
Jakarta, Selular.ID – Sekitar 65 juta pengguna aktif Facebook ada di Indonesia. Dengan begitu banyaknya pengguna, tidak heran jika banyak individu, kelompok, atau perusahaan yang memanfaatkan layanan Facebook untuk menjaring massa dengan membuat akun fanpage. Berdasarkan laporan dari Sotrender, ternyata vendor ponsel dan website e-commerce merupakan dua hal yang paling paling trendi di media sosial terbesar tersebut.
Laporan terbitan Sotrender ini melibatkan semua brand di Indonesia dan sembilan kategori fanpage facebook mulai dari otomotif, bank, minuman, kosmetik, e-commerce, fashion, makanan, teknologi, dan telekomunikasi.
Dalam data yang diambil pada bulan Januari 2015 ini, terungkap bahwa Samsung Mobile Indonesia merupakan brand dengan nilai engagement paling tinggi yaitu mencapai 636.427, atau 33 persen dari total penggemarnya. Disusul Garnier Indonesia dan Rexona, dengan nilai engagement sebesar 506.841 dan 463.187.

Sedangkan brand dengan respon tertinggi diperoleh Acer Indonesia dengan 92 persen respon pengguna. Diikuti oleh Telkomsel dan CIMB Indonesia di peringkat kedua dan ketiga, yang sama-sama memiliki 90 persen respon. Khusus Telkomsel, bahkan terpantau ada 695 post setiap hari yang nampang di fanpage miliknya.
Lebih lanjut, pada bulan Januari terlihat pertumbuhan luar biasa dari fanpage OLX Indonesia. Situs belanja online ini mendapatkan lebih dari 2 juta follower baru sehingga memperkuat posisi mereka di puncak peringkat All Indonesia dengan mengantongi lebih dari 7 juta pengikut.
Memang, tren belanja online sedang digandrungi oleh pengguna internet Tanah Air, khususnya kaum wanita. Beragamnya produk menarik yang ditawarkan, kemudahan memilih barang dan bertransaksi, sampai proses pengiriman dalam waktu cepat, menjadi beberapa keunggulan toko online yang dapat memanjakan pembeli. Hal inilah yang kemudian memicu pola belanja konsumtif. (bda)