Monday, August 10, 2020
       
Home News Acer Liquid Z205: Fitur Komplit, Performa Pas-Pasan

Acer Liquid Z205: Fitur Komplit, Performa Pas-Pasan

-

Acer-Liquid-Z205Memiliki peluang pangsa pasar yang besar,  kelas Low-End menjadi sasaran empuk bagi para vendor untuk mengganti lemahnya penjualan produk High-End mereka. Sebut saja Acer yang terbilang konsisten garap pasar Low-End. Melalui produk terbarunya Liquid Z205, Acer menyiapkan generasi pengganti Liquid Z200 yang dipasarkan pada kuartal ketiga tahun lalu.

[quote_box_center]

Kelebihan
– Fitur hiburan lengkap
– Banyak fitur bawaah Acer
– Teknologi DTS Studio Sound

Kekurangan
– Tanpa kamera depan
– Kapasitas baterai kecil
– Memori internal kecil

[/quote_box_center]

 

Desain
Seperti pada smartphone murah yang banyak tersedia dipasar, Z205 memiliki desain yang tidak begitu istimewa, dibalut material plastik dengan lapisan dof pada bodi depan, sedangkan dibelakang bodinya dibuat bertekstur. Tekstur ini berguna selain supaya tidak licin dari tangan, bodinya juga tidak mudah meninggalkan sidik jari. Dan untuk membuat kesan lebih elegan, Acer menambahkan bezel berwarna silver yang agak tebal pada seluruh sisinya.

Dari depan Acer Liquid Z205 memang nampak biasa saja, tapi jika dilihat dibagian belakang baru terlihat ada yang berbeda, yakni dengan adanya tombol AcerRapid (tombol akses cepat ke fitur kamera atau aplikasi lain sesuai keinginan) yang menjadi khas smartphone Acer saat ini.

Dibagian depan ponsel hanya terdiri dari layar dan dua lubang speaker yang menemani diatas dan dibawah layar, serta  tombol sentuh (back, home dan recent).  Di bagian belakang,  seperti yang dijelaskan sebelumnya selain tombol AcerRapid tersedia pula kamera tunggal tampa disertai lampu flash.

Komponen lain yang menyertainya hanya terdapat pada samping kanan (tombol fisik pengatur volume, tombol power/unlock dan  port MicroUSB )dan di atas saja (port audio 3.5 mm).

Dengan bentuk yang kecil, setidaknya Acer Liquid Z205 nyaman digunakan baik dengan satu atau dua tangan. Tidak hanya dipakai, ponsel ini pantas untuk ditenteng maupun dimasukan kedalam saku. Sayangnya pada tombol sentuh didapan Acer tidak menambahkan backlight, hal ini membuat tombol sulit untuk diakses saat menggunakannya pada ruang yang gelap.

Layar
Meski dibanderol dengan harga yang terbilang murah, Acer lantas melupakan tampilannya. Untuk layarnya Z205 menggunakan teknologi TFT capasitive touchscreen dengan ukuran 4.0 inci, resolusi 480×800 piksel.

Memiliki kemampuan multitouch 2 sentuhan, layar sentuh Acer Liquid Z205 terbilang bagus dan responsif. Layar dapat memproses semua instruksi dari jari penggunanya dengan baik.

Tidak hanya penggunaannya yang nyaman, memiliki kerapatan piksel yang bagus juga membuat ponsel ini nyaman dimata penggunanya. Karena selain kualitas tampilannya terlihat padat, sudut pandanyanya juga lumayan luas, meski belum mengadopsi teknologi IPS.

InterfaceUntuk tampilannya sendiri meski sudah menggunakan sistem operasi platform Android, v4.4.2 KitKat, Acer masih melapisinya dengan user interface yang atraktif seperti pada produk Acer lain. Tidak hanya itu, pada halaman lockscreen, sama seperti Z500 dengan efek air yang mengikuti gravitasi. Dengan tampilan ini Liquid Z200 menjadi menarik dan tak tampak seperti ponsel murah.

Acer juga memiliki fitur khusus yang dapat memudahkan penggua jika kesulitan menggunakan OS Android. Adalah fitur Easy Mode yang akan menampilkan tampilan yang lebih minimalis. Pada interface ini tersedia 5 mode yang bisa diatur sesuai penggunanya, yakni Basic Mode, Senior Mode, Keypad Mode, Classic Mode, dan Default Mode.

Interface-2Lebih dari itu Acer juga benamkan beberapa fitur khas Acer sepert Float Apps. Fitur Float Apps dapat diakses dengan menekan tombol recent apps. Lalu Pada bagian bawah terdapat setidaknya beberapa aplikasi yang akan tampil sebagai float apps. Saat mengakses float apps, apikasi akan tampil dalam jendela kecil. Sehingga pengguna masih dapat melakukan mengakses dua aplikasi atau fitur sekaligus.

Hardware
Seperti pendahulunya Z200, Z205 juga maish menggunakan hardware yang sama yakni chipset dari MediaTek MT6572M dengan prosesor CPU dual-core 1GHz. Dengan hardware yang dimilikinya ini jangan berharap Z205 memiliki performa yang sangat istimewa. Namun meski begitu, ponsel masih mampu mengakomodasi penguna untuk melakukan segala prosesnya.

Tidak hanya prosesornya yang terbilang biasa, kapasitas memori RAM standart, yakni 1GB namun meski begitu, ponsel ini mampu menjalankan semua proses multitasking dengan cukup baik. Dibekali GPU Mali-400 MP, Acer Liquid Z205 masih dapat diajak bermain game.

HardwareUntuk menampung data baik data multimedia maupun data lainnya Acer menyediakan memori internal berkapasitas yang hanya 4GB. Jika kapasitas ini dirasa kurang, pengguna masih dapat menambahkannya melalui slot microSD hingga 32GB.

Memiliki bodi yang kecil seperti pendahulunya Lizuid Z200, Acer Liquid Z205 otomatis tidak dapat menampung kapasitas baterai yang besar. Alhasil didalam bodi hanya terdapat baterai berkapasitas 1300mAh saja.

Dengan kapasitas ini maka daya tahan baterainya terbilang tidak awet. Hal ini terbukti pada pemakaian standart yang kami lakukan, dalam sekali charging ponsel ini hanya mampu bertahan setengah hari.

Kamera
Untuk fitur fotografi, pengguna Acer Liquid Z205 dapat mengunakan kamera 5  megapiksel di belakang, tanpa kamera depan. Dengan resolusi ini, maka Liquid Z205 mampu menghasilkan foto dengan ukuran 2880×1728 piksel.

KameraUntuk mengakses kamera, selain melalui menu, pengguna juga dapat mengaksesnya dengan cepat lewat tombol AcerRAPID, dengan menekannya agak lama. Selain tombol AcerRAPID, beberapa fitur pada kamera juga dibenamkan, seoerti ISO, Mode foto panorama, Continuous shutter, ZSL dan Grid (garis bantuan viewvinder).

Dengan kamera yang dimilikinya, kualitas yang dihasilkan terbilang biasa saja. Hal ini terlihat pada beberapa hasil tangkapan yang kurang fokus, pada kondisi cahaya yang cukup. Tidak hanya itu hasil foto masih ditemukan banyak noise, meski tangkapan objek foto masih terbilang natural.

Untuk hasil foto pada pencahayaan yang gelap jangan harap pengguna akan mendapatkan hasil yang maksimal, hal ini karena ketiadaan lampu flash yang tidak dapat membantu pencahayaan dalam pemotretan.

Hasil Foto:

hasil Foot2 Hasil-foto1Multimedia

Untuk fitur multimedia, Acer telah menyiapkan Liquid Z200 dengan beberapa fitur yang cukup lengkap. Yang pertama ada pemutar musik menggunakan aplikasi Play Music standart  Google. Selain sudah mampu memutar beberapa file musik popular, Musik player ini sudah didukung dengan equalizer plus ditopang dengan dengan teknologi DTS Studio Sound dapat diaktifkan via menu menu Settings.

MultimediaTidak hanya pemutar musik, teknologi DTS Studio Sound juga dapat dimanfaatkan Juga untuk player videonya, sehingga kedua fitur ini dapat diputar dnegan hasil keluaran suaranya sangat terasa baik dari segi bass maupun treble. Namun sayangnya kualitas suara tidak dibarengi dengan speaker kurang nyaring.

Acer liquid Z205 juga memiliki fitur radio FM. Selain dapan menangkap seluruh siaran radio yang ada disekitar lokasi, pengguna juga memungkinkan untuk merekam siaran radio yang berlangsung.

Konektifitas & Internet

Untuk fitur koneksi meski tidak dibekali koneksi NFC, namun koneksi standart lainnya sudah termasuk didalamnya sebut saja Bluetooth atau Kabel data MicroUSB.

KoneksiSedangkan untuk menjelajah didunia maya, Acer telah menyediakan koneksi jalur 3G/HSPA+  atau via wifi jika menemukan hotspot disekar lokasi Anda.  Lebih dari itu seperti ponpsel android lain, Acer Liquid Z205 juga dapat bertindak sebagai Hotspot dengan melakukan  melalui fitur WiFi Tethering.

Dengan koneksi internet yang dimilikinya, Acer bisa diajak untuk berinternet dnegan lancar tanpa ada masalah. membuka halaman web bisa dilakukan dengan mudah baik melalui  browser bawaan maupun chrome.

Aplikasi bawaan Acer
Seperti pada ponsel Acer lainnya, secara default Acer Liquid Z205 juga mambawa beberapa aplikasi bawaan sebut saja abDocs, abFiles, abMusic, abPhoto, abVideo dan Acer Portal. Namun sayang semua aplikasi ini dapat dijalankan jika anda harus mendaftarkan diri untuk mendapatkan akun AcerID.

AcerDengan beberapa apllikasi ini, pengguna diuntungkan dengan sinkronisasi dokumen di mana saja lewat internet, dan keamanan dokumen lebih terjamin. selain itu masih ada aplikasi Back up data otomatis pun bisa, menggunakan aplikasi Acer Cloud.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest