
Jakarta, Selular.ID – Dalam 10 tahun terakhir ini, Internet di Indonesia berkembang sangat pesat. Mengutip statistik dari Jasa Internet Indonesia (APJII), sampai akhir tahun 2014, pengguna aktif internet mencapai 88,1 juta jiwa. Uniknya, hampir setengah dari total jumlah pengguna internet di Indonesia (49%), berada di rentang usia 18-25 tahun. Mereka ini yang masuk ke dalam kategori digital natives, yakni generasi yang lahir setelah tahun 1980, ketika internet mulai dipergunakan masyarakat secara luas.
“Anak muda sekarang sudah melek teknologi, cepat tanggap dan berani uji coba,” ujar Suryani Sidiq Motik, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI).
Posisi anak sebagai netizen dalam sebuah keluarga sangat besar bila dibandingkan dengan orang tuanya. Komposisi peran pengguna internet dalam keluarga meliputi suami (26.7%), istri (25.7%), dan anak (46.2%). Dengan kata lain, generasi muda di Indonesia sudah kecanduan internet, terutama di kota-kota besar.
Suryani mengungkapkan, mayoritas penggunaan internet di Indonesia antara lain untuk komunikasi, mencari informasi, melakukan bisnis online, berbelanja online, dan online banking.
“Dengan adanya banyak aplikasi chatting seperti WhatsApp, LINE, BlackBerry Messenger, maka penggunaan internet juga ikut naik,” tambahnya. (bda)