Jakarta, Selular.ID – Akun Twitter @Telkomsel dinilai sebagai akun yang paling responsif di dunia versi Socialbakers.com pada periode Q4 2014. Sedangkan akun Facebook Telkomsel dinilai paling responsif nomor lima di dunia, naik satu peringkat dari posisi enam di Q3 2014.
Penilaian Socialbakers ini diberikan berdasarkan analisa terhadap aktivitas akun-akun media sosial lintas industri di seluruh dunia dari sisi Customer Service, khususnya dalam menanggapi mention dari pelanggannya.
Dalam laporannya, Socialbakers menyebutkan selama Q4 2014, akun Twitter @Telkomsel memberikan sebanyak 25,220 respon terhadap mention pelanggan, sedangkan akun Facebook Telkomsel memberikan sebanyak 11,536 respon. Saat ini akun Twitter dan Facebook @Telkomsel memiliki lebih dari 500,000 followers.
Andri Wibawanto, Vice President Customer Care Management Telkomsel, mengatakan bahwa respon yang diberikan kepada pelanggan sangat penting karena merefleksikan sikap perusahaan yang siap untuk mendengar berbagai masukan dari pelanggan, untuk kemudian ditindaklanjuti dan diselesaikan permasalahannya.
Respon terhadap pelanggan melalui sosial media diyakini Andri dapat mempertahankan loyalitas pelanggan sekaligus meningkatkan experience pelanggan didalam berinteraksi dengan Telkomsel.
“Sebagai perusahaan yang ingin memberikan pengalaman mobile digital lifestyle terbaik kepada pelanggan, Telkomsel terus memperkuat layanan pelanggan di channel digital, khususnya media sosial,” jelasnya.
Perkembangan layanan pelanggan melalui media sosial terjadi seiring dengan gaya hidup pelanggan yang saat ini semakin digital dengan mobilitas yang tinggi, dimana pelanggan membutuhkan solusi cepat terhadap permasalahan yang dihadapinya terkait layanan.