Surabaya Kota Keempat Yang Nikmati 4G LTE Telkomsel

4GLTE-SurabayaSurabaya, Selular.ID – Surabaya menjadi kota keempat yang dapat menikmati layanan internet cepat mobile  4G LTE dari Telkomsel  yang hadir secara komersial.

Hadirnya layanan 4G LTE ini diharapkan akan mempercepat visi Kota Surabaya di dalam mewujudkan Smart City. Layanan 4G LTE yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi dan data yang lebih cepat, dipercaya akan dapat meningkatkan produktivitas para penggunanya, termasuk dalam hal ini pemerintah kota Surabaya yang saat ini telah memanfaatkan berbagai sistem online dalam hal pelayanan publik.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan bahwa hadirnya layanan Telkomsel 4G LTE di kota Surabaya dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan akses data yang lebih cepat di era mobile digital lifestyle saat ini.

Sebagai informasi saat ini kota Surabaya telah memanfaatkan sistem online, diantaranya untuk sistem administrasi kependudukan, sistem administrasi perizinan, sistem monitoring area publik, penerimaan murid baru, Surat Izin Mengemudi (SIM), portal pariwisata, CCTV pemantau lalu lintas, serta Traffic Management Center.

Lebih lanjut Ririek menyampikan Telkomsel sendiri terus mengalami pertumbuhan layanan data di Kota Surabaya. “Selama tahun 2014  pelanggan data Telkomsel di surabaya mengalami peningkatan sebesar 18 persen. Sedangkan dari sisi konsumsi penggunaannya, juga terjadi peningkatan sebesar 38 persen,” jelasnya.

Untuk menghadirkan layanan 4G ini Telkomsel membangun 161 eNode B yang mencakup wilayah-wilayah di Kota Surabaya, meliputi inner kota Surabaya, inner kota Sidoarjo, dan inner kota Gresik, termasuk area seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial, dan tempat wisata. Sementara itu, untuk memberikan konsistensi pengalaman 4G LTE terbaik bagi pelanggan melalui seamless experience, Telkomsel bersinergi dengan Telkom menggelar WiFi untuk melengkapi coverage Telkomsel 4G LTE, terutama yang berada di indoor.

Saat ini layanan Telkomsel 4G LTE juga telah menjalin kerjasama dengan sembilan mitra 4G LTE international roaming, yaitu Maxis (Malaysia), SK Telecom (Republik Korea), SingTel (Singapura), Optus (Australia), Mobily (Arab Saudi), Vodafone (Inggris & Spanyol), CSL (Hongkong) dan Taiwan Mobile (Taiwan). Hal ini memungkinkan para pelanggan yang mengunjungi negara-negara tersebut tetap dapat terhubung dengan jaringan cepat 4G LTE.