Hugo Barra, VP International Xiaomi, saat peluncuran Redmi 2 dan Mi Pad (1/4/2015)
Hugo Barra, VP International Xiaomi, saat peluncuran Redmi 2 dan Mi Pad (1/4/2015)
Hugo Barra, VP International Xiaomi (Foto: Nisa/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Xiaomi resmi mengenalkan Redmi 2 dan Mi Pad untuk konsumen Indonesia. Pekan depan, tepatnya 8 April 2015, kedua produk baru itu mulai dijajakan dengan harga Rp1.599.000 dan Rp2.999.000, melalui situs online Lazada.

Hugo Barra, VP International Xiaomi mengatakan sebagai penerus Redmi 1S, Redmi 2 mengusung beragam peningkatan. Mulai dari desain yang lebih tipis, prosesor lebih cepat Snapdragon 410 64-bit, display resolusi HD, kualitas kamera, dan kapasitas baterai yang lebih besar.

Namun di antara semua peningkatan itu, Hugo mengaku bahwa fitur favoritnya adalah kemampuan Dual SIM Card. Ya, sama dengan Redmi 1S, Redmi 2 mengusung dua kartu GSM yang bisa aktif bersamaan. Tapi kali ini keduanya mampu beroperasi di jaringan 4G. Sehingga pengguna tidak perlu memindahkan kartu untuk berinternet dengan kartu lainnya.

Terlebih dari itu, saat melakukan panggilan, di layar akan tertera nama operator, bukan hanya ikon SIM 1 atau SIM 2. Dengan begitu, menurut Hugo, akan lebih memudahkan pengguna tanpa harus mengingat kartu apa yang ada di slot SIM 1 atau SIM 2.

Komponen favorit kedua Hugo adalah bagian layar. Sama dengan Redmi 1S, penerusnya menampilkan layar berdiagonal 4,7 inci. Perbedaannya, kali ini Xiaomi menyajikan fully laminated display. Sehingga tidak ada gap, yang biasanya menimbulkan suara berdecit saat layar ditekan. Juga, layar telah dilindungi AGC Dragontail Glass, yang berfungsi sama dengan Gorilla Glass, menangkis layar dari goresan benda tumpul.

Sektor kamera tidak luput dari fungsi favorit Hugo. Resolusi kamera Redmi 1S yang 5MP ditingkatkan menjadi kamera 8MP BSI f/2.2 pada Redmi 2. Menu favorit HDR juga diakui Hugo semakin ditingkatkan. Kamera depan 2MP memiliki fitur yang disebut Beautify, menyajikan 36 filter yang akan mencerahkan foto selfie pengguna. Tidak kalah dengan kamera utama, kamera depan juga bisa merekam video kualitas HD 720p.

Untuk spesifikasi lainnya, Redmi 2 mengusung prosesor quad-core 1.2GHz Snapdragon 410, OS Android 4.4 KitKat, tampilan layar versi anyar MIUI 6, memori internal 8GB, RAM 1GB, dan baterai 2200mAh. (bda)