Ilustrasi Sharp 4K, (credit: geeksnack.com)
Ilustrasi Sharp 4K, (credit: geeksnack.com)
Ilustrasi Sharp 4K, (credit: geeksnack.com)

Jepang, Selular.ID – Produsen elektronik asal Jepang, Sharp, akan membuat panel layar smartphone dengan resolusi fantastis, 4K atau Ultra HD. Teknologi 4K ini akan menghasilkan resolusi sebesar 2.160 x 3.840 pixels, dengan tingkat density mencapai 806 ppi. Resolusi besar tersebut bakal ditanamkan pada layar seluas 5.5 inchi.

Dengan 806 ppi, Sharp telah menorehkan rekor kepadatan pixel tertinggi yang pernah ditemukan pada ponsel layar kecil. Bahkan pada tablet sekalipun.

Angka kepadatan pixel itu jauh melampaui jumlah pixels per inch (ppi) pada smartphone premium yang telah beredar sampai saat ini, yang hanya mencapai sekitar 400-an ppi. Resolusi tinggi dan density 806 ppi pada dasarnya ditujukan untuk membuat layar televisi.

Layar smartphone 4K buatan Sharp ini berasal dari modul IGZO yang mengadopsi sebuah pixel RGB berukuran mungil 10.5 mikrometer persegi dan disinyalir memiliki konsumsi daya yang rendah.

Sharp berencana memproduksi panel layar tersebut pada 2016, dan bakal diedarkan lebih dulu di pasar Tiongkok. Selain Sharp, Samsung juga berencana membuat perangkat penerus Galaxy Note 4 dengan resolusi layar 4K serta display super AMOLED.

Baca juga :  Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro Bakal Didukung MediaTek Dimensity dan Qualcomm Snapdragon SoCs
Berita sebelumyaTambah Ritel Baru, Trikomsel Gandeng SCM Group
Berita berikutnyaGeliat Industri Aplikasi Lokal Untungkan Pasar Amerika