Saturday, July 20, 2019
Home News RIM Luncurkan BlackBerry Screen Reader Untuk Tunanetra

RIM Luncurkan BlackBerry Screen Reader Untuk Tunanetra

-

selular201205081134518 May 2012 17:30
Memiliki kekurangan pada penglihatan bukan berarti tidak bisa lagi menggunakan smartphone. Banyak aplikasi mobile yang tersedia bagi penyandang cacat buta atau tunanetra. Walaupun tidak bisa melihat tampilan pada layar smartphone, setidaknya mereka bisa mengakses sendiri layaknya pengguna normal lainnya. Seperti Research In Motion (RIM) baru-baru ini meluncurkan BlackBerry Screen Reader, sebuah aplikasi untuk membantu pengguna yang memiliki kekurangan pada penglihatan agar bisa mengoperasikan BlackBerry mereka. BlackBerry Screen Reader menampilkan output berdasarkan informasi visual yang akan ditampilkan pada smartphone. Bisa dibilang serupa dengan Siri milik iPhone dan Iris milik Android.

“BlackBerry Screen Reader membantu pelanggan tunanetra tetap terhubung dengan orang-orang dan bisa mengakses informasi yang penting bagi mereka. Hal ini merupakan komitmen RIM untuk terus mendukung pelanggan cacat.” kata Greg Fields, Senior Product Manager RIM.

Fitur utama dari BlackBerry Screen Reader meliputi:
1. Dukungan untuk aplikasi inti: Pengguna dapat dengan mudah mengakses aplikasi inti BlackBerry seperti email, kalender, dan panggilan telepon.

2. Speech setting: pengguna dapat menyesuaikan teks ke ucapan pengaturan (volume, pitch dan kecepatan percakapan) dan preferensi untuk keamanantanda baca, verbositas dan password.

3. Cara pintas keyboard: pengguna dapat menyesuaikan setting text-to-speech (volume, nada dan kecepatan) dan preferensi untuk tanda baca, pengucapan dan keamanan password.

4. Keyboard shortcurts: pengguna dapat mengatur preferensi bicara dan audio dengan mudah melalui jalan pintas keyboard (fisik).

5. Accessible dokumentation: terdapat panduan berupa HTML yang dapat diakses melalui web desktop.

Sayangnya belum semua perangkat BlackBery kompetibel dengan aplikasi ini. Saat ini, Screen Reader kompatibel untuk BlackBerry Curve 9350, 9360 dan 9370. Untuk mengunduh pun bisa langsung di BlackBerry App World, tanpa dipungut biaya alias gratis. Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Inggris, Perancis, Italia, Jerman dan Spanyol. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.techcrunch.com

Latest