Kebiasaan Pengguna Android di Indonesia: Game Paling Banyak Diunduh

mobomarket-users-infographic-finJakarta, Selular.ID – MoboMarket merilis laporan tentang tren penggunaan smartphone Android di Indonesia. Laporan yang berjudul “Q4/2014 Indonesia Mobile Data Report, Based on MoboMarket Users Data Research” itu disusun berdasarkan hasil riset MoboMarket terhadap kebiasaan para penggunanya di Indonesia pada kuartal keempat (Q4) tahun 2014.

Dalam riset ini, MoboMarket menemukan bahwa game merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh oleh para pengguna, yakni sebanyak 43 persen. Setelah game, aplikasi favorit yang paling banyak diunduh adalah sosial media sebesar 12 persen dan aplikasi foto sebesar 11 persen.

Sedangkan jenis game yang paling banyak diunduh adalah casual game atau game ringan, yakni sebanyak 16 persen. Jenis game lain yang disukai oleh pengguna, antara lain game bergenre arcade 16 persen, balapan atau racing 12 persen, action 11 persen, dan game olah raga 7 persen.

Meskipun game menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna, namun dari sisi update, game menjadi aplikasi yang cukup jarang diperbarui, yakni hanya sebanyak 12 persen. Hal ini menunjukkan rentang waktu pemakaian game oleh pengguna tidak terlalu lama.

Sementara itu, jumlah update aplikasi-aplikasi sosial seperti Facebook, BlackBerry Messenger, dan Line menempati porsi terbanyak, yakni sebesar 39 persen. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas pengguna membutuhkan aplikasi sosial untuk jangka waktu yang panjang. Dari riset ini pula, MoboMarket menemukan bahwa kebanyakan pengguna memasang 3 hingga 4 aplikasi sosial dalam ponsel mereka.