Senin, 15 Juli 2024

Acer One 10: Tablet Bisa, Laptop Oke

BACA JUGA

Tablet hybrid Acer One 10
Tablet hybrid Acer One 10

Saat ini mulai banyak perangkat tablet yang mampu menggantikan fungsi laptop. Salah satunya One 10, tablet baru Acer yang tidak hanya menggantikan semua fitur laptop, tetapi bentuknya juga bisa berubah menjadi sebuah laptop.

[quote_box_center]

Kelebihan:
– Bisa jadi tablet dan notebook
– Dock Keyboard tersedia pada paket penjualan
– Kapasitas memori dan baterai besar

Kekurangan:
– Port USB masih v2.0 dan hanya satu buah
– Bobotnya cukup berat dan terkesan ringkih
– Meski tuts keyboard empuk, tapi kurang nyaman bagi yang berjari besar

[/quote_box_center]

Desain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Acer One 10 menawarkan perangkat convertible, di mana selain dapat digunakan sebagai tablet, perangkat ini juga bisa digunakan sebagai laptop.

Acer-One-10_2 Kemampuan 2-in-1 yang dimiliki oleh Acer One 10 tidak lepas dari dua perangkat yang tersedia pada paker penjualan. Dua perangkat tersebut adalah tablet dan dock keyboard, tidak hanya dapat digunakan untuk mode notebook dan pad, Acer One 10 juga dapat dipergunakan dalam mode Display dan Tint.

Untuk perangkat tabletnya Acer One 10 punya bodi yang futuristik. Dengan  beberapa lekukan yang tegas dan berkarakter sehingga nampak seperti lapisan logam.

Sayangnya saat dirasakan tablet ini terasa ringkih. Karena Acer One 10 hanya menggunakan material plastik berwarna silver yang menyelimuti bagian belakang tablet. Sebagai perangkat utama secara keseluruhan, tablet Acer lebih banyak menyematkan sejumlah panel port koneksi. Lihat saja di bagian sisi kiri tablet, disana terdapat port micro-USB, port HDMI, audio jack 3.5 mm, slot kartu microSD, tombol fisik home, dan tombol volume yang berjejeran pada satu bagian. Panel lainnya terdapat pada bagian atas, yakni tombol power/unlock.

Acer-One-10_3Di bagian belakang  Acer menambahkan dua lubang speaker pada dua sisi bagian bawah bawah, serta sensor kamera utama 3 MP diposisikan tepat di bagian tengah atas belakang.

Dock Keyboard

Selain tablet, Acer One 10 juga dibekali dock Keyboard. Berfungsi sebagai pengubah mode notebook, dock keyboard memberikan peranan penting untuk fitur koneksi. Pada perangkat ini disediakan satu buah port USB 2.0 yang berada di sebelah kanan keyboard. Port ini dapat dimanfaatkan sebagai port input mouse, atau flashdisk, atau hardisk eksternal.

Acer-One-10_5Untuk menyulap Acer One 10 menjadi sebuah notebook, Acer menambahkan dukungan Magnetic Hinge, yang dibekali dengan konektor 2 arah. Berkat ini, dua komponen tablet dan dock keyboard mudah disatukan menjadi notebook. Dock keyboard ini siap digunakan jika pengguna lebih nyaman jika menggunakan notebook.

Dibekali dengan jajaran tuts keyboard yang dibuat dengan desain chiclet keyboard atau biasa disebut dengan island-style keyboard pasti akan membuat pengguna dengan nyaman mengetik lewat kerboard.

Sayangnya meski setiap tuts keyboard dibuat empuk, saat mengetik agak kurang nyaman bagi pengguna yang memiliki jari yang besar. Apalagi jika menggunakan tuts yang berada didaerah sebelah kanan, yang dibuat dengan tuts berukuran kecil.

Menguji tablet menjadi notebook dengan membongkar-pasang tablet dengan dock keyboard, sangat mudah. Memiliki daya magnet yang cukup kuat, membuat tablet dapat terpasang dock keyboard dengan kuat. Berkat dua pengait yang menempel pada tablet membuat pengguna akan lebih mudah untuk menyatukan kembali tablet dengan keyboard.

Dengan banyaknya komponen pada tablet mengakibatkan bobot lebih  berat pada tablet saja. Sedangkan dock keyboard relatif lebih ringan.

Trackpad
Seperti sebuah laptop, dock keyboard Acer One 10 juga sematkan trackpad. Namun trackpad Acer One 10 tidak dibekali dengan dua tombol mouse klik kanan dan kiri.
Tombol ini menyatu dengan panel trackpad, dimana pengguna untuk menekan tombol klik kanan maka mereka harus menekan tombol disebelah kanan bawah, sedangkan untuk menekan tombol klik kiri harus menekan tombol klik kiri.

Acer-One-10_4Lebih dari itu trackpad berukuran sekitar 7 x 5 cm ini sangat responsif untuk digunakan, namun untuk menekan klik kanan memang agak sulit mengingat bantalan tombol cukup keras.

Display

Dibekali layar berukuran 10.1 inci, Acer One 10 terbilang sangat ideal. Layar sentuh Acer One 10 terbilang responsif, bahkan mampu mendukung hingga 5 multitouch. Dengan resolusi 1280 x 800 piksel, tampilan layar pada Acer One 10 memiliki  tingkat kecerahan dan ketajaman yang terbilang  baik.

Tampilan layar memang sangat hidup. namun sayang layar tablet ini tidak dibekali dengan teknologi IPS (In-plane switching), sehingga sudut pandangnya tidak cukup luas saat dilihat dari sudut tertentu.

Interface

Acer membenamkan sistem operasi Windows 8.1 Single Language with Bing pada Acer One 10. Tanpa adanya kostumisasi pada interface, tablet ini memiliki tampilan standart  Metro UI standart OS Windows 8.1. Tampilan homescreen, ikon menu ditampilkan dalam live tile, sehingga akses aplikasi dan fitur jadi lebih mudah.

Homescreen-Classic Jika tidak familiar dengan tampilan live tile, pengguna masih dapat menggunakan tampilan windows standart. Caranya sangat mudah, mereka tinggal mengaksesnya melalui ikon desktop. Tidak hanya dari sisi tampilan, saat terhubung dengan dock keyboard, pengguna yang terbiasa dengan laptop pasti akan terasa sangat nyaman. Karena mereka dapat menggunakan trackpad yang responsif.

Homescreen-ModernSoftware

Selain OS Windows 8.1 Single Language with Bing, Acer juga benamkan sejumlah aplikasi bawaan untuk fungsi utilitas, seperti abMedia, abPhoto, abFiles, abDocs, Acer Portal, Acer Care Center, Acer Video Player, dan Dropbox.

AB-MusicSebagai software yang dapat membantu produktifitas penggunanya, Acer sudah menyediakan software perkantoran dengan Office365. diberikan dengan lisensi gratis selama setahun, software ini berguna untuk membuka, mengedit dan menyimpan file/dokumen dengan mudah.

Hardware

Acer One 10 dibekali hardware yang terbilang cukup gahar. CPU sekelas Quad-Core Intel varian Bay Trail, chipset Intel Atom Z373F sudah tersedia didalamnya. Memiliki kecepatan 1.33 GHz hingga 1.83 GHz pada kondisi maksimal, Acer One 10 masih didukung dengan RAM 2GB membuat proses yang dijalankan pada sistem operasinya cukup lancar.

Berperan sebagai tablet, Acer One 10 memiliki memori internal eMMC sebesar 32GB, namun saat dihubungkan dengan dock keyboard sebagai laptop, memori Acer One 10 akan bertambah dengan adanya HDD 500GB.

hardwarePenggunanya juga masih dapat uga menambahkan memori via slot memori MicroSD, atau port USB yang bisa dihubungkan dengan memori eksternal atau flashdisk. Memiliki memori yang besar, membuat penggunanya tidak perlu bingung untuk menginstal banyak aplikasi, menyimpan file dokumen, file musik, film dan data lainnya.

Dengan hardware yang dimilikinya, Acer masih dibekali dengan kapasitas baterai 6000 mAh. Dnegan baterai ini, maka kinerja Acer One 10 terbilang cukup memuaskan, buat anda yang aktif bekerja secara mobile. Karena Acer mengklaim One 10 dapat menyala hingga 7 jam berkat baterai yang dimilikinya.

Digunakan dengan pemakaian standart, baik sebagai tablet ataupun sebagai laptop, Acer One 10 dapat mendukung pengguna untuk pekerjaan secara mobile dengan sempurna. Selain cepat dan mudah menggunakan, bentuknya yang kecil juga membuat perangket lebih ringkas dan praktis. Sedangkan untuk pemakaian sendiri Acer One 10 dapat digunakan sekitar 4 setengah Jam.

Kamera

Beralih ke fitur Acer One 10 yang telah dilengkapi dengan dua buah kamera dibelakang 2 MP dan kamera depan depan 0.2 MP. Dengan kamera utamanya mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal resolusi 2MP (1600 x 1200 piksel).

kamera Hasilnya meski masih ditemukan banyak noise, namun gambar dapat diterjemahkan dengan baik. Sedangkan pada kamera depan masih terbilang kurang memuaskan, hasil foto masih terlalu banyak noise.

Kamera ini jelas tidak dapat mengakomodasi anda yang suka selfie. Namun meski begitu kamera ini masih dapat mengakomodasi pengguna yang sering menggunakan komunikasi panggilan video call via skype.

Hasil Foto:

Kabuto1
kabuto2Konektivitas & Internet

Untuk fitur koneksi, sayangnya perangkat ini memang tidak dibekali dnegan koneksi selular. Namun meski begitu untuk dapat terkoneksi ke internet, dengan memanfaatkan koneksi hotspot via Wi-Fi.

konektivitasKoneksi lainnya masih terdapat Bluetooth 4.0 untuk mentransfer data. Sementara itu, lewat port HDMI pengguna dapat menyajikan konten ke layar eksternal.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU