu-satunya BUMN telekomunikasi, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mewujudkan komitmennya  menghadirkan jaringan infrastruktur fiber optik yang membentang dari Sabang sampai Merauk dengan pembangunan kabel serat optik Luwuk Tutuyan Cable System (LTCS) sepanjang 345 km yang menghubungkan Sulawesi Timur dan Sulawesi Utara.

Pembangunan Luwuk Tutuyan Cable System ini menurut Abdus Somad Arief, Direktur Network Telkom merupakan bagian dari Indonesia Digital Network yang menghubungkan seluruh Indonesia dengan jaringan infrastruktur serat kabel optik.

Lebih lanjut Abdus Somad Arief menyampaikan pembangunan jaringan kabel optik bawah laut LTCS tersebut dilaksanakan oleh PT Sarana Global Indonesia dan direncanakan rampung pada pertengahan Juni 2015 ini. Diharapkan jaringan komunikasi berjalan lebih lancar, dan membantu masyarakat untuk melakukan komunikasi secara cepat. “Telkom akan mengupayakan seluruh pembangunan jaringan optik selesai tepat waktu, sehingga pada tahun 2015 ini akses jaringan komunikasi sudah berjalan lebih baik,” terang ASA saat mendampingi Rudiantara, Menkominfo RI yang meninjau kegiatan cable loading Luwuk Tutuyan Cable System di Makassar, Minggu (3/5).

Hingga saat ini, dijelaskan ASA Telkom telah membangun infrastruktur kabel serat optik sepanjang 76,700 km dari Aceh hingga Papua termasuk Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) yang direncanakan akan diresmikan pada awal Mei 2015. “Proyek SMPCS kami pastikan tuntas dan beroperasi Mei ini. Dari situ, layanan Triple Play IndiHome bisa langsung digelar di Kawasan Timur Indonesia (KTI),” ungkap Abdus Somad Arief.

Diharapkan pembangunan ini juga akan memberikan dampak positif untuk pemerataan akses komunikasi dan informasi broadband, dengan kualitas yang sama sehingga perekonomian berbasis digital pun bisa dilakukan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. (bda)