Ilustrasi blokir situs internet
Ilustrasi blokir situs internet
Ilustrasi blokir situs internet

Jakarta, Selular.ID – Kementrian Komunikasi dan Informatika RI beberapa waktu lalu telah membentuk Forum Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif (PSIBN) sebagai tindak lanjut dari pemblokiran situs yang dinilai mengandung unsur radikalisme. Forum tersebut terdiri dari empat panel, yaitu panel pornografi, kekerasan pada anak dan keamanan berinternet, panel terorisme, SARA dan Kebencian, panel investasi ilegal, penipuan, perjudian, obat & makanan dan narkoba serta panel hak kekayaan intelektual.

Keempat panel tersebut hari ini (6/4/2015) mengadakan rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Rudiantara, Menkominfo RI. Dalam rapat tersebut Rudiantara meminta masing-masing panel untuk merumuskan kriteria situs yang bermuatan negatif serta mekanisme pemblokirannya.

“Nanti masing-masing panel akan berdiskusi secara internal untuk mengusulkan kriteria situs yang dianggap bermuatan negatif,” jelas Tjipta Lesmana, Juru Bicara Forum PSIBN.

Lebih lanjut Tjipta menjelaskan pembentukan forum ini didasarkan adanya kecemasan adanya situs internet yang kontennya bermasalah dan bisa berdampak negatif. “Kami juga tidak bisa berlaku seperti rezim orde baru yang sembarangan menutup. Oleh karena itu forum ini dibentuk,” jelasnya.

Kerja panel ini menurut Tjipta akan membantu menkominfo dalam menganalisa masukan dan laporan adanya situs-situs yang dianggap bermuatan negatif dan berbahaya.

“Panel akan berdebat memberi masukan dan saran ke pak menteri, pada akhirnya eksekusi akan dilakukan oleh Menkominfo sendiri. Terkait masukan dari BNPT, panel tidak memiliki kewenangan untuk eksekusi, panel hanya akan memberikan masukan dan saran terkait situs internet yang dilaporkan,” pungkasnya. (bda)