Friday, August 23, 2019
Home News Teknologi NFC Rawan Disusupi Hacker

Teknologi NFC Rawan Disusupi Hacker

-

selular201207311351361 August 2012 09:30
Vendor ternama seperti Samsung, Apple, dan Nokia kebanyakan telah menyematkan teknologi Near Field Communication (NFC) pada smartphone high-end keluarannya. Fitur pada teknologi ini bisa digunakan untuk pembayaran mobile (e-payment) atau dompet digital. Namun pada kenyataannya, teknologi semacam itu ternyata rawan dan menjadi modus baru para hacker untuk dapat meretasnya.

Tersebutlah seorang hacker merangkap konsultan keamanan bernama Charlie Miller mengungkapkan bahwa teknologi baru (NFC) yang datang ke perangkat Android dan MeeGo ternyata menjadikannya sasaran empuk bagi hacker untuk membajak handset tersebut.

Dikutip SELULAR online dari Ars Technica (25/7/2012), dalam event Black Hat Hacking Conference di Las Vegas beberapa waktu lalu, Miller mengaku dapat mengendalikan smartphone dari Samsung dan Nokia. Kegiatan pembajakan seperti itu dapat dilakukan dengan menempatkan perangkat tidak jauh dari chip agar bisa dikontrol oleh hacker melalui udara, atau bahkan menempelkan smartphone miliknya ke handset lain yang sedang mengaktifkan NFC.

NFC memang masih memiliki kelemahan keamanan. Hacker bisa menggunakan NFC untuk memaksa smartphone Android seseorang supaya membuka situs web berbahaya dan mengunduh malware. Kendali smartphone di tangan penjahat cyber, tanpa perlu persetujuan pengguna. Tentu sangat mengerikan dan merugikan pengguna. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.arstechnica.com

Latest