Monday, July 22, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Lenovo S90 Livo: Android di Dalam, Mirip iPhone 6 di Luar

Lenovo S90 Livo: Android di Dalam, Mirip iPhone 6 di Luar

-

Lenovo-S90Walaupun memiliki desain yang mirip iPhone 6, Lenovo mengklaim S90 Livo tidak bermaksud untuk mencontek, apalagi mencuri desain dari brand lain. Selain menunggulkan material bodi aluminium, Lenovo S90 Livo, juga memiliki spesifikasi yang terbilang mumpuni. Bagaimana performanya? Berikut review-nya.

[quote_box_center]

Kelebihan
–    Hasil Kamera bagus
–    Material bodi mewah dan kokoh
–    Koneksi LTE
–    Perfoma mumpuni

Kelemahan
–    Desain seperti menjiplak iPhone 6

[/quote_box_center]

Desain
Tak bisa dimungkiri, dari jauh ponsel ini memiliki bentuk dan desain mirip seperti iPhone 6. Dilihat dari samping keduanya bahkan sangat identik. Bedanya Lenovo S90 memiliki bodi yang lebih panjang dari iPhone 6. Memiliki sudut yang membulat memudahkan pengguna untuk memegang sekaligus menggunakannya. Dibalut dengan material aluminum unibodi, ponsel ini nampak sangat elegan. Meski dilapisi dengan lapisan yang agak licin ditangan, namun hal ini tidak meninggalkan kesan mewah dari ponsel. Dengan desain ini membuat Lenovo S90 takan terhadap goresan dan tidak mudah meninggalkan sidik jari.

Lenovo-S90-LivoSayangnya dibagian atas ponsel ini tidak sepenuhnya terbuat dari alumunium, akan tetapi sedikit panel yang terbuat dari plastik. Pada bagian itu terdapat port 3.5mm. di sisi kanan terdapat kontrol tombol volume dan power, sedangkan pada sisi kiri terdapat slot microSIM yang menggunakan metode pembuka seperti iPhone 6.

Untitled-1Dibagian depan terdapat tiga tombol sentuh, yakni tombol menu untuk mengatur interface. Tombol ini juga berfungsi sebagai recent apps jika Anda tekan agak lama. Sedangkan dua tombol laiunnya adalah tombol Home dan back. Dibagian bawah tertanam port microUSB, dengan dua baut dan dua lubang speaker disamping kanan dan kiri port MicroUSB. Dibagian belakang, Anda akan menemukan kamera 13MP yang berada diatas kiri beserta dengan LED flash disamping kanannya.

Layar

Lenovo S90 Livo datang dengan layar 5 inci dengan 720 x 1280 piksel. Menggunakan layar Super AMOLED tampilan ponsel ini sangat cerah dan memiliki warna hitam yang pekat, sehingga sangat nyaman dimata. Sayangnya, lenovo melupakan proteksi Corning Gorilla Glass pada lapisan layarnya.

LenovoS90Berjalan diatas Android 4.4.4 KitKat, Lenovo masih menambahkan antarmuka Vibe 2.0 pada lapisan atasnya. Interface ini mambawa banyak tema didalamnya. Setidaknya ada 6 tema yang tersedia untuk dipilih. Tidak hanya tema, interface ini juga menyediakan kostumisasi untuk wallpaper, lockscreen, dan boot animation.  Selebihnya pengguna masih dapat mengatur tampilan lainnya sesuai keinginan

Anda dapat mempersatukan beberapa aplikasi dalam sebuah folder, yang tampilannya hampir mirip dengan folder iOS 8. Dengan mencubit layar, anda dapat mengatur tampilan layar homescreen. Baik untuk menambahkan panel Homescreen atau menghapusnya. Dari sini anda juga dapat menentukan halaman default, ketika Anda menekan tombol Home.

Saat mengakses menu settings akan muncul tab Feature. Didalamnya terdapat sejumlah pilihan yang menarik. Seperti gerakan khusus untuk membuaka aplikasi melalui layar yang sedang off. Anda dapat menjawab atau menerima telpon dengan men-swipe keatas atau kebawah atau untuk mengontrol playback.

Lebih dari itu Lenovo masih menghadirkan beberapa aplikasi utilitas seperti Security, SYNCit dan Shareit. Selebihnya masih ada aplikasi WPS Office untuk kebutuhan produktifitas, serta aplikasi lainnya.

Kamera

Untuk urusan kamera Lenovo sudah menyediakan resolusi 13MP pada kamera belakang dan 8MP pada kamera depan. Kedua kamera ini sudah dibekali dengan LED flash.
Pada resolusi maksimal 4208 x 3120 piksel, penguna ponsel ini hanya dapat menangkap  foto dengan rasio 4:3, sedangkan jika menggunakan rasio 16:9, maka fitur akan berukuran 4096 x 2304 pixels.

