Beranda Headline Ikutan Demam Mobile Payment, Google Luncurkan Google Pay

Ikutan Demam Mobile Payment, Google Luncurkan Google Pay

-

Ilustrasi Google Pay, credit: gsmarena
Ilustrasi Google Pay, credit: gsmarena

Jakarta, Selular.ID – Satu lagi raksasa teknologi yang melirik ke industri mobile payment. Setelah Apple Pay dan kita baru saja mengenal Samsung Pay, kini Google melakukan gerakan serupa dengan meluncurkan sistem pembayaran virtual bernama Google Pay.

Tujuan mengembangkan Google Pay sama halnya seperti Apple dan Samsung. Yakni, dapat membayar dengan perangkat ponsel pintar, dan bukan lagi menggunakan kartu pipih yang mungkin sekarang sudah ketinggalan jaman. Namun di balik itu tujuannya bukan hanya sebatas itu saja, Google yang notabene pembesut platform Android seakan tak mau ketinggalan langkah dengan Apple dan Samsung yang sudah gencar memperluas ekosistem layanan pembayaran mobile. Padahal, Google sendiri sudah mempunyai layanan dompet digital berjuluk Google Wallet yang berbasis NFC. Tapi Google Wallet memang lebih sering dipakai untuk membeli aplikasi berbayar di Play Store.

Dalam sistem mobile payment kali ini, Google mungkin akan mengambil metode yang sedikit berbeda dengan dua penyedia layanan besar lainnya. Daripada fokus pada layanan pembayaran cardless khusus, Google memilih akan mengembangkan software dasar untuk sistem tersebut dan menawarkan API lain di dalam Android. Hal ini bisa memberdayakan banyak pengembang pihak ketiga untuk menerapkan sistem pembayaran mereka sendiri, dengan menggunakan pedoman dan tuntunan dari Google.

“Google Pay merupakan opsi pembayaran ke OS Android,” jelas Sundar Pichai, SVP of Product di Google.

Artikel Terbaru