Inilah Jajaran Chipset Unggulan Qualcomm untuk Perangkat LTE

Ilustrasi chipset Qualcomm
Ilustrasi chipset Qualcomm

Jakarta, Selular.ID – Urusan prosesor mobile, dominasi Qualcomm belum bisa terpatahkan karena merek ini begitu dipercaya oleh vendor ponsel sebagai pemasok ‘otak’ performa. Apalagi, Qualcomm menyediakan chipset dari beragam segmen mulai dari high-end, middle-range, hingga entry-level, sehingga jangkauan pasarnya lebih luas.

Mengekor perkembangan teknologi 4G, Qualcomm pun menelurkan platform LTE 64-bit sehingga telah terintegrasi di semua kelas Snapdragon termasuk seri 800, 600, 400, serta tambahan pengadaan LTE bagi Snapdragon 210 yang diumumkan untuk kalangan entry level. Berikut klasifikasi produk Qualcomm berdasarkan chipset, arsitektur, clock speed, kategori LTE, dan saluran carrier aggregation, yang Selular.ID peroleh dari Peter Carson, Senior Director of Marketing di Qualcomm Technologies, Inc

1. Qualcomm Snapdragon 810 dan 808, melengkapi line-up chip 64-bit dari Qualcomm Technologies yang dilengkapi 4G LTE untuk perangkat premium. Prosesor ini juga didukung dengan konfigurasi octa-core bagi 810 dan hexa-core bagi 808 dengan modem Qualcomm Snapdragon LTE X10 Cat. 9 terintegrasi berkecepatan hingga 450Mbps dan 3×20 Mhz Carrier Aggregation. Termasuk juga solusi WiFi tri-band Qualcomm VIVE 11ac dengan MU-MIMO dan konektivitas multi-gigabit 11ad, dan dukungan 4K Ultra HD video capture dan playback.

2. Qualcomm Snapdragon 615 dan 610, mendefinisikan ulang segmen high-end Snapdragon dengan performa 64-bit, terintegrasi dengan modem LTE Cat.4 (kecepatan mencapai 150Mbps) dan kualitas grafis dari Qualcomm Adreno seri 400. Peluncuran ini menandakan pertama kalinya Qualcomm Technology menampilkan prosesor 4G LTE dalam konfigurasi octa-core pada 615 dan quad-core pada 610 dengan masing-masing kemampuan 64-bit dan 32-bit.

3. Qualcomm Snapdragon 602A, merupakan prosesor otomotif pertama untuk hiburan dalam mobil yang dilengkapi tiga layar sentuh, media streaming, navigasi, instrumentasi, dan hotspot WiFi.

4. Prosesor Qualcomm Snapdragon 410, tersedia dalam 32-bit dan 64-bit, memperluas kepemimpinan bagi teknologi 4G LTE di kelas smartphone entry level bagi konsumen di seluruh dunia dengan modem LTE Cat. 4 terintegrasi dan koneksi Bluetooth.

5. Prosesor Qualcomm Snapdragon 210, membawa X5 LTE Cat. 4 dengan kecepatan mencapai 150Mbps, dual-SIM LTE dengan dual standby, dan fitur-fitur multimedia terdepan bagi smartphone dan tablet entry level. Prosesor Snapdragon 208 merupakan satu-satunya varian dengan koneksi 3G.

6. Sebagai tambahan dari prosesor Snapdragon yang terintegrasi dengan LTE, perusahaan juga menyediakan modem Snapdragon LTE yang memberikan konektivitas LTE terkini dalam perangkat seperti smartphone, tablet, computer, laptop, modem USB, hotspot WiFi, dan perangkat IoT.

7. Modem Qualcomm Snapdragon LTE X12 merupakan perangkat modem unggulan saat ini. Modem mendukung 3x carrier aggregation saat mengunduh dan 2x carrier aggregation saat mengunggah, dengan puncak berkecepatan unduh untuk Cat 10 sebesar 450 Mbps dan unggah 100 Mbps. Sebagai tambahan untuk memperkaya fitur LTE di dalam modem ini juga termasuk LTE Broadcast, dual-SIM aktif, VoLTE berbasis IMS dan panggilan WiFi.

Di Indonesia sendiri, Qualcomm telah bekerja sama dengan merek lokal dalam penggunaan platform LTE 64-bit, yakni Polytron Zap 5. Perangkat ini menjadi ponsel pintar buatan lokal pertama yang bisa menggunakan 4G. Qualcomm Indonesia mengaku siap memasok chispet 4G untuk smartphone besutan vendor lokal dalam rangka memperkuat industri manufaktur.

“Kami juga telah bermitra dengan merek lokal lainnya dan akan kami berikan update selanjutnya saat produk akan diumumkan,” ungkap Peter.(bda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here