KameraUniknya kamera depan Lenovo memiliki kemampuan auto shutter dengan kontrol gesture. Artinya kamera dapat mengambil foto secara otomatis ketika anda melambaikan tangan, berpose dengan symbol tangan “piece” (V) atau berkedip. Ketiga fungsi ini dapat direspon dengan baik pada kamera, saat kami melakukan foto selfie dengan kamera depan.

Antar muka kamera Lenovo S90 sangat mudah digunakan disebelan kiri atas tersedia empat shortcut (ikon switch kamera, flash, HDR dan shutter). Menu  settings menu dapat diakses melalui shortcut pada tombol yang tersedia di bawah kiri didalamnya terseia beberapa pengaturan seperti Kamera ini dibekali HDR (High Dynamic Range), panorama, 8 efek foto, geo-tag, white balance, 9 scene mode, ISO dan pengaturan (contrast, saturation, sharpness dan Exposure).

Untuk kualitas fotonya, Lenovo S90 dapat menamkan objek dengan baik dan sangat detail. Tidak hanya itu kualitas gambar juga dapat diterjemahkan dengan sempurna pada hasil fotonya. Kebanyak foto yang diambil, dapat ditangkap dengan hasil yang focus dan tajam. Namun sayangnya memang masih ditemukan banyak noise pada hasilnya.
Untuk perekaman video Livo dapat menghasilkan video berkualitas FullHD 1080p pada 30 fps. Pada fungsi perekaman video tidak banyak fasilitas yang ditawarkan  pada ponsel ini. Anda hanya dapat mengatur kualitas video dan men-set fokus pada pilihan infinite atau continuous.

Seperti hasil pada foto hasil perekaman video jga tebilang bagus. Karena objek dapat ditangkap secara detail. Hasil perekaman juga Nampak lebih smooth dengan framerate sekitar 29-30fps.

Hasil Foto:
Gear
Sekolah
TekoMultimedia

Meski sudah dibekali dengan Google Play Music, Lenovo masi membekali ponsel ini dengan layanan Guvera Musik. Mirip seperti Google Play Music aplikasi ini selain dapat memutar musik dari memori juga memungkinkana anda untuk memainkan dari cloud server dari via Wi-Fi atau  mobile data.

Seperti ponsel Android lainnya, pada Google Play Music terdapat juga equalizer  yang dapat mengatur preset sesuai keunginan. Dan juga Anda menggunakan headset, maka Anda dapat memanfaatkan fitur tambahan seperti Bass boost dan 3D effect slider.
Untuk Video player, Lenovo S90 memiliki kemampuan untuk memutar banyak file Video.

Sayangnya video playernya tidak suport menampilkan subtitle. Tampilan masih terbilang standar. Namun meski begitu Anda masih dapat mengedit video melalui editor video, sehingga memungkinkan pengguna untuk menyatukan beberapa video untuk menghasilkan video yang lebih menarik.

Konektivitas

Lenovo S90 datang dengan kemampuan 4G LTE didalamnya. Jika pada daerah anda belum mendapatkan jaringan ini maka ponsel ini masih dapat terhubung pada jalur  3G with HSPA. Melalui jalur ini Lenovo S90 mampu memacu kecepatan internet hingga 42Mbps untuk kemampuan downlink dan 5.7Mbps kemampuan uplink.

KonektivitasMampu mengenali dua SIM sekaligus, pengguna dapat mengatur koneksinya melalui menu settings. Dari menu ini memungkinkan Anda memilih SIM yang aktif untuk menggunakan penggilan telpon, koneksi data atau fitur perpesanan. Koneksi lainnya masih tersedia koneksi lokal yang mencakup Wi-Fi , Bluetooth 4.0 dan kabel data micro USB.

Performa

Lenovo S90 dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang diperkuat dengan  empat inti prosesor 1.2 GHz Cortex-A5. GPU Adreno 306 yang didukung dengan RAM 2GB dan memori internal 32GB. Dengan yang dimilikinya ini Lenovo masuk dalam jajaran flagship.

HardwareMemiliki dapur pacu yang mumpuni membuat performa Lenovo S90 bisa diandalkan baik untuk bekerja maupun untuk hiburan. Dengan hardware yang dimilinya Lenovo S90 Livo mampu disejajarkan dengan ponsel sekelas Xiaomi Redmi 2 atau Asus Zenfone 5. Tidak hanya dengan software bechmarking, Lenovo juga terbukti mampu menjalankan game berat dengan grafis 3D sekelas Asphalt8 dengan lancar tanpa masalah.

Seperti pada Lenovo Vibe X2, Lenovo S90 juga dibekali dengan baterai 2,300mAh. Menggunakan model non-removable, memastikan pengguna bahwa ponsel ini tidak gampang hang. Dengan kapasitas baterai ini daya tahan Lenovo S90 cukup lama.

Selama kami menggunakannya, ponsel ini mampu bertahan seharian meski digunakan dalam kegiatan yang cukup aktif, baik untuk browsing, mengambil foto, merekam video dan bersosial media. Kemampuan ini juga berkat adanya fitur Ultimate Power Saver Mode  yang mampu mereduksi pemakaian energi daya yang tersedia pada baterai. (bda)

Latest