Monday, September 16, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Axioo Picophone M3: Smartphone KitKat, Harga Memikat

Axioo Picophone M3: Smartphone KitKat, Harga Memikat

-

Axioo-Picophone-M3Axioo kembali berusaha menunjukkan eksistensinya di ranah smartphone dengan merilis produk baru di lini Picophone M. Seri Picophone M3 ini menyasar kelas menengah ke bawah dengan harga banderol Rp 1 jutaan. Sistem operasi Android 4.4 KitKat menjadi salah satu andalannya.

Desain
Dengan layar yang lebih besar, Picophone M3 memiliki dimensi yang lebih besar dan juga ketebalan bodi yang sedikit lebih tebal. Dengan dimensi yang lebih besar, maka bobot ponsel juga menjadi lebih berat.

Konfigurasi layar tergolong kecil sebatas 480 x 854 pixels. Jelas tampilannya tidak tajam tapi masih tergolong bagus karena tertutup dengan kejernihan layar dan warna yang kontras. Sudut penglihatan juga luas, akibat letak layar yang dekat dengan kaca depan. Penglihatan dibawah paparan matahari lumayan baik, dibantu dengan sensor cahaya untuk pengaturan kecerahan otomatis. Layar tersebut tergolong responsif karena mendukung 5 titik sentuhan.

Axioo Picophone M3 memiliki garis besar desain yang sama dengan sudut siku bermaterialkan plastik dan doff di bagian belakang, yang tak akan mudah menempel bercak jari. Bagian muka terdapat earpiece, kamera 2MP, layar 5 inchi, dan mic. Bagian belakang terisi dengan kamera utama 8MP plus LED flash, mic, logo Axioo, dan speaker.

Pada sisi kiri ponsel terdapat tombol lock/power dan tombol volume. Untuk sisi kanan dan bawah ponsel dibiarkan polos tanpa melekat fungsi apa pun. Untuk bagian atas diisi dengan port headset dan microsUSB untuk charging.

Konektivitas
Seperti perangkat yang sedang tren saat ini, kedua slot SIM Card sudah mengadopsi ukuran micro. Jadi, pengguna harus memotong SIM card menjadi ukuran micro, karena provider masih menawarkan dalam bentuk Mini. Selain Dual Sim untuk mempermudah komunikasi, Picophone M3 juga sudah disediakan WiFi 802.11 b/g/n, yang mendukung WiFi Direct dan WiFi hotspot. Sedangkan untuk sektor navigasi, ponsel ini mengandalkan GPS dengan berteknologi satelite yang mengandalkan A-GPS.

Kamera
Yang menjadi sorotan di M3 adalah kamera utama berada di belakang beresolusi 8MP. Meskipun tidak autofokus namun kamera ini sudah dapat menghasilkan foto yang berkualitas baik. Ditambah Axioo memberikan software pelengkap yang akan memaksimalkan aktifitas fotografi mobile. Cakupan area kamera depan juga luas sehingga memuat lebih banyak objek dalam frame. Dalam keadaan gelap gulita pun kamera depan dapat mengambil objek dengan pencahayaan yang baik dari flash. Sementara di bagian depan, ada kamera depan berkualitas 2MP saja.

Kamera 8MP dibelakang mampu digunakan untuk melakukan perekaman video hingga resolusi 1280 x 720p, sedangkan kamera depan maksimal resolusi 640 x 480p. Sayangnya untuk kamera depannya masih beresolusi VGA, jadi kurang optimal saat berfoto selfie, dan lebih baik digunakan untuk panggilan video call lewat aplikasi pihak ketiga

Outdoor – Kamera belakang tanpa LED Flash

picophone-m3-outdoor-withouIndoor – Kamera belakang tanpa LED Flash

hasil-foto-axioo

Multimedia
Untuk aplikasi Album sendiri memiliki tampilan dan fitur masih mengandalkan bawaan stock. Disini anda dapat menemukan konten gambar dan video yang dapat ditampilkan berdasarkan banyak kategori.

Pemutar musik juga menjadi salah satu hiburan pendukung. Aplikasi Walkman ini handal dalam urusan pemutaran lagu, karena menyediakan fitur pengolahan suara yang terbilang lengkap dengan prforma yang baik. Namun jika anda lebih memilih pemutar musik yang lebih simpel, tetap tersedia juga Play Music bawaan Google. Untuk keluaran suara via speaker terdengar cukup kencang dan baik meskipun peletakannya dibelakang, tapi saat kami mencoba meletakan ponsel ini diatas meja dengan layar di atas, keluaran suara agak terbungkam.

Seperti biasa selain melalui Album, konten video juga dapat dimainkan melalui aplikasi terdedikasi bernama Movies. Tidak terlupakan fitur Radio FM yang dapat menjadi hiburan. Seperti biasa headset wajib tertancap jika anda ingin mendengarkan stasiun radio favorit.

Browser
axioo-screenshotGoogle Chrome menjadi peramban tunggal. Aplikasi browser yang satu ini memang handal baik dari segi performa dan juga ketersediaan fitur. Saat kami membuka halaman-halaman situs versi desktop dapat terbuka dengan lancar. Proses zoom in dan zoom out juga tidak mulus. Karena resolusi yang HD maka dalam kondidi zoom out pun tulisan di situs dapat terbaca.

Kinerja
Axioo Picophone M3 berjalan menggunakan sistem operasi Android versi 4.4 Kitkat. Sementra itu dapur pacunya memakai chipset MTK MT6582 dengan prosesor Quadcore 1.3GHz dan RAM 512 MB. Selain itu, hanya diberikan memori internal sebesar 4GB, yang untungnya masih bisa diperluas melalui memori eksternal hingga 32GB. Kinerja ponsel ini bisa dibilang biasa-biasa saja. Cukup lancar menjalankan aplikasi. Namun saat multitasking atau banyak aplikasi berjalan serta game yang berat, terasa agak berat atau lambat.

Axioo Picophone M3 memiliki baterai Lithium Ion berkapasitas 1800 mAh removeable. Saat redaksi dengan kondisi tanpa jaringan seluler namun WiFi aktif dan tingkat kecerahan layar 50% baterai berkurang dari 100% ke 93%, masih tergolong cukup baik.

Latest