spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapAdvan Barca Tab 7: Tablet Lionel Messi, Kinerja Mumpuni

Advan Barca Tab 7: Tablet Lionel Messi, Kinerja Mumpuni

-

Advan-Barca-Tab-7

Menjadi salah satu vendor lokal ternama di Indonesia, Advan serius hadirkan produk  berkualitas dengan bekerjasama klub sepakbola, Barcelona. Setelah sebelumnya meluncurkan smartphone Barca series dengan 5 inci, Advan kembali merilis tablet Barca Series, yakni Advan Barca Tab 7. Dibanderol Rp2 juta, tablet ini unggulkan prosesor Octa-core dan desain yang mewah.

[quote_box_center]Kelebihan:
• Prosesor Octa-core
• Desain mewah dan kokoh
• Kualitas kamera bagus

Kekurangan:

• Memori RAM 1GB
• Posisi kamera kurang ideal
• Tidak banyak hadirkan konten sepakbola khususnya Barcelona[/quote_box_center]

 

Desain

Melihat tablet dari depan, Advan Barca Tab 7 nampak biasa saja seperti tablet kebanyakan di pasaran. Namun kami langsung terkejut pada bagian belakang tablet. Dibalut dengan perpaduan warna putih didepan dan material perpaduan antara logam dengan plastik berwarna silver, Advan berhasil membuat kesan yang mewah pada tablet ini. Namun anehnya, tidak dibuat semuanya berwarna silver, melainkan ada panel kecil di bawah yang berwarna putih. Selain perak, Advan juga menyediakan pilihan warna lain yaitu gold yang terlihat lebih mewah.

Desain1Panel ini ternyata tempat bersemayamnya slot sim card dan slot memori eksternal. Untuk membukanya memang tidak ada tempat petunjuk pembuka, tapi Anda harus memanfaatkan lubang microUSB yang berada dibawah untuk dicukil ke belakang.

Didalam panel ini terdapat dua slot SIM card, dimana pada slot pertama menggunakan kartu microSIM, dan pada slot kedua mengunakan SIM card standar (Mini SIM). Pada panel yang sama juga terdapat slot MicroSD tempat dimana Anda dapat menambahkan memori Eksternal.

Desain2Bekerjasama dengan klub sepakbola ternama, mata langsung tertuju pada label FC Barcelona yang berada di body bagian belakang, melekat di tengah. Sayangnya, berbeda Advan Barca 5 yang menempelkan logo transparan dengan satu tone warna yang terkesan lebih mewah. Di tablet Advan barca ini dibuat sesuai dengan warna logo Barcelona seperti tampelan stiker yang mudah copot, meski nyatanya sangat solid.

Pada bagian ini ada pula logo advan yang dibuat timbul dengan permukaan lainnya, selain itu terdapat pula lensa kamera dan dual LED Flash.

Desain3Advan berhasil membuat tablet ini terasa sangat simpel. Saking sederhanaya, Anda tidak akan menemukan satu tombol fisik kecuali tombol power di samping kanan. Tapi bagaimana dengan tombol volume? Well, volume digantikan dengan tombol virtual yang muncu jika tablet aktif. Disamping itu jika terdapat tombol screen capture disampingnya.

Komponen lain diletakkan Advan dibagian bawah tablet, pada bagian ini terdapat port microUSB dan port Audio 3,5mm.

Layar dan Interface

Beralih ke bagian layar, Advan nampaknya tahun betul bagaimana memanjakan mata penggunanya. Melalui layar resolusi tinggi berukuran 7 inci, Advan Barca tampil dengan mengadopsi teknologi IPS (in-plane-switching). Tampilannya jernih dan tajam, meski dilihat dari beberapa sudut berbeda.

Gunakan sistem operasi terbaru, Android 4.4.2 KitKat, Advan tidak banyak mengubah tampilan. Sehingga secara interface penggunaannya tidak sulit digunakan. Apalagi advan masih menggunakan ikon-ikon menu standar bawaan Google.

Untitled-1Sayangnya vendor lokal ini tidak terlalu banyak hadirkan gambar atau ikon khas Barcelona untuk penggunanya. Dari wallpaper yang tersedia hanya dua buah wallpaper dengan  gambar yang sama, hanya membedakan backgoundnya saja.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Advan menempatkan tombol virtual menemani tombol standar Android dengan menampatkan dua tombol kontrol volume dan screen capture di sebelah kanan bawah layar.

Menyinggung sedikit konten khusus Barcelona, Advan menyediakan aplikasi FCBWorld yang dapat dimanfaatkan sebagai update informasi klub asal Catalan, Spanyol tersebut.

Fitur Khusus

Fitur lain yang tersedia adalah fitur Knock On, dimana penguna dapat mengaktifkan layar hanya dengan mengetuk 2x pada dilayar. Lalu masih fitur gesture control, yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur tertentu dengan melakukan gerakan sesuai pengaturan seperti gerakan huruf (c, e, m, o dan v).

Fitur-KhususFasilitas yang menarik lainnya adalah fitur HotKnot, yang merupakan fasilitas untuk mentransfer data hanya dengan menyentuhkan layar ke perangkat lain yang mendukun. Sayang fitur ini hanya dapat dilakukan ke perangkat yang mendukung HotKnot saja dan tidak bisa ke perangkat lain.

Terakhir sebagai fitur keamanan, Advan sediakan aplikasi Trend Micro-ADVAN, yang berfungsi sebagai pelindung menyeluruh termasuk untuk virus, data dan lainnya di dalam tablet.

 

Kamera

Di bagian belakang bercokol lensa kamera 8 MP lampu flash LED ganda. Di dalamnya tersedia fitur seperti panorama, HDR, Face Beauty, Live Photo, Zero Shutter delay (ZSD), Face Detection, Smile shot, Burst (99 shot) dan geotaging, serta 14 mode scene dan 7 efek yang bisa Anda pilih.

Hasil terbilang bagus dengan warna yang natural serta asupan cahaya yang baik, meski  digunakan dalam kondisi pencahayaan yang kurang maupun berlebih. Namun saat dicoba lakukan zooming hasilnya masih nampak noise di beberapa bagian. Mungkin ini karena hasil interpolasi secara software yang sebenarnya kekuatan kamera hanya 5 MP.

KameraLampu Dual LED yang dimilikinya sangat membantu untuk menangkap objek dikondisi yang gelap, meski masih terdapat noise didalamnya. Tidak hanya pengambilan foto, kualitas perekaman videonya juga sangat memuaskan denga menghasilkan format file 3gp. Sayangnya karena posisi kamera yang terlalu mendekati tepi atas, maka saat pengambilan foto landscape, akan mengganggu.

Hasil Foto:

Kabuto1
kabuto 2Multimedia

Kurang lengkap rasanya jika belum membahas tentang fitur multimedia. Tablet ini memberikan kemampuan multimedia yang terbilang baik, karena sudah dibekali fasilitas hiburan pemutar musik dan pemutar video serta radio FM. Melalui pemutar musiknya, pengguna dapat memutar beragam jenis file audio, seperti mp3, wav, dan lainnya.

Pertama-tama kita bahas musik player-nya. Pada fitur ini mampu memutar file lagu atau pun klip video secara baik dan lancar. Apalagi penggunanya juga dipersilahkan untuk melakukan pengaturan melalui efek suara/Equalizer pada pengaturan ini pengguna bisa memilih 10 preset dan 6 preset reverb.

Multimedia

Yang kedua ada FM radio. Fitur ini selain dapat memperdengarkan siaran radio favorit, Anda masih dapat melakukan perekaman siaran tersebut. Menikmati siaran radio dan musik player dapat dilakukan dengan lancar, apalagi tablet ini memiliki suara yang terbilang lantang. Tidak hanya keras, kualitas suaranya juga terasa baik bass maupun treable-nya, apalagi saat menggunakan earphone.

Beralih ke pemutar video, Advan Barca Tab 7 Inci juga mampu memutar file video dengan lancar. Terbukti saat kami mencoba memutar file video mp4 dengan kualitas Full HD 1080p, dapat diputar tanpa ada masalah, plus menampilkan subtitle yang kami masukan didalamnya.

Konektifitas

Memasuki fitur koneksi ADVAN Barca Tab 7 sudah diperkuat dengan koneksi 3G/HSDPA. Fitur ini jelas dapat mengakomodasi pengguna untuk berselancar di dunia maya. Selebihnya Advan juga  membekali tablet ini dengan fasilitas Wifi  yang mampu menangkap sinyal hotspot dengan mudah.

KonektifitasKoneksi lainnya masih tersedia fasilitas Bluetooth dan kabel data microUSB yang memiliki kemampuan membaca flashdisk karena memiliki teknologi USB OTG (on-the-go). Semua fitur koneksi ini dapat dijalankan dengan lancar tanpa ada masalah.

Hardware

Sebagai tablet yang merepresentasikan FC Barcelona, Advan tidak main-main soal jeroan. Terbukti prosesor octa-core telah menjadi poros utama kekuatan tablet ini. Melalui chipset MediaTek MT8392 yang diklaim memiliki kemampuan “True Octa-core” berkecepatan 1,7GHz, sayangnya tablet ini hanya menggunakan RAM 1GB bukan 2GB. Meski begitu, Advan Barca 7 sudah dibekali memori internal  yang cukup memadai, yakni 8GB.

Dengan hardware yang mumpuni, tablet berlayar 7 inci ini mampu mengeksekusi aplikasi secara multitasking dan game berat dengan lncar dan cepat. Game berat sekelas Real Football 2015 dapat dimainkan dengan mulus tanpa tersendat.

HardwareSelain kinerja hardware yang optimal, Advan juga tidak ketinggalan menempatkan tablet ini dengan kapasitas baterai besar. Dengan kapasitas 3000mAh, tablet ini jelas dapat diandalkan untuk menemani Anda bepergian di luar. Agar lebih hemat Advan juga melengkapi fitur penghemat baterai “CPU power saving mode”. Dengan fitur ini daya tahan tablet ini dapat aktif sekitar setengah hari lebih dengan pemakaian normal.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru