Tuesday, April 23, 2019
Home News RIM Perhatikan Developer Lokal

RIM Perhatikan Developer Lokal

-

13 January 2011 10:03
Denpasar – Antusiasme developer lokal di ajang BlackBerry Devcon Asia 2011 tampak besar. Itu terlihat dari pemantauan SELULAR ONLINE sebelum acara pembukaan konferensi pada jam 9 pagi ini WITA.

“Ini menarik karena saya lihat developer BlackBerry amat antusias dengan acara ini, apa ya yang membuat mereka tertarik?,” kata seorang delegasi yang tak mau disebutkan namanya. Ia melihat ada sesuatu dari RIM yang menggerakkan developer berbondong-bondong datang ke Bali. Ketika SELULAR bertanya kepada Oon Arfiandwi, CTO 7langit yang juga menggarap aplikasi untuk event Devcon 2011 ini, pertanyaan seorang delegasi tersebut ke Selular terjawab.

“Saya rasa RIM sangat loyal ke developer lokal. Mereka punya tatanan yang sudah siap sehingga mereka melayani developer dengan baik,” kata Oon. Tak hanya itu, dari sisi revenue share terhadap aplikasi, RIM mematok angka cukup besar karena 70 persen penghasilan diperuntukkan bagi para developer. “RIM sendiri yang mendiskusikan dengan operator agar kami para developer bisa mendapat porsi sebesar itu,” kata Oon. Peluang besar lainnya adalah peluang untuk masuk ke pasar regional dan internasional dengan memasuki jaringan RIM di berbagai operator di seluruh dunia. “Saat ini kami sedang develop aplikasi BlackBerry di salah satu operator di Singapura,” tambah Oon. Dan, RIM yang menjembatani pertemuan dan presentasi yang dilakukan tim 7langit.

Sayangnya, tambah Oon,ketersediaan SDM developer di Tanah Air masih terasa kurang. “Saat ini kami sulit mencari developer yang punya spesifikasi seperti yang kami harapkan,terutama dalam memenuhi ekspektasi dari order luar negeri,” kata Oon. Dari sisi inilah, potensi developer lokal BlackBerry bisa berkembang lagi, terutama bagi pengembangan talenta-talenta muda. Apakah ajang seperti Devcon Asia 2011 ini bisa menstimulasi perkembangan developer di Tanah Air? Kita tunggu saja. (Lukman Aribowo)

 

Sumber : www.selular.co.id

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest