telkomsel-aascsBandung, Selular.ID – Operator selular Telkomsel ikut meramaikan ajang Asia Africa Smart City Summit (AASCS) yang berlangsung di Bandung dengan menghadirkan layanan digitalnya yang berbasis 4G LTE.

Dalam ajang tersebut Telkomsel memamerkan vending machine yang merupakan bagian dari layanan digital advertisingnya serta solusi machine to machine (M2M).

Vending Machine merupakan alat yang akan membantu pengiklan untuk melakukan distribusi produk contoh (sample) kepada pelanggan. Riri Amalas, GM Customer Service Managemen Jabotabek – Jabar Telkomsel menyampaikan vending machine ini di kota Bandung dapat temui di Loop Station.

Cara kerja Telkomsel Vending Machine menurut Riri terbilang cukup sederhana, dimana QR Code akan dikirimkan melalui SMS/MMS kepada pelanggan Telkomsel yang profilnya sesuai dengan target. “Pelanggan dapat melakukan redeem (menukarkan) QR Code tersebut dengan produk yang berada di dalam Telkomsel Vending Machine, cukup hanya dengan melakukan scan QR code di vending machine,” jelasnya.

Distribusi produk contoh dengan metode ini dinilai lebih efektif bagi para pengiklan, karena selain dapat melibatkan interaksi dengan pelanggan, Vending Machine ini juga akan memberikan laporan yang real time dan komperhensif kepada para pengiklan mengenai konsumen yang telah menerima produk contoh.

Beberapa informasi yang dapat diketahui oleh para pengiklan antara lain jumlah produk yang ter-redeem, preferensi waktu pelanggan melakukan redeem, preferensi produk yang paling diminati (untuk produk multi varian), dan bentuk profil pelanggan yang melakukan redeem seperti profil demografi dan profil smartphone yang digunakan oleh pelanggan.

Unuk solusi M2M sendiri Telkomsel menghadirkan smart drive, smart home serta smart metering. (bda)

Berita sebelumyaXL Sisternet: Portal Interaktif Dorong Perempuan Indonesia Melek Internet
Berita berikutnyaGandeng JKT48, Advan Luncurkan Smartphone 1 Jutaan Starnote S55