
Jakarta, Selular.ID – Pengelola Matahari Department Store, Lippo Group, secara resmi menunjuk Hadi Wenas sebagai CEO MatahariMall.com. Penunjukan ini diharapkan bisa memperkuat jajaran kepemimpinan di dalam MatahariMall, untuk menjadi situs belanja online terbesar di Indonesia.
John Riady, Direktur Lippo Group, dalam siaran media yang diterima Selular.ID (9/4/2015), mengatakan dirinya begitu bersemangat menyambut Hadi Wenas ke dalam tim MatahariMall. Menurutnya, Wenas memiliki visi, kepemimpinan, hasrat, dan keunggulan operasional untuk menjalankan rencana MatahariMall.
Hadi Wenas akan bergabung dengan orang-orang berkaliber yang juga baru bergabung dengan tim eCommerce Lippo, termasuk yang nantinya juga akan segera diumumkan, Emirsyah Satar, yang pernah menjabat sebagai CEO Garuda Indonesia dan akan ditunjuk sebagai Dewan Direksi Lippo dan Chairman MatahariMall.com. Selain itu, ada pula Rudy Ramawy, yang bergabung sebagai Managing Director di Lippo Ventures dan akan menjabat sebagai Vice Chairman di MatahariMall.
Hadi Wenas sendiri sebelumnya merupakan konsultan di McKinsey dan baru-baru ini menjabat sebagai co-CEO dari aCommerce, perusahaan yang memberikan layanan pendukung kepada perusahaan-perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia. Sebagai salah seorang wirausahawan teknologi, Hadi juga merupakan pendiri Zalora Indonesia pada tahun 2012. Pria ini meraih gelar master di Standford University dan pernah bekerja sebagai Applications Engineer di Oracle, menyuguhkan keterampilan operasional dan rekam jejak dalam membangun perusahaan.
Penunjukan CEO MatahariMall yang baru ini diharapkan bisa memperkuat rencana pengelola Hypermart itu untuk mendominasi pasar eCommerce di Indonesia. Sebelumnya, pada Maret 2015, Lippo mengumumkan investasi sebesar US$500 juta untuk membangun perusahaan eCommerce dengan transaksi penjualan sebesar US$1 miliar. Menyiapkan MatahariMall menjadi perusahaan eCommerce terbesar di tanah air, dan menjadi Alibaba versi Indonesia.
(Baca: Situs E-Commerce mataharimall.com Targetkan Keuntungan USD 1 Miliar)
Selain menyajikan ragam pilihan produk, MatahariMall juga ditunjuk sebagai satu-satunya (eksklusif) situs belanja yang akan menjual produk dari sejumlah merek populer di Indonesia. Perusahaan mengklaim MatahariMall sebagai perusahaan eCommerce O2O (Online-to-Offline) terbesar di Asia Tenggara, yang memungkinkan para pelanggan untuk membayar, mengambil, dan mengembalikan produk di 131 cabang Matahari Department Store yang tersebar di seluruh Indonesia. (bda